Tak Bayar Sewa, Ratusan Kios di Pasar Moderen Kota Subulussalam Disegel

SUBULUSSALAM – Pemerintah Kota Subulussalam menyegel sebanyak 124 Kios di Pasar Moderen Kota Subulussalam Kecamatan Simpang Kiri, baru baru ini.

Penutuoan kios itu dilakukan oleh  Satpol-PP dan WH bersama Dinas PERINDAG KOP dan UKM, Kota Subulussalam yang turut dalam TIM tersebut Asisten ll Lidin Padang,SH, Kasat Pol PP dan WH Saiban Gafar, S.Pd., dan Kabag Ekonomi Setdako Subulussalam.

Kios tersebut disegell petugas TIM, disebabkan yang menyewa kios tersebut tidak membayar Retribusi ataupun  Sewa kios, kepada pemerintah Kota Subulussalam, sehingga menjadi Polemik.

Pelaksanaan penyegelan ini merupakan lanjutan dari hasil rapat bersama Assisten II beberapa waktu yang lalu, sekaligus dalam rangka untuk meningkatkan PAD, karena sepertinya kios di Pasar Moderen ini banyak sekali yang tidak membayar sewa, maka oleh sebab itu kita lakukan penyegelan” Kata Kabid Perdagangan Dinas Perindagkop UKM, M. Ali, SE. Kepada  Wartawan.

Kabid M,Ali menjelaskan bahwa, ada dua versi pedagang yang ada di pasar modern tersebut, pertama, dia buka dan menggunakan kios tersebut namun tidak mau membayar Retribusi atau sewanya, yang  kedua,… tidak buka sama sekali atau tidak digunakan, dan juga tidak membayar Retribusinya sesuai perjanjian.

M. Ali mengaku bahwa pihaknya akan melakukan penyegelan kios yang tidak membayar Retribusi, baik yang di buka maupun yang tidak dibuka oleh penyewanya, dan seterusnya setelah rapat bersama Assisten II, terkait dengan peningkatan PAD Daerah maka dibentuk TIM penyegelan kios tersebut.

Ditambahkan Kabid,M All,… penyegelan ini dilakukan secara bertahap, setelah disegel,diberi waktu tunggu selama 1 bulan, apabila si penyewa kios itu datang ke Kantor dan membayar Retribusinya maka kita akan berikan kembali Kios tersebut, dan apabila dalam waktu yang telah ditentukan tidak ada dibayar, maka pemerintah akan ambil alih dan menyewakan kepada warga yang lain yang menginginkan kios tersebut” Kata Kabid Perdagangan M. Ali, SE  dengan tegas.

Baca Juga :  DKK Pemalang Gelar Jambore Kesehatan

Penyegelan kios ini  kata M,Ali akan dilakukan secara bertahap,pertama disegel sebanyak 50 kios,dan sisanya dilakukan Minggu depan dan selanjutnya juga akan ďilakukan penyegelan kios bagi yang masih tak mau bayar retribusinya.

M.Ali, sang Kabid, sebelumnya, pihaknya juga sudah melakukan sosialisasi dan peringatan kepada masyarakat yang menyewa Kios tersebut supaya membayar Retribusinya, namun tidak ada respon sehingga dilakukan penyegelan.

Hal ini kita lakukan dalam rangka peningkatan PAD daerah Kota Subulussalam dan seterusnya sudah sesuai dengan Peraturan Walikota,Nomo 21 Tahun 2019 yang menjelaskan tentang biaya retribusi kios di pasar Moderen ini sebesar Rp. 2.500.000,- dibagian dalam dan sebesar Rp. 3.000.000,- dibagian pinggir,” kata M.Ali, mengakhiri keterangannya.

J.Saran.

You May Also Like

About the Author: Falcon-13