Cara Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Cara Meningkatkan Rasa Percaya Diri – Dalam kehidupan, pasti kita sering merasa insecure, minder dengan orang lain, merasa diri kita rendah dan tidak pantas, atau merasa kita kalah jauh dari orang lain. Overtihingking akan hal seperti itu sepertinya semua orang hampir mengalami ya sobat. oleh karena itu, untuk membuang jauh-jauh prasangka buruk, insecure, pada diri sendiri harus kita buang jauh-jauh pikiran tersebut agar kita terus btumbuh, berkembang dengan rasa percaya diri yang baik. Lalu bagaimana jika kita tidak percaya diri? Tenang sobat, kali ini adamin akan membahas bagaimana cara meningkatkan rasa percaya diri pada diri kita. Yuk kita simak!

Apa itu Percaya Diri?

Percaya diri merupakan kemampuan dalam meyakinkan diri sendiri, terhadap kemampuan yang kita miliki serta kemampuan untuk mengembangkan penilaian positif baik untuk diri sendiri maupun untuk lingkungan sekitar kita. Jadi banyak sekali faktor yang dapat mempengaruhi rasa percaya diri sobat, baik dari faktor eksternal maupun dari faktor internal. Jadi percaya diri ini penting karena nantinya seseorang akan bisa dan mampu untuk mengendalikan berbagai hal yang terjadi dengan kemampuan yang dia miliki. Karena seseorang yang mempunyai rasa percaya diri pasti akan selalu belajar dari pengalaman hidupnya sehingga dirinya akan terus berproses untuk selalu berkembang ke arah yang lebih baik.

Faktor yang Mempengaruhi Kepercayaan Diri

  1. Faktor Internal

  • Keberhasilan

Keberhasilan seseorang baik dalam studi, seni, olahraga, ataupun yang lainnya menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi individu dalam memandang dirinya. Jadi semakain sering seseorang mendapatkan keberhasilan, maka akan semakin lebih mudah pula bagi dirinya untuk memiliki rasa kepercayaan diri.

  • Harga Diri dan Perasaan dibutuhkan
Baca Juga :  Polisi Beri Dukungan Trauma Healing untuk Anak-anak Korban Banjir di Pengungsian

Seseoraang akan merasa Bahagia apabila dibutuhkan oleh orang lain. Dan dalam hal ini penyesuaian diri yang baik juga hal penting dalam pembentukan kepercayaan diri. Karena dengan menumbuhkan harga diri yang sehat akan berpengaruh positif pada perkembangan kepercayaan diri kita.

  • Kondisi Fisik

Faktor ini merupakan salah satu faktor yang tampak dan dapat dilihat dengan mata telanjang, karena sifatnya yang secara langsung melekat pada diri individu. Kepercayaan diri ini dimulai dari pengendalian diri secara fisik, bagaimana individu menilai, menerima, atau menolak gambaran dirinya. Dengan hal ini, seseorang yang merasa puas dengan kondisi fisiknya pasti ia akan cenderung memiliki kepercayaan diri yang lebih tinggi.

  • Pengalaman Hidup

Pengalaman hidup bisa menjadi faktor munculnya rasa percaya diri pada seseorang, begitupun sebaliknya. Pengalaman hidup bisa juga menjadi faktor menurunya rasa percaya diri seseorang.

  1. Faktor Eksternal

  • Pendidikan

Pasalnya faktor eksternal pertama terkait Pendidikan ini sangat mempengaruhi tingkat percaya diri seseorang. Tingkat Pendidikan yang rendah akan cenderung membuat seseorang merasa dibawah kekuasaan yang lebih pandai. Begitupun sebaliknya seseorang yang pendidikanya lebih tinggi mereka akan cenderung menjadi mandiri dan tidak perlu bergantung pada orang lain

  • Pekerjaan

Dengan bekerja maka bisa mengembangkan kreatifitas kemandirian serta rasa percaya diri. Pasalnya rasa percaya diri juga bisa muncul dengan melakukan pekerjaan, karena selain memperoleh materi, kepuasan serta kebanggaan juga bisa di dapat karena mampu mengembangkan kemampuan dalam diri

  • Lingkungan dan Pengalaman Hidup

Faktor Eksternall yang ketiga disiini bahwasannya lingkungan bisa meliputi lingkungan keluarga, sekolah, teman sebaya, dan masyarakat. Dengan support yang baik yang di terima maka akan memberikan rasa kenyamanan dan percaaya tinggi yang baik pula.

Baca Juga :  ITDA Sosialisasikan Pengawasan Desa dan Tindak lanjut Hasil Pemeriksaan

Cara Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Setelah mengetahui hal-hal yang bisa menyebabkan tumbuh dan berkurangnya rasa percaya diri, selanjutnya mari kita cari tahu bagaimana cara meningkatkan rasa percaya diri pada diri kita ya sobat. Berirkut diantaranya :

  1. Pelajari Hal Baru

Tingkatkan rasa percaya diri dengan mempelajari hal-hal baru, karena semakin banyak wawasan yang sobat miliki maka akan menjadi pribadi yang yakin pada kemampuan sendiri.

  1. Belajar Bersyukur

Belajarlah untuk selalu bersyukur, dengan bersyukur berarti sobat telah menghargai semua yang dimiliki hasil dari kerja keras sobat.

  1. Bangun Mindset Positif

Cara meningkatkan rasa percaya diri  selanjutnya yaitu dengan selalu berpikir positif. Jangan berfikir karna melihat orang lain gagal, maka kita juga pasti akan gagal. Jangan seperti itu, terapkan mindset bahwasanya “saya pasti bisa” dalam diri.

  1. Fokus denga Tujuan

Jangan lupa untuk selalu goals atau tujuan dalam hidup ya sobat, karena dengan tujuan ini bisa dipakai untuk membangkitkan rasa optimisme pada diri kita sehingga membuat lebih percaya diri.

  1. Evaluasi Kelebihan dan Kekurangan

Selalu percaya bahwasanya setiap orang mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Yang perlu sobat lakukan adalah selalu evaluasi kesaalahan tersebut dan fokus pada kelebihan yang kita punya.

Baca juga :

Akhir Kata

Bagaimana sobat apakah cara meningkatkan rasa percaya diri di atas sudah sobat terapkan sebelumnya? Semoga artikel ini membantu sobat semua ya, jangan lupa untuk selalu memiliki mindset yang positif pada diri sendiri ya sobat 😊

 

 

You May Also Like

About the Author: Falcon-13