7 Rekomendasi Menu Makanan Sahur untuk Anak Kos yang Sehat dan Lezat

Menu makanan sahur untuk anak kos yang sehat

Marhaban Ya Ramadan! Akhirnya berjumpa lagi di bulan Ramadan 2023 alias 1444 H kali ini. Tetap semangat dan kuat saat menjalani puasa.

Namun, mungkin akan sedikit berbeda cerita bagi kamu perantauan atau anak kos yang jauh dari orang tua, harus memutar otak untuk menyiapkan makanan di saat berbuka maupun sahur tiba.

Jangan takut, karena ada beragam rekomendasi menu makanan sahur untuk anak kos yang sehat dan lezat. Yuk, kepoin apa saja!

1. Omelette

Omelette

Omelette atau yang biasa dikenal dengan martabak mie menjadi salah satu pilihan utama menu makanan sahur untuk anak kos yang sehat, lezat, dan praktis.

Omelette ini hanya terbuat dari 2 macam bahan, yakni telur dan juga mie instan.

Santapan sahur dengan menu mie instan baik itu mie kuah maupun mie goreng tentu akan terkesan biasa saja. Maka, ide ini layak dipertimbangkan untuk diolah menjadi omelette.

Sederhananya, omelette ini akan mengenyangkan karena ada bahan telur di dalamnya. Selain itu, menu makanan ini juga cukup akan gizi untuk menemani menjalani puasa selama seharian penuh.

Apalagi yang unik dari omelette tidak membutuhkan bahan maupun bumbu tambahan. Bisa juga dipadukan dengan aneka topping, seperti bakso, sosis, dan masih banyak lagi lainnya.

Omelette yang sudah jadi dipadukan dengan nasi hangat. Hmm, sangat menggugah selera santap sahur kamu tentunya.

2. Nasi Goreng

Nasi goreng

Bagi yang tidak ingin ribet dan tiba-tiba kehabisan stok bahan maupun bumbu, nasi goreng menjadi salah satu jalan ninja terbaik.

Olahan nasi goreng yang sederhana hanya membutuhkan nasi matang, bumbu praktis nasi goreng, kecap, garam, dan saus sambal untuk menambah selera.

Itu menggunakan bahan-bahan seadanya atau ala kadarnya. Jika ingin, bisa dipadukan dengan oseng-oseng telur maupun suwiran ayam yang tentunya menambah cita rasa.

Bagi yang sudah kepepet juga bisa membeli sate-satean di angkringan terdekat. Nantinya, sate-satean tersebut dicampurkan dan dimasak bareng dengan nasi goreng.

Cukup masak selama kurang lebih 5 hingga 15 menit saja, nasi goreng siap disantap dengan bahan maupun bumbu seadanya. Murah, nikmat, dan mengenyangkan.

3. Orak-arik

Orak-arik

Masih berbahan baku telur, selain omelette maupun nasi goreng, rekomendasi menu makanan sahur untuk anak kos yang sehat dan lezat selanjutnya ialah orak-arik.

Orak-arik ini juga terbilang sangat simple. Walaupun sederhana, tetapi mengenyangkan, cita rasa khas, dan kaya akan gizi.

Beberapa perpaduan untuk membuat resep orak-arik ini hanyalah telur, sayuran, sosis, maupun bahan-bahan tambahan lainnya.

Orak-arik ini juga bisa dikreasikan sesuai dengan keinginan. Ingin membuat orak-arik yang asin maupun yang manis dan siap santap hanya dalam beberapa menit saja.

Sayuran yang digunakan juga mudah dan murah meriah. Misalkan dipadukan dengan sawi dan ditumis, cukup sederhana. Bahkan, bisa dikatakan cukup mengenyangkan.

Apalagi, orak-arik ini salah satu rekomendasi bagi anak kuliahan yang suka ngekos loh. Kalau males bikin, bisa langsung kunjungi Warmindo setempat.

Baca juga: Entho Cotot, Makanan Khas Temanggung yang Enak dan Mengenyangkan

4. Tempe Orek

Tempe orek

Bosan dengan olahan yang telur melulu? Kali ini ada olahan tempe yang murah, nikmat, dan merakyat, yakni olahan dari tempe orek.

Di beberapa wilayah, tempe orek ini harganya sangat murah sekali, di kisaran Rp 7.000,- hingga Rp 10.000,-an dan bisa digunakan hingga 3 kali masak.

Apabila memang kamu sudah kepepet akan masuk waktu imsak dan tidak memiliki bahan-bahan yang cukup, bisa langsung membuat tempe orek.

Baca Juga :  Kasus Malaria Tinggi, Ini yang Dilakukan Pemkab Purworejo

Hanya berbahan dasar dari tempe dan dipadukan dengan bumbu seperti cabai maupun kecap, ditumis dan tunggu sebentar, rasanya sungguh wah menarik dan mengenyangkan rasanya.

Apalagi, tempe ini kaya akan kandungan zat gizi, salah satunya protein. Yang mana, kandungan protein dari tempe juga tidak kalah banyaknya dari kandungan protein yang ada di dalam telur.

5. Abon

Abon

Rekomendasi menu makanan sahur untuk anak kos yang sehat dan lezat yang unik selanjutnya selain telur dan tempe ialah abon.

Ya, abon! Jangan salah, abon ini bisa menjadi teman makan santap sahur “tunggal” bagi yang super-duper telah kepepet akan masuk imsak, maupun azan subuh.

Abon ini juga rasanya bervariasi, ada yang rasa ayam, sapi, dan lainnya. Apalagi, mudah ditemukan di minimarket Alfamart, Indomaret, Alfamidi dan lainnya yang buka gerainya 24 jam.

Harganya juga sangat murah, mulai dari Rp 15.000,-an saja bisa disantap hingga belasan kali makan. Namun, bagi yang kurang bervariasi, bisa menambahkan sedikit sayur maupun lauk untuk menambah cita rasa.

Abon menjadi pilihan andalan dan super di saat sudah benar-benar kepepet!

6. Sarden

Sarden

Selanjutnya yang tidak kalah unik dan juga berbeda dari yang lain ialah sarden. Jika bosan dengan telur, tahu, tempe, maka bisa pilih olahan sarden ini untuk dimasak.

Harganya juga sangat murah mulai dari Rp 10.000,-an saja yang dapat ditemukan di minimarket terdekat. Tinggal dibuka kemasannya dan tumis selama beberapa menit, sarden siap disantap.

Apalagi, sarden juga kaya akan vitamin dan mineral. Di mana kandungan yang paling tinggi ialah omega 3 yang sangat baik bagi kesehatan tubuh, salah satunya otak.

Selain itu, tidak perlu repot-repot mempersiapkan bahan maupun bumbu tambahan lainnya. Hanya dalam 1 kaleng sarden saja bisa ditumis langsung dan bisa untuk 2 hingga 3 orang sekaligus. Praktis, bukan?

7. Chicken Nugget

Chicken nugget

Nah, langkah terakhir bagi kamu anak kos yang memang sudah kepepet dan ingin praktis adalah chicken nugget. Pastikan kamu punya kulkas atau freezer untuk menyimpannya ya.

Chicken nugget ini menjadi salah satu makanan olahan frozen food yang juga tidak kalah enak dan nutrisinya juga terbilang cukup banyak.

Kamu tinggal goreng chicken nugget beberapa biji, misalkan 5 biji untuk sahur dan bolak-balik di atas minyak panas hanya kurang dari 3 menit bisa langsung matang.

Olahan ini nyatanya juga awet di mana bisa digunakan untuk hingga 10 kali santap. Apalagi, jika kamu sedang mode hemat. Wah, tentunya chicken nugget ini akan sangat menolong dompet kamu!

Baca juga: 6 Jajanan Buka Puasa Paling Banyak Dicari dan Tak Lekang Oleh Waktu

Akhir Kata

Bagaimana menu makanan sahur untuk anak kos yang sehat dan lezat di atas? Cukup bervariasi bukan?

Setidaknya, kamu tidak perlu repot untuk mikir ini itu. Apalagi, jika tidak sengaja bangun kesiangan dan kamu ingin segera bergegas memasak karena tidak ada lauk.

Yang terpenting, kebutuhan nutrisi dari makanan maupun kecukupan hidrasi dari minuman bisa tercukupi dengan baik. Sehingga, bisa menjalani ibadah puasa dengan maksimal.

Jadi, tidak ada alasan anak kos kurang gizi. Karena, semua bahan di atas sangat murah meriah dan dapat ditemukan dengan mudah. Marhaban Ya Ramadan teman-teman semua!

error: