Seo adalah ; Pengertian SEO, Manfaat, dan Cara Kerjanya

Seo adalah – Ketika sedang mencari informasi melalui mesin search engine seperti google atau yang lainya, pasti banyak sekali artikel yang muncul pada layar ponsel sobat bukan? perlu sobat ketahui bahwasanya artikel yang muncul dari paling atas hingga bawah merupakan urutan dari yang terbaik, hal ini terjadi karena adanya SEO. Nah kali ini admin akan menjelaskan terkait dengan SEO adalah? Bagaimana cara kerja SEO dan sebagainya. Yuk mari kita simak!

Apa yang dimaksud dengan SEO?

Seo adalah suatu tindakan yang bertujuan untuk mengoptimalkan blog atau website yang sobat miliki, agar berada pada posisi utama pencarian google sesuai dengan kepanjangannya yaitu Search Engine Optimization. Optimasi yang dimaksud disini dimaksudkan agar search engine dapat melihat apakah website tersebut layak untuk ditampilkan pada posisi teratas dari hasil pencarian. Jadi semakin baik SEO maka akan semakin mudah juga mendapatkan rangking teratas pada search engine.

Jenis SEO

Setelah mengetahui apa itu SEO, selanjutnya perlu sobat ketahui bahwasanya terdapat beberapa jenis SEO karena dalam SEO sering kali ditemukan bahwa sebuah algoritma di dalam search engine tidak bisa menemukan data yang sesuai dengan kebutuhan para penggunanya. Hal ini menyebabkan apa yang muncul dibagian atas search engine merupakan informasi yang kurang dibutuhkan oleh para pencari informasi. Jenis-jenis ini digunakan sebagai metode pemasaran yang digunakan sesuai dengan keperluan pemasaran. Strategi itu dapat dipilah menjadi empat kategori yaitu :

  1. On-page SEO

SEO jenis ini sering dimanfaatkan para marketer di bidang content marketing. Mode eksekusi dengan metode  on-page SEO, biasanya para marketer perlu melakukan riset keyword, optimisasi metada, serta melakukan internal linking.

  1. Off-page SEO

Jenis metode SEO kedua yang sering digunakan perusahaan ternama adalah Off-page SEO. Strategi ini mengacu pada proses optimisasi elemen yang ada di dalam situs web. Dengan menggunakan metode ini mendorong para marketer agar menciptakan eksposur dan kredibilitas untuk perusahaan yang pada akhirnya dapat menghasilkan lebih banyak lagi pengunjung serta penjualan. Sebagian besar inisiatif off-page SEO lebih berfokus pada proses link building atau praktik membuat situs web terkemuka lain dengan menautkan link kembali ke situs sobat.

  1. Technical SEO

Strategi ini merupakan strategi yang mengacu pada tindakan yang dapat membantu search engine merayapi situs web dan meningkatkan user experience (UX). Sebenarnya cara kerja algoritma search engine selalu berubah-ubah terus menerus hingga menjadi kompleks. Oleh karena itu proses kerja jenis SEO ini akan terus berkembang.

  1. Local SEO

Jenis SEO yang terahir yaitu local SEO, yang sering dimanfaatkan oleh perusahaan dan para marketer. Jenis SEO ini merupakan variasi yang sifatnya lebih berfokus pada lokasi bisnis, artinya mengacu pada proses meningkatkan kehadiran online situs pada komunitas daerah bisnis serta mempromosikan layanan atau produk kepada para pelanggan lokal. Singkatnya SEO jenis ini lebih berfokus pada optimisasi elemen geografis daripada kategori yang lain.

Baca Juga :  Kominfo Kemungkinan Besar Akan Memblokir Google, Facebook, WhatsApp, Dan Instagram Pada 20 Juli 2022?

Bagaimana cara kerja SEO

SEO bekerja untuk mengoptimalkan keyword yang sobat input, dengan tujuan mempermudah teridex oleh mesin pencari dan nantinya halaman website sobat berada pada posisi teratas yang tampil di halaman utama mesin pencari sesuai dengan relevansi keyword yang diinput oleh user. Sebenarnya ada tiga fungsi utama mesin pencari, yaitu :

  • Crawling, yang berfungsi untuk menjelajahi konten pada internet, mencari konten untuk setiap URL yang ditemukan.
  • Indexing, berfungsi untuk mengatur serta menyimpan konten yang ditemukan dari proses crawling
  • Rangking, nah fungsi inilah yang nantinya akan menyediakan potongan konten-konten yang dibutuhkan oleh user yang di urutkan berdasarkan konten yang paling relevan hingga kurang relevan.

Manfaat menerapkan SEO

SEO secara umum memiliki manfaat untuk membuat website bisnis sobat berada di peringkat tertinggi pada mesin pencari, selain itu juga meningkatkan engagement konten sobat sehingga lebih banyak dikenal karena jangkauanya yang luas.

Namun selain manfaat seperti yang disebutkan di atas, berikut ini adalah beberapa kelebihan yang akan sobat dapatkan ketika melakukan praktik SEO pada website sobat, diantaranya adalah :

  • Dapat meningkatkan brand awareness
  • Menciptakan pengalaman website yang bisa diandalkan serta menyenangkan bagi para pelanggan
  • Meningkatkan brand awareness
  • Mendorong perusahaan agar selalu mengikuti trend untuk selalu update
  • Pencapaian dapat diukur dengan lebih jelas di sistem

Bagaimana cara membuat artikel berkualitas dengan SEO?

Selanjutnya yuk kita lihat bagaimana caranya untuk membuat konten artikel yang ramah terhadap SEO, berikut langkahnya :

  1. Riset Keyword (Kata Kunci)
  2. Perhatikan struktur artikel
  3. Artikel yang ditulis padat dan ringkas
  4. Selipkan link artikel lain dalam website, atau dari artikel luar website sobat dengan memperhatikan juga strukturnya dan kesesuaian topik antara artikel satu dengan artikel lain
  5. Posting artikel secara rutin
Baca Juga :  Cara Menambahkan Lagu Ke Spotify

Akhir Kata

Bagaimana apakah sobat sudah bisa menjelaskan terkait dengan “seo adalah…?” ketika ada salah satu teman atau kerabat bertanya terkait SEO kepada sobat. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa menambah wawasan sobat terkait dengan seputar SEO ya 😊

You May Also Like

About the Author: Falcon-13