Cara Memperbaiki Laptop Lemot

Cara Memperbaiki Laptop Lemot – Penyakit Laptop lemot sepertinya sudah menjadi sebuah permasalahan umum di kalangan para pengguna laptop. Faktanya banyak sekali orang yang mengeluh dengan permasalahan yang sama yaitu laptop lemot, sebenarnya banyak sekali faktor menyebabkan laptop sobat menjadi lemot. Namun sobat tidak perlu khawatir akan hal itu ya, pada artikel ini admin akan mengupas tuntas bagaimana cara memperbaiki laptop lemot.

Yuk kita caru tahu bersama, check this out!

Apa itu Lemot

Ketika awal kali kita menggunakan laptop yang tentunya dalam kondisi baru, pasti akan terasa happy dan enjoy saja. Karena kinerja dan performa yang di rasakan sangatlah cepat dan lancar, namun lambat laun pada jangkauan waktu tertentu, sobat pastinya akan merasakan kenapa laptop menjadi semakin lambat. Itulah yang dimaksud dengan lemot.

Jadi lemot merupakan sebuah sebutan untuk sesuatu yang beroperasi secara lambat, sesuatu yang dimaksud disini bisa berupa barang seperti hp, laptop, komputer, dan benda lainnya.

Penyebab Laptop Lemot

Padahal kita hanya menggunakan laptop untuk keperluan yang sewajarnya saja ya, tapi kok bisa ya laptop menjadi lemot. Banyak sekali faktor yang bisa menjadi penyebab di balik lemotnya laptop sobat, diantaranya adalah :

  1. Start up program yang terlalu banyak

Start up program yang terlalu banyak bisa menjadi salah penyebab laptop menjadi lemot. Hal in disebabkan karena secara otomatis ada aplikasi yang berjalan di background ketika sobat menyalakan laptop.

Baca Juga :  Dfd adalah ; Pengertian Dfd, Fungsi dan Cara Membuatnya

Sehingga nantinya semakin banyak aplikasi yang berjalan, otomatis ketika proses booting bisa menyebabkan laptop sobat lemot. Dan bukan hanya itu saja, ketika sobat membuka program ataupun aplikasi dalam jumlah yang banyak dalam satu waktu yang bersamaan juga dapat menjadi penyebab laptop menjadi lemot, hal ini disebabakan karena keterbatasan RAM.

  1. RAM yang Berukuran Terlalu Kecil

Besarnya ukuran kapasitas RAM pada laptop juga merupakan salah satu faktor yang nantinya akan mempengaruhi kecepatan laptop. Jadi apabila RAM pada laptop sobat kapasitasnya memang kecil, sobat bisa menggantikan RAM dengan kapasitas yang lebih besar.

Tetapi jangan lupa untuk memastikan memperhatikan spesifikasi RAM pada laptop sobat ya ketika hendak menambah RAM, jangan asal menambahkan saja ya sobat.

  1. Hardisk Penuh

Laptop yang menjadi lemot bisa juga dikarenakan karena faktor data yang terlalu banyak di laptop. Karena ketika hardisk sudah terisi 95 persen, maka kemungkinan laptop menjadi lemot juga semakin besar

  1. Temporary File yang Terlalu Banyak

Keberadaan temporary file sebenarnya bermanfaat untuk mempercepat akses ke data situs yang sudah pernah dikunjungi, akan tetapi kondisi temporary files yang terlalu banyak juga bisa menjadi salah satu faktor penyebab laptop menjadi lemot.

Seperti misalnya ketika hardisk sudah hampir penuh, keberadaan temporary files dapat memakan ruang pada hardisk yang seharusnya tersisa untuk dipakai sebagai page file supaya bisa membantu RAM menjalankan berbagai macam program.

Cara Memperbaiki Laptop Lemot

Berikut ini adalahbeberapa cara memperbaiki laptop lemot yang bisa sobat coba praktekan, diantaranya adalah :

  1. Gunakan Aplikasi Sesuai Spesifikasi Laptop

Selalu perhatikan antara spesifikasi laptop dengan aplikasi yang sobat pasang di laptop sobat. Karena pada dasarnya ada laptop yang memang dikhusukan untuk support game dengan RAM yang besar ataupun laptop yang dibutuhkan oleh para editor video dan desain grafis. Dan pastinya ada juga laptop dengan harga yang terbilang murah dan dikhususkan untuk penggunaan aplikasi-aplikasi yang tidak berat.

  1. Menambah RAM

Menambah RAM  merupakan salah satu alternatif cara memperbaiki laptop lemot, karena apabila sobat membeli laptop dengan kapasitas RAM yang rendah seperti 4 GB sobat bisa menambahkanya menjadi RAM 8GB ataupun 16 GB. Dengan begitu akan membantu kinerja laptop sobat menjadi lebih cepat serta tidak mudah lemot.

  1. Ganti Memori HDD ke SSD

Penggunaan Hard Disk HDD memiliki kecepatan data lebih lambat jika dibandingkan dengan penyimpanan SSD, oleh karena itu dengan mengganti penyimpanan HDD ke SSD bisa membantu proses booting menjadi jauh lebih cepat. Meskipun harga SSD terbilang cukup mahal, namun sobat tidak perlu khawatir karena dengan harga tersebut sebanding dengan hasil yang di dapatkan nantinya pada laptop sobat yang tidak lagi lemot dan tentunya lebih responsive.

  1. Lakukan Reset Windows

Reset windows bisa menjadi opsi ketika laptop sobat dirasa berat dan lambat, apalagi jika laptop sobat merupakan laptop yang terhitung sudah tua. Karena laptop yang berumur akan sangat mempengaruhi kerja sistem operasi khususnya pada windows, yang kemudian mengakibatkan windows menjadi sering eror serta menyebabkan laptop menjadi lemot.

Baca Juga :  Tesla AI Day Siap Pada 30 September 2022.

Oh ya sebelum melakukan reset windows, pastikan sobat sudah melakukan back up terlebih dahulu ya terhadap semua data serta file pada laptop sobat.

Baca juga :https://detiknusantara.net/cara-menggunakan-chat-gpt/

Akhir Kata

Bagaimana sobat, apakah cara tersebut diatas bisa membantu sobat terkait bagaimana cara memperbaiki laptop lemot? Semoga bermanfaat dan membantu sobat semua ya untuk mengatasi permasalahan laptop sobat 😊

 

You May Also Like

About the Author: Falcon-13