Cara Meningkatkan Skill Komunikasi

Cara Meningkatkan Skill Komunikasi

Cara Meningkatkan Skill Komunikasi – Komunikasi merupakan salah satu hal yang sangat penting bagi kita. Apapun bidang yang kita tekuni, kemampuan berkomunikasi dengan orang lain merupakan point utama yang bisa menentukan bagaimana kita bisa menjalin hubugan baik dengan orang lain. Lalu bagaimana nih bagi kita yang memiliki skill komunikasi minim? Tenang saja tidak perlu khawatir, itu semua bisa di asah ya sobat. Nah pada artikel ini, admin akan membahas bagaimana cara meningkatkan skill komunikasi. Oke yuk langsung saja kita simak!

Apa itu Skill?

Mengutip dari Careers New Zealand, skill merupakan sebuah kemampuan untuk melakukan sesuatu. Jadi skill ini di sebut sebagai sebuah kemampuan, ketrampilan, atau keahlian. Lalu kalau kita membahas skill komunikasi diartikel ini, skill komunikasi bisa kita artikan sebagai serangkaian kemampuan untuk mengolah dan menyampaikan pesan secara efektif sehingga maksud dari suatu pesan bisa tersampaikan dengan baik hingga memberikan dampak tertentu.

Manfaat dari Berkomunikasi yang Baik

Dengan adanya skill komunikasi yang baik juga akan mendatangkan manfaat pada diri kita sendiri, seperti diantaranya adalah :

  1. Menciptakan hubungan yang lebih baik
  2. Meningkatkan Kekompakan
  3. Mencegah Masalah
  4. Membangun Kepercayaan
  5. Membangun Produktivitas

Cara Meningkatkan Skill Komunikasi

  1. Jadilah Pendengar yang Baik

Cara Meningkatkan Skill Komunikasi

Memiliki kemampuan mendengar yang baik akan membantu sobat dalam memahami apa maksud yang dibicarakan orang lain, serta sebagai bentuk untuk menunjukan bahwasanya kita menghargai mereka. Sehingga akan memudahkan kita menjalin hubungan baik dengan mereka.

Dengan terbiasa menjadi pendengar yang baik maka secara tidak sadar sobat juga akan memberikan tanggapan kepada lawan bicara secara baik terkait denga napa yang sedang di bicarakan.

  1. Berbicara dengan Santai

Cara meningkatkan skill komunikasi berikutnya adalah bicaralah dengan santai, hal ini berarti jangan bicara dengan gugup. Karena dengan kondisi yang gugup akan membuat ruang komunikasi yang tidak baik, seperti bicara yang cenderung lebih cepat atau suara yang pelan. Sehingga membuat lawan bicara kesulitan memahami. Untuk mengatasi hal ini kondisikan  mental sobat pada posisi yang santai dan tenang dan selalu pikirkan hal-hal positif ketika akan berbicara.

  1. Perhatikan Artikulasi

Berbicara dengan pelafalan yang jelas sangatlah penting, sehingga lawan bicara dapat mendengar dengan jelas apa yang kita sampaikan. Jangan sampai yang di dengar oleh lawan bicara kita hanyalah gumaman sehingga tidak mengerti apa yang kita bicarakan.

Tips bagi sobat yang masih merasa mengalami hal ini, mulailah untuk Latihan mengucapkan setiap kata nya dengan tegas dan jelas. Sobat bisa memulai Latihan tersebut dengan melafalkan ‘ A, I ,U, E, O ‘ secara jelas dan gamblang.

  1. Lakukan Kontak Mata

Kontak mata merupakan hal  yang penting dalam berkomunikasi, selalu menjaga kontak mata ketika sobat berkomunikasi dengan orang lain. Lakukan kontak mata sewajarnya saja, karena dengan cara ini akan membantu meningkatkan ketrampilan dalam berkomunikasi dengan lawan bicara. Pasalnya dengan melakukan kontak mata akan dapat meningkatkan kepercayaan orang lain terkait dengan pembahasan yang sedang di bicarakan. Karena setiap kalimat yang akan sobat sampaikan terdengar lebih meyakinkan.

  1. Menunjukan Bahasa Tubuh yang Baik

Cara Meningkatkan Skill Komunikasi

Ketika sedang berkomunikasi sobat juga bisa menambahkan bahasa tubuh untuk mempermudah lawan bicara memahami pembicaraan. Salah satunya yaitu ekspresi wajah, karena ekspresi wajah merupakan salah satu bagian dari bahasa tubuh yang efektif untuk digunakan dalam berkomunikasi. Selain itu Gerakan tangan juga termasuk dalam bahasa tubuh, intinya berlatihlah untuk menggunakan bahasa tubuh sebagai upaya meningkatkan ketrampilan dalam berkomunikasi.

  1. Berbicara Langsung ke Intinya

Kemampuan komunikasi yang baik adalah ketika berbicara tidak bertele-tele, jadi sobat harus menyampaikan inti dari suatu perbincangan secara lugas serta efektif. Memang kemampuan ini bukanlah hal yang mudah, kadang ada saja kalimat yang membuat kita belibet. Namun bukan berarti kemampuan ini merupakan hal yang mustahil untuk di asah ya sobat,jangan bosan untuk terus berlatih.

  1. Perhatikan Waktu dan Tempat untuk Berbicara

Jangan lupa untuk selalu memahami waktu dan tempat kapan kita harus serius, dan kapan kita bisa menyelipkan gurauan agar tetap enjoy dalam berkomunikasi.

  1. Mintalah masukan dan Saran

Cara Meningkatkan Skill Komunikasi

Cara meningkatkan skill komunikasi yang terakhir yaitu jangan lupa untuk meminta kritik dan saran dari lawan bicara atau orang-orang terdekat kita, karena dari mereka lah kita bisa melihat potensi serta kelemahan yang tidak kita sadari. Setelah itu, selalu kembangkan saran-saran yang kita terima untuk terus memperbaiki kelemahan-kelemahan pada cara berkomunikasi kita. Atau jika memang di perlukan,  sobat juga bisa meminta bantuan bagaimana cara memperbaiki kelemahan-kelemahan pada diri dari orang-orang sekitar kita yaaa

Baca Juga :  SMKN 1 Cianjur Adakan Workshop Penyusunan Program Anti Perundungan

Baca juga :

Akhir Kata

Bagaimana sobat apakah cara meningkatkan skill komunikasi di atas sudah pernah sobat coba sebelumnya? Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan sobat semua yaa 😊

 

 

error: