Pengertian Cache

Pengertian Cache – Mungkin  di antara sobat semua pernah ketika sedang mengunjungi suatu website loadingnya sangat lama hingga akhirnya sobat mengurungkan niat dan membatalkanya. Sobat tidak perlu khawatir akan hal tersebut, terdapat banyak solusi untuk mengatasi masalah tersebut. Salah satunya yaitu terkait cache, nah pada artikel ini admin akkan membahas terkait pengertian cache dan hal-hal lain mengenai cache. Yuk kita simak!

Apa itu Cache?

Cache merupakan proses penyimpanan sementara data untuk mengurangi proses loading atau muat suatu website atau aplikasi. Dengan adanya cache akses pada permintaan yang sama berikutnya dapat lebih efektif karena cukup mengambil data yang tersimpan secara lokal.

Manfaat dan kekurangan Cache

Berikut ini adalah manfaat dari adanya cache, diantaranya :

  • Meningkatkan dan menstabilkan performa aplikasi atau website
  • Menghemat data
  • Mempercepat loading gambar atau thumbnail yang ada di website atau aplikasi
  • Memungkinkan user untuk mengakses website lebih cepat dari browsernya
  • Menguangi beban dibagian back-end
  • Mengurangi biaya yang dikeluarkan untuk database sebuah website atau aplikasi
  • Mempermudah akses

Selain memiliki manfaat, keberadaan cache juga memiliki kekurangan diantaranya yaitu :

  • Menghabiskan storage

Meskipun cache memiliki ukuran yang kecil, namun seiring penggunaanya akan membuat storage penuh

  • Membuat aplikasi eror

Penyimpanan data cache terkadang bisa terjadi kesalahan, sehingga membuat datanya rusak atau corrupt. Sehingga hal ini menyebabkan browser atau aplikasi tidak bisa memuat data, mengalami eror, atau bahkan berhenti bekerja.

  • Menghambat akses pada update terbaru

Jenis-jenis Cache

Setelah sobat mengetahui manfaat dari keberadaan cache, selanjutnya mari kita kupas lebih dalam lagi kira-kira cache ada beberapa jenis ya. Yuk kita lihat jenis-jenis cache berikut ini :

  1. Cache Hardware

Cache merupakan memori yang terdapat di dalam microprocessor serta merupakan komponen fisik dari prosesor itu sendiri. Cache sendiri memiliki beberapa jenis, diantaranya yaitu :

  • CPU Cache, cache jenis ini digunakan oleh CPU Komputer untuk menghemat waktu serta daya yang dibutuhkan yang berfungsi untuk mengakses data dari memori utama.
  • GPU Cache, cache ini hampir sama dengan CPU Cache. Akan tetapi GPU Cache lebih spesifik untuk menyimpan file-file cache yang berkaitan dengan grafik/gambar.
  • DSP Cache, cache jenis ini merupakan cache yang menyimpan hal-hal yang berkaitan dengan DSP. DSP merupakan singkatan dari Digital Signal Processors, sinyal ini menangkap seperti suara, audio, video, dll.
  1. Cache Software

Software cache merupakan ruang penyimpanan yang ada di dalam aplikasi atau program komputer yang berguna untuk mempercepat fungsi spesifik dari program tersebut. Berikut ini merupakan jenis software cache :

  • Disk cache
Baca Juga :  Dazz Cam Pro Mod Apk, Aplikasi Edit Foto Viral !

Cache jenis ini diperlukan untuk mempercepat proses penulisan dan pemuatan data oleh sebuah program

  • Web Cache

Jenis cache ini dibagi menjadi dua yaitu, server-side dan client-side cache.

  • Memoization

Memorization merupakan metode optimasi yang terutama digunakan untuk mempercepat program komputer dengan menyimpan hasil pemanggilan fungsi yang cukup berat.

  1. Cache Browser

Cache jenis ini sebenarnya termasuk dalam software cache, namun cache browser merupakan cache yang paling sering ditemui.

Apa yang terjadi ketika menghapus cache?

Ketika sobat menghapus cache yang akan terjadi adalah data atau informasi yang ada pada sebuah aplikasi dan website akan terhapus. Apabila sobat ingin kembali mengunjungi website atau membuka suatu aplikasi nantinya akan membutuhkan waktu yang lebih lama. Karena dengan menghapus cache artinya sobat membersihkan data-data sementara yang hanya akan berpengaruh pada kecepatan ketika  mengakses aplikasi. Namun ada hal yang perlu di garis bawahi ya sobat, bahwasannya tidak setiap website menggunakan cache dan cache juga bisa kadaluarsa atau dihapus secara manual.

Cara menghapus cache di berbagai platform

Setelah mengetahui dan paham seputar pengertian cache, berikut ini adalah cara untuk menghapus cache di beberapa perangkat sobat :

  1. Menghapus cache di smartphone android

Pada beberapa smartphone android, ada cara menghapus clear cache otomatis dengan menggunakan aplikasi cleaner bawaan pabrik.

Namun ada pula cara lain untuk menghapus cache selain dengan aplikasi khusus, yaitu dengan menghapus cache per aplikasi dari menu setting, kemudian buka menu Apps – Manage Apps – kemudian pilih aplikasi yang ingin sobat hapus cachenya. Setelah mengklik icon aplikasi yang ingin dibbersihkan, selanjutnya pilih clear data – clear cache. Jangan pilih clear all karena dengan mengklik tombol tersebut akan menghapus semua Riwayat penggunaan sobat beserta data-data penting yang tersimpan.

  1. Menghapus data cache di Komputer
  • Klik logo windows di pojok kiri bawah desktop anda, lalu klik opsi settings.
  • Pada jendela settings, klik menu system
  • Klik tab storage kemudian tunggu beberapa detik agar datanya muncul. Klik menu Temporary Files-pada menu ini sobat dapat melihat ukuran file temporary yang ada.
  • Pilih file yang ingin dihapus, klik remove files
  • Tunggu proses pembersihan cache selesai.
Baca Juga :  Indonesia Kerja Sama Bidang Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dengan Singapura

Akhir Kata

Bagaimana apakah sobat sudah paham terkait pengertian cache, dan hal-hal lain seputar cache? Semoga artikel ini dapat membantu sobat semua ya, terutama untuk mengatasi masalah kecepatan ketika sobat mengakses sebuah aplikasi atau website.

 

You May Also Like

About the Author: Falcon-13