Warga Lingkungan LEREK Gelar Kerja Bakti Bersihkan Lingkungan

Warga lingkungan LEREK

Banyuwangi, detiknusantaraNET – Warga Lingkungan LEREK kelurahan Gombengsari, Kecamatan KALIPURO, Kabupaten BANYUWANGI, gelar kerja bakti membersihkan saluran air sepanjang jalan, SENIN (24/012024).

Dalam rangka menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan di tengah pandemi covid-19, warga kelurahan Gombeng sari, Kecamatan Kalipuro, Kabupaten Banyuwangi, melakukan kerja bakti membersihkan saluran air sepanjang jalan, senin (24/01/2022) pagi.

Kerja bakti ini dilakukan secara bersamaan di lingkungan Lerek yang ada di kelurahan gombengsari dengan melibatkan warga masyarakat, kepala dusun, tokoh masyarakat, kader desa, serta seluruh staf dan pegawai kantor kelurahan.

“Salah satu syarat dalam memutus penyebaran mata rantai covid-19 ialah dengan cara menjaga kebersihan, termasuk juga kebersihan lingkungan, untuk itulah kami melakukan kerja bakti,serta dengan adanya wisata di kelurahan gombeng sari.” kata samsyudin ketua rukun tetangga.

Untuk lebih menyukseskan kerja bakti bersih-bersih lingkungan kali ini, Samsudin juga mengundang para warga penerima program bantuan pemerintah yang disalurkan pada masa pandemi untuk ikut terlibat.

“Kami juga mengundang warga yang mendapat bantuan, seperti Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD), Bantuan Sosial Tunai (BST) Kemensos, untuk ikut bekerja bakti, tapi Alhamdulillah tadi di lapangan saya perhatikan, bukan cuma penerima bantuan yang ikut, bahkan warga yang lainnya juga banyak yang ikut kerja bakti,” imbuhnya Samsyudin ketua RT 01.

“Biasanya satu kali dalam sebulan kami lakukan kerja bakti. Alhamdulillah kesadaran masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan cukup baik, padahal kami hanya mengajak, tidak menyediakan peralatan, jadi yang bapak-bapak bawa sendiri cangkul dan parangnya, ibu-ibu yang bawa sapu dari rumah masing-masing,” tambahnya detiknusantara.com

“Salah satu kebudayaan yang menjadi identitas masyarakat desa adalah kerja bakti. Kegiatan ini biasanya dilakukan masyarakat sekitar secara bersama-sama, dengan tujuan melakukan kegiatan tertentu salah satunya adalah  kerja bakti bertujuan untuk membangun infrastruktur atau membersihkan lingkungan sekitar yang dilaksanakan secara gotong royong.”kata Abdul Majid Hamzah lurah Gombengsari

Baca Juga :  Patroli Samapta Polres Situbondo Tindak Lanjuti Laporan Masyarakat Yang Resah Adanya Pesta Miras

Di lingkungan LEREK khususnya kerja bakti masih sering dilaksanakan meskipun dalam pelaksanaanya belum rutin tiap minggu atau tiap bulan , seperti membangun rabat jalan, membersihkan jalan ataupun lingkungan sekitar, membersihkan saluran irigasi dan kegiatan kegiatan lainnya.

Bertepatan hari senin tadi tanggal 24/01/ 2022 perangkat desa sendangrejo, bersama dengan ketua Rt, RW dan juga warga lingkungan sekitar melakukan kegiatan kerja bakti membersihkan jalan poros desa.

Kegiatan Membersihkan Jalan, kerja bakti membersihkan lingkungan dilakukan untuk menciptakan lingkungan yang sehat, bebas dari kotoran, sampah dan rumput, pohon yang sudah rimbun. Dengan lingkungan yang sehat, kita tidak akan mudah terserang berbagai penyakit. Kebersihan lingkungan juga sangat berpengaruh terhadap kenyamanan, keindahan dan keasrian lingkungan.

Warga lingkungan LEREK

“Selain untuk menjaga kebersihan,  kegiatan ini juga bertujuan untuk membina hubungan sosial masyarakat khususnya di kelurahan Gombengsari ini” jelasnya. Kegiatan dilaksanakan mulai pukul 07.00 WIB.  Dengan penuh semangat warga DUSU. Kelurahan Gombengsari, membersihkan lingkungan di sepanjang jalan lingkungan kelurahan Gombengsari.

(Red).

error: