Desa Kebongembong Gelar Festival Durian Pertama Kali, Ini Harapan Bupati Kendal

Desa Kebongembong Gelar Festival Durian Pertama Kali, Ini Harapan Bupati Kendal
Anggota DPRD Provinsi Jawa Tengah, Mifta Reza menjadi juri kehormatan dalam Festival Durian di Desa Kebongembong

KENDAL –  Pemerintah Desa Kebongembong, Kecamatan Pageruyung, Kendal menyelenggarakan Festival Durian kali pertama. Hal tersebut mendapat apresiasi dari Pemerintah Daerah Kabupaten Kendal serta antausias masyarakat Desa Kebongembong dan sekitarnya yang turut hadir di lapangan Sepak bola Desa setempat, Minggu (29/1/2023).

Turut hadir pada kegiatan tersebut, antara lain Bupati Kendal Dico M. Ganinduto, Mifta Reza, NP, SP, MM. Ketua DPC Partai Gerindra Kendal yang Anggota DPRD Provinsi Jawa Tengah yang sekaligus nenjadi Juri Kehormatan, Forpimcam Pageruyung, Abdul Malik Ketua Paguyuban Kepala Desa Bahurekso beserta beberapa Kepala Desa Kebongembong Fahrurozi As’ary beserta perangkat desanya.

Kepala Desa Kebongembong M Fahrurozi As’ary mengatakan festival durian lokal pertama kali dilakukan di desanya bertujuan untuk menunjukkan jika desa Kebongembong memiliki potensi besar sebagai desa penghasil durian.

“Karena di desa ini banyak petani durian sehingga dengan diadakannya festival akan mengangkat keunggulan durian di Desa Kebongembong ini, setidaknya itu hampir setiap KK punya pohon durian,” terang Kepala Desa Kebongembong.

Desa Kebongembong Gelar Festival Durian Pertama Kali, Ini Harapan Bupati Kendal

Dia menyampaikan jika desanya telah menanam durian jenis pelangi sejak tiga tahun lalu dan akan dibudidayakan kebeberapa kelompok tani.

Sementara itu Dico M. Ganinduto mengatakan jika saat ini setidaknya setiap desa memiliki ciri khas, yang mampu mengangkat potensi desa baik itu hasil perkebunan maupun kerajinan.

“Kegiatan ini sangat baik tentunya dan positif, dengan adanya ini semoga durian Kebongembong bisa menjadi potensi perekonomian warga setempat. Kemudia kedepan mungkin bisa dikembangkan lagi UMKM tentang durian,” ujar Dico M. Ganinduto.

UMKM menjadi harapan Bupati Kendal untuk dapat memanfaatkan potensi besar dari Durian Alsi Kebongembong, pihaknya baru menemukan satu UMKM yaitu dodol durian.

Adapun Hasil Juara Festival Durian tsb Yaitu Kategori Durian Lokal Juara 1 Rudiyanto Juara 2 Wahuni, Juara 3 Sukaiman Rosyid. Kategori Durian Umum Juara 1 Mistari, Juara 2 Abdul Ghofur Juara 3 Kaswin Tumik. Hadiah diserahkan Langsung Oleh Mifta Reza SP NP MM dan Kepala Desa Kebongembong.

Baca Juga :  Wabup Purworejo Resmikan Lumbung Pangan Masyarakat

Pewarta : Pedro

error: