Kapolres Situbondo Bersama Forkopimda Mengikuti Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila 2022 Secara Virtual

Kapolres Situbondo

SITUBONDO, Kapolres Situbondo AKBP Dr. Andi Sinjaya, S.H., S.I.K., M.H.  bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) mengikuti upacara peringatan Hari Lahir Pancasila 2022 secara virtual yang dipimpin langsung oleh Presiden RI Joko Widodo dari Kota Ende – NTT, Rabu (1/6/2022)

Forkopimda Situbondo yang hadir mengikuti upacara peringatan Hari Lahir Pancasila 2022 dari Pendopo Kab. Situbondo diantaranya Bupati Situbondo Drs. H. Karna Suswandi, M.M., Dandim 0823 Situbondo Letkol Inf Neggy Kuntagina, S.I.P., Kepala Kejaksaan Negeri Situbondo Nauli Rahim Siregar, S.H., M.H., Ketua Pengadilan Negeri Situbondo Abu Achmad Sidqi Amsya, SH., Sekda Situbondo, Drs. H. Syaifullah, M.M., Kepala Rutan Klas II-b Situbondo, Tomi Elyus, Amd., IP., S.Sos., S.H., M.Si, Wakapolres Situbondo Kompol Pujiarto, S.H., M.H., Jajaran OPD Kabupaten Situbondo, Ketua Pemuda Pancasila Situbondo, Dwi Puji Rahayu serta PJU Jajaran Polres Situbondo dan Perwira Kodim 0823 Situbondo.

Dalam pidatonya, Presiden Jokowi menyampaikan bahwa peringatan Hari Lahir Pancasila harus bersama-sama membumikan Pancasila dan mengaktualisasikan nilai-nilai luhur Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara.

“ Hari ini tanggal 1 Juni 2022 kita memperingati Hari Lahir Pancasila di Kota Ende NTT, di Kota yang sangat bersejarah ini Bung Karno Proklamator Kemerdekaan merenungkan dan merumuskan Pancasila yang kemudian disahkan oleh PPKI sebagai dasar negara dan mewariskan pancasila bagi bangsa dan negara “ kata Presiden Jokowi

Presiden Jokowi juga mengingatkan bahwa harus betul-betul mengamalkan Pancasila dan memperjuangkan Pancasila, diwujudkan dalam sistem kemasyarakatan kebangsaan dan kenegaraan, dengan mengimplementasikan dalam tata kelola pemerintahan dan juga menjiwai interaksi antar sesama anak bangsa, inilah tugas kita bersama tugas seluruh komponen bangsa menjadikan Pancasila sebagai ideologi tumpah darah Indonesia.

Pancasila bukan hanya telah mempersatukan kita semua, Pancasila juga telah menjadi bintang penuntun ketika bangsa Indonesia menghadapi tantangan dan ujian-ujian, dan ini sudah dibuktikan berkali-kali dalam perjalanan sejarah bangsa bahwa bangsa dan negara, kita bisa tetap berdiri kokoh menjadi negara yang kuat karena kita semua sepakat untuk berlandaskan pada Pancasila.

Saat ini menghadapi situasi dunia yang bergejolak Pandemi Covid 19 belum sepenuhnya berakhir, dan diikuti oleh krisis energi dan pangan serta ancaman kemiskinan ekstrem dan kelaparan dan juga perang di Ukraina, Sebagai pemegang mandat presiden G20 kita mengajak seluruh negara maju di dunia bergotong-royong menciptakan umat manusia yang lebih baik membangun sistem Kesehatan Global yang mampu menghadapi krisis di masa depan dengan tata kelola dunia yang lebih sehat lebih damai dan lebih berkemanusiaan dan lebih beri keadilan.

“ saya mengajak seluruh pemimpin bangsa terutama para pejabat Pemerintahan, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, para Pendidik, para Pemimpin Partai Politik, para Pemimpin dan Tokoh-Tokoh Ormas dan para Pemimpin-Pemimpin lainnya untuk menjadi teladan, menjadi contoh dalam aktualisasi nilai-nilai Pancasila, mengajak seluruh masyarakat untuk bergerak aktif memperkokoh nilai-nilai Pancasila dalam mewujudkan Indonesia maju, mewujudkan cita-cita proklamasi kemerdekaan “ ucap Presiden Jokowi

Sementara itu, Kapolres Situbondo AKBP Dr. Andi Sinjaya, S.H., S.I.K., M.H.  mengatakan momen peringatan Hari Lahir Pancasila menambah semangat baru yang akan menginternalisasikan nilai-nilai Pancasila ke pelosok negeri dan penjuru tanah air, sehingga mampu menginspirasi masyarakat terutama kaum muda untuk bergotong royong dan mengedepankan persatuan dalam pembumian Pancasila yang berkontribusi terhadap peradaban dunia.

“ Pancasila adalah dasar negara dan menjadi dasar kehidupan sehari-hari. nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila itu harus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, termasuk kehidupan berbangsa, dan bernegara. Sehingga bisa menghargai antar sesama meski ada perbedaan “ tutur AKBP Dr. Andi Sinjaya, S.H., S.I.K., M.H. 

Pelaksanaan upacara peringatan Hari Lahir Pancasila 2022 tema “Bangkit Bersama Membangun Peradaban Dunia” juga diikuti secara virtual dengan oleh Perwira Staf dan Kapolsek Jajaran di ruang vidcon Polres Situbondo.

error: