Kepedulian Danrem Wijayakusuma kepada Kesehatan Prajuritnya

BANYUMAS – Wujud kepedulian Danrem 071/Wijayakusuma kepada segenap prajurit dan PNS nya, lakukan uji kesehatan cegah dini penyakit Jantung dengan melaksanakan Elektro Kardio Grafik (EKG), Senin (30/1/2023) di Gedung Pertemuan A. Yani Makorem 071/Wijayakusuma, Sokaraja, Banyumas.

EKG merupakan tes diagnostik umum yang digunakan untuk mengevaluasi fungsi jantung, EKG adalah pemantulan aktivitas listrik dari serat-serat otot jantung secara goresan. Manfaatnya untuk mengetahui kelainan-kelainan pada jantung, gangguan pada otot jantung, adanya pembesaran jantung, gangguan elektrolit, adanya pericarditis dan adanya pengaruh dari obat-obatan jantung.

Pemeriksaan EKG itu sendiri dapat dilakukan setahun sekali melalui medical check up rutin tahunan atau bila diperlukan sesuai indikasi dokter. Sedangkan peralatannya, terdiri dari mesin EKG elektroda, kertas EKG, kassa dan Gel EKG.

Pemeriksan EKG prajurit dan PNS Makorem 071/Wijayakusuma diikuti 82 personel terdiri dari anggota TNI 72 orang dan PNS 10 orang, pelaksanaan kegiatan EKG bekerjasama dengan Denkesyah 04.04.01 Purwokerto dan Rumkit TK-III 04.06.01 Wijayakusuma Purwokerto.

Danrem 071/Wijayakusuma Kolonel Inf Yudha Airlangga, S.E., mengatakan uji kesehatan deteksi dini jantung ini untuk mendeteksi sedini mungkin kesehatan jantung para prajurit dan PNS dan juga sebagai langkah dan upaya kita mengetahui kondisi sebenarnya prajurit dan PNS serta sebagai langkah untuk mengurangi angka penderita penyakit jantung khususnya dikalangan prajurit dan PNS Makorem 071/Wijayakusuma.

Dikatakan Kolonel yang mantan Dansat-81/Gultor Kopassus ini, kesehatan prajurit dan PNS merupakan modal utama untuk mendukung tugas pokok satuan, karenanya kita berupaya sebaik mungkin untuk melakukan cek dan ricek kesehatan prajurit dan PNS nya. Disamping uji kesehatan yang kita lakukan ini, guna untuk menjaga dan mempertahankan kondisi tubuh, kita lakukan berolahraga untuk menopang stamina agar prajurit dan PNS tetap bugar dan sehat untuk menyongsong tugasnya.

Baca Juga :  Kapolres Situbondo Beri Reward Bagi Personil dengan Kinerja Terbaik di Berbagai Bidang dan Fungsi Tugas

Terkait dengan hasil uji EKG jantung ini, Danrem mengatakan, untuk hasil skrining uji EKG jantung ini akan dikonsultasikan kepada dokter spesialis jantung RST Wijayakusuma. Dan, apabila ditemukan adanya personel yang mengalami kelainan jantung akan ditindaklanjuti dengan pemeriksaan lebih mendalam. “Kita lihat hasil skrining nya nanti, semoga hasil skrining ini semua personel bagus dan sehat semuanya”, harapnya.

Kolonel Yudha juga mengatakan, kegiatan yang dilakukan ini untuk memberikan pengetahuan tentang kesehatan agar segenap prajurit dan PNS dapat mengetahui secara langsung kesehatan dirinya masing-masing secara dini dan juga bagi pimpinan untuk mengetahui sejauh mana kondisi kesehatan prajurit dan PNS nya.

Pewarta : Didi Prabowo/Penrem 071/Wk

You May Also Like

About the Author: Falcon-13