4 Cara Mengobati Rambut Rontok Dengan Bawang Putih

4 Cara Mengobati Rambut Rontok Dengan Bawang Putih

Rambut berfungsi untuk melindungi kulit dan menjaga keseimbangan suhu tubuh. Perkembangan rambut adalah proses siklus yang tergantung pada lokasi rambut, usia yang bersangkutan, riwayat keluarga, status atau kondisi nutrisi, dan faktor lingkungan. [1] X Teliti sumber-sumber dari Pope R. Principles of hair cycle control. J Dermatol 1998; 25:793–802. Ada banyak cara untuk mengatasi rambut rontok, termasuk menggunakan bawang putih. Ikuti langkah mudah dalam artikel ini untuk mengobati rambut rontok menggunakan bawang putih.

Membuat Salep Bawang Putih untuk Rambut

4 Cara untuk Menggunakan Bawang Putih untuk Mengatasi Kerontokan Rambut

Membuat jus bawang putih. Anda bisa membuat salep bawang putih untuk mengatasi rambut rontok. Siapkan enam sampai delapan siung bawang putih. Kupas kulitnya. Setelah itu, gunakan alat pres atau tumbuk bawang putih dan peras bawang putih hingga Anda mendapatkan sekitar 15 ml jus bawang putih dari enam hingga delapan siung bawang putih yang telah disiapkan.

Jika Anda tidak mendapatkan cukup jus bawang putih, peras beberapa siung bawang putih sampai Anda memiliki cukup jus untuk digunakan.

4 Cara untuk Menggunakan Bawang Putih untuk Mengatasi Kerontokan Rambut

Buat campuran madu. Setelah Anda mendapatkan jus bawang putih, sisihkan terlebih dahulu. Siapkan madu dan takar sekitar 1 sendok teh (15 ml). Masukkan madu ke dalam mangkuk kecil dan campur dengan ekstrak bawang putih yang telah Anda siapkan sebelumnya. Setelah itu, biarkan campuran di lemari es.

4 Cara untuk Menggunakan Bawang Putih untuk Mengatasi Kerontokan Rambut

Seduh teh chamomile. Saat Anda mendinginkan campuran madu dan bawang putih di lemari es, seduh teh chamomile. Siapkan dua kantong teh chamomile atau tiga sendok makan teh kering. Masukkan teh ke dalam panci dan letakkan panci di atas kompor. Seduh teh dalam 700ml air dan panaskan selama 30 menit.

Setelah teh diseduh selama waktu yang disarankan, tuangkan teh ke dalam cangkir. Jika Anda menggunakan teh kering, saring teh terlebih dahulu saat akan diminum.

4 Cara untuk Menggunakan Bawang Putih untuk Mengatasi Kerontokan Rambut

Buat salep dari bahan-bahan yang sudah disiapkan. Setelah teh Anda siap, keluarkan campuran madu dan bawang putih dari lemari es. Tambahkan kuning telur ke dalam campuran. Anda mungkin perlu mengocoknya selama beberapa menit sampai semua bahan tercampur dengan baik, karena madu sangat kental dan sulit untuk dicampur. Setelah itu, tambahkan satu sendok makan gel lidah buaya dan aduk hingga semua bahan merata.

4 Cara untuk Menggunakan Bawang Putih untuk Mengatasi Kerontokan Rambut

Gunakan salep yang sudah dibuat. Setelah semua bahan tercampur, pindahkan ke ruangan di mana Anda bisa mengoleskan salep tanpa takut mengotori ruangan (misalnya kamar mandi). Pijat lembut campuran ke kulit kepala (bukan rambut). Karena rambut tumbuh dari kulit kepala, Anda perlu memusatkan manfaat bawang putih pada kulit kepala. Setelah Anda mengolesi kulit kepala Anda dengan salep, bungkus kepala Anda dengan handuk katun bersih.

Biarkan selama 20 menit.

4 Cara untuk Menggunakan Bawang Putih untuk Mengatasi Kerontokan Rambut

Cuci rambut mu. Setelah Anda menunggu cukup lama (sekitar 20 menit), bilas campuran dari rambut Anda menggunakan sampo bayi atau sampo ringan lainnya. Bilas sampai bersih. Setelah itu, siapkan kembali kuning telur dan pijatkan pada kulit kepala Anda. Bilas menggunakan air hangat.

Pastikan semua rambut Anda bersih dari kuning telur. Anda tidak perlu mencuci rambut lagi; pastikan rambut Anda bersih dari kuning telur.

4 Cara untuk Menggunakan Bawang Putih untuk Mengatasi Kerontokan Rambut

Akhiri proses pengobatan. Setelah rambut dan kulit kepala Anda bersih dari kuning telur, Anda perlu menggunakan teh chamomile. Ambil secangkir teh chamomile dan oleskan ke kulit kepala Anda, seolah-olah Anda sedang membilas rambut Anda lagi dengan teh. Lakukan perawatan ini dua sampai tiga kali seminggu sampai rambut Anda tumbuh kembali atau rambut rontok berakhir.

Ulangi perawatan dua kali sebulan.

Menggunakan Jenis Obat Lain

4 Cara untuk Menggunakan Bawang Putih untuk Mengatasi Kerontokan Rambut

Gunakan obat lain yang berbahan dasar bawang putih. Anda bisa menggunakan minyak bawang putih murni untuk mengatasi rambut rontok. Pijat minyak ke kulit kepala Anda sebelum Anda mencuci rambut dengan sampo. Agar proses pemijatan lebih mudah dan terasa nyaman di kulit kepala, hangatkan minyak sebelum digunakan. Ulangi perawatan ini dua sampai tiga kali seminggu sampai rambut tumbuh kembali atau rambut rontok berakhir. Jika perawatan berhasil mengendalikan kerontokan rambut, ulangi perawatan dua kali sebulan. Anda bisa membeli produk minyak bawang putih di apotek, atau memesannya dari situs apotek seperti Medicastore dan Herbal Medicines Mart, bahkan dari situs belanja seperti Tokopedia.

Anda juga dapat membeli produk perawatan rambut yang diperkaya dengan ekstrak bawang putih. Cobalah produk minyak rambut seperti Dabur Vatika Hair Oil yang diperkaya dengan ekstrak bawang putih, atau masker rambut dengan ekstrak bawang putih seperti Alter Ego Garlic Mask.

Anda juga bisa menambahkan bawang putih ke sampo ringan Anda. Cincang halus dua hingga tiga cengkeh putih bagian bawah dan tambahkan ke sampo yang sangat lembut. Gunakan sampo untuk mencuci rambut dua hingga tiga kali seminggu.

Saat ini, tidak ada bukti langsung bahwa konsumsi bawang putih, baik sebagai makanan maupun sebagai suplemen, dapat membantu mengatasi kerontokan rambut. Namun, tidak ada salahnya untuk mencobanya. Tambahkan bawang putih ke dalam makanan yang Anda makan atau konsumsi bawang putih sebagai suplemen untuk mengatasi kerontokan rambut.

Ada beberapa penelitian yang berfokus pada penggunaan gel bawang putih dalam perawatan steroid untuk kerontokan rambut yang parah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bawang putih secara signifikan dapat meningkatkan pertumbuhan rambut.

4 Cara untuk Menggunakan Bawang Putih untuk Mengatasi Kerontokan Rambut

Konsumsi makanan kaya protein untuk mendukung pertumbuhan rambut. Protein merupakan zat utama yang berperan dalam pembentukan rambut sehingga kesehatan dan kekuatan rambut tentunya akan tergantung pada kualitas zat penyusunnya, terlepas dari manfaat atau ‘kekuatan’ dari sampo atau kondisioner tersebut. yang sering digambarkan dalam iklan atau kemasan. Pastikan Anda mendapatkan asupan protein berkualitas tinggi yang cukup untuk mendorong pertumbuhan rambut. Anda juga harus mencoba makan berbagai sumber protein lengkap yang mengandung semua asam amino esensial—bahan penyusun protein.

Makan lebih banyak makanan kaya protein seperti telur, produk susu, quinoa, soba , biji rami , biji chia, kedelai, tahu, tempe, natto (makanan tradisional Jepang yang terbuat dari kedelai yang difermentasi). , nasi dan kacang polong.

4 Cara untuk Menggunakan Bawang Putih untuk Mengatasi Kerontokan Rambut

Tingkatkan asupan vitamin B Anda. Anda perlu makan makanan yang kaya vitamin B kompleks. Zat-zat tersebut dibutuhkan untuk menjaga kesehatan folikel rambut dan pertumbuhan rambut. Jenis makanan yang kaya vitamin B, antara lain bayam, peterseli, daun sawi, selada romaine , daun lobak, bit, brokoli, bit, lobak, paprika, buncis (terutama kacang polong), lentil, hati sapi dan hati sapi muda, serta utuh biji-bijian yang telah diperkaya dengan vitamin B.

4 Cara untuk Menggunakan Bawang Putih untuk Mengatasi Kerontokan Rambut

Tingkatkan asupan mineral Anda. Satu-satunya mineral yang terbukti berpengaruh pada kerontokan rambut adalah zat besi. Meskipun kekurangan zat besi dan selenium dapat menyebabkan kerontokan rambut, tidak diketahui apakah kekurangan zat besi atau selenium merupakan penyebab utama atau sekunder kerontokan rambut. Oleh karena itu, cobalah mengonsumsi suplemen yang mengandung zat besi, seng, dan selenium, serta perbanyak konsumsi makanan yang kaya akan mineral tersebut.

Makan lebih banyak makanan kaya zat besi, seperti telur, daging tanpa lemak, daging merah (dari hewan yang makan rumput hijau), sayuran berdaun hijau, kacang-kacangan, lentil, dan hati. Anda juga dapat meningkatkan asupan seng dengan mengonsumsi makanan laut, kerang, bayam, labu, labu siam, biji bunga matahari, dan kacang-kacangan (misalnya kacang tanah).

Asam lemak omega-3 (bila dioleskan ke kulit kepala) telah terbukti meningkatkan jumlah helai rambut. Meningkatkan konsumsi makanan yang kaya asam lemak omega-3 juga bermanfaat dalam mengatasi kerontokan rambut. Asam lemak omega-3 dapat ditemukan dalam makanan seperti salmon, mackerel, telur, minyak biji rami , kedelai, biji chia, walnut, herring, sarden, dan bass laut .

Jika ingin mengonsumsi suplemen mineral, pastikan tidak berlebihan dan ikuti petunjuk produk yang diberikan oleh produsen produk. Jangan sampai Anda mengalami kelebihan mineral dalam tubuh.

Mengubah Kebiasaan Perawatan Rambut

4 Cara untuk Menggunakan Bawang Putih untuk Mengatasi Kerontokan Rambut

Hindari keramas menggunakan sampo berlebihan. Anda dapat mengobati kerontokan rambut dengan mengubah kebiasaan perawatan rambut Anda. Sebisa mungkin, jangan terlalu sering menggunakan sampo, karena terlalu sering mencuci rambut bisa menghilangkan minyak alami rambut. Meskipun tidak benar-benar (atau secara langsung) menyebabkan kerontokan rambut, jika Anda menghilangkan terlalu banyak minyak alami yang melindungi rambut Anda, rambut Anda akan menjadi lebih rapuh.

Disarankan agar Anda mencuci rambut dengan sampo dua hingga tiga kali seminggu.

4 Cara untuk Menggunakan Bawang Putih untuk Mengatasi Kerontokan Rambut

Berhenti menggunakan sampo yang mengandung terlalu banyak bahan kimia. Ada beberapa produk sampo yang banyak mengandung bahan kimia. Aditif ini sebenarnya dapat merusak rambut Anda, membuatnya kering, dan menyebabkan kerontokan rambut yang lebih parah. Daripada menggunakan produk sampo yang mengandung terlalu banyak bahan kimia, coba gunakan sampo alami dengan bahan yang bisa merawat rambut, dan tidak mengangkat nutrisi pada rambut.

Hindari penggunaan produk perawatan rambut yang mengandung bahan seperti sodium laurylsulphate (SLS), paraben, dan amonium klorida, terutama jika Anda memiliki rambut tipis, rusak, atau pernah menjalani perawatan rambut khusus (misalnya pelurusan, pengeritingan, atau pewarnaan). .

4 Cara untuk Menggunakan Bawang Putih untuk Mengatasi Kerontokan Rambut

Hindari penggunaan kondisioner yang terlalu banyak. Rambut rontok bisa disebabkan oleh penggunaan kondisioner yang terlalu banyak. Kondisioner dapat membebani akar rambut dan merusak folikel rambut, menyebabkan rambut patah dan rontok. Gunakan kondisioner hanya sekali atau dua kali seminggu, dan hindari penggunaan kondisioner pada kulit kepala.

Anda juga bisa mencoba produk-produk natural conditioning, seperti Natur, Nature’s Gate, Babo Botanicals, WEN, dan Intelligent Nutrients.

Mendapatkan Perawatan Medis untuk Rambut Rontok

4 Cara untuk Menggunakan Bawang Putih untuk Mengatasi Kerontokan Rambut

Cari bantuan medis. Jika kerontokan rambut Anda terus-menerus, Anda perlu mencari tahu apa yang menyebabkan kerontokan rambut tersebut. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk mendapatkan pemeriksaan lengkap oleh dokter. Banyak sekali penyakit yang menyebabkan kerontokan rambut sebagai gejalanya, sehingga penting bagi Anda untuk mengetahui penyebab kerontokan tersebut. Namun, ada beberapa pendekatan yang dapat Anda lakukan untuk memperbaiki kondisi rambut Anda sebelum Anda mendapatkan diagnosis dokter.

4 Cara untuk Menggunakan Bawang Putih untuk Mengatasi Kerontokan Rambut

Cobalah perawatan obat untuk rambut rontok pada pria. Perawatan obat utama untuk rambut rontok pada pria adalah penggunaan inhibitor 5-alpha reductase seperti Proscar dan Propecia. Inhibitor 5-alpha-reductase berguna dalam menghambat aktivitas hormon yang merusak folikel rambut. Jenis obat lain yang digunakan untuk meningkatkan pertumbuhan rambut adalah minoxidil.

Meski umumnya dianggap kurang efektif dibandingkan finasteride, minoxidil bisa dioleskan langsung ke area yang mengalami kerontokan rambut.

4 Cara untuk Menggunakan Bawang Putih untuk Mengatasi Kerontokan Rambut

Cobalah pengobatan menggunakan obat-obatan untuk mengatasi rambut rontok pada wanita. Meski sekitar 40% orang yang mengalami kerontokan rambut adalah wanita, namun kerontokan rambut pada wanita seringkali disepelekan. Inhibitor 5-alpha-reductase sering tidak digunakan pada wanita karena dapat menyebabkan efek buruk pada hormon wanita. Di sisi lain, minoxidil (2%) lebih sering digunakan karena dapat dioleskan langsung ke area yang mengalami kerontokan rambut, memiliki efek samping yang lebih sedikit, dan lebih efektif untuk wanita. Jenis obat lain yang dapat digunakan antara lain aldactone, taggamet, dan cyproterone acetate.

Pada wanita, terapi penggantian hormon bermanfaat dalam mengobati kerontokan rambut. Namun, Anda perlu berhati-hati saat mengikuti terapi ini, terutama jika Anda sedang hamil karena perawatan yang Anda lakukan dapat menyebabkan cacat lahir pada bayi Anda.

error: