HPN 2023, Pewarta Purworejo Adakan Baksos dan Tebar Benih Ikan

HPN 2023, Pewarta Purworejo Adakan Baksos dan Tebar Benih Ikan

 

PURWOREJO,- Dalam era globlalisasi dan industri 4.0, wartawan di Kabupaten Purworejo diharapkan bisa menyesuaikan diri dengan dinamisasi yang ada. Yakni dengan meningkatkan kompetensi agar insan pers di Purworejo benar-benar profesional, jadi sumber informasi yang terpercaya untuk disampaikan kepada masyarakat.

Wartawan memiliki peran menyaring informasi yang disebarluaskan oleh masyarakat. Mereka pun memiliki tanggung jawab untuk menyajikan berita yang valid dan benar agar tidak menambah resah masyarakat.

Hal tersebut disampaikan Kadin Kominfostasandi Kabupaten Purworejo Yudhi Agung Prihatno, SSTP, MM mewakili Bupati Purworejo saat menghadiri acara tebar benih ikan di Desa Kaliwatubumi, Kecamatah Butuh pada Jumat (3/2/2023).

Acara tersebut merupakan kegiatan pembuka kegiatan Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2023 yang diadakan Pewarta Purworejo.

Selain Kadin Kominfostasandi dalam acara yang diadakan di balai desa itu juga dihadiri Kadin Lingkungan Hidup dan Perikanan (LHP) Wiyoto Harjono, ST MT, Kepala Desa Kaliwatubumi Sujatmiko beserta perangkatnya, Koramil dan Polsek Butuh, perwakilan Bank Jateng Kanca Purworejo, Ketua Pewarta Purworejo Jarot Sarwosambodo serta anggota Pewarta lainnya.

Yudhi memaparkan rangkaian kegiatan Hari Jadi ke-192 Purworejo yang bertujuan selain untuk branding juga diharapkan dapat meningkatkan ekonomi masyarakat. “Sebab di mana ada kerumunan orang banyak, di situ pasti ada kegiatan jual beli yang melibatkan banyak pelaku UMKM,” jelas Yudhi.

Selain mengapresiasi kegiatan yang dilakukan, kepada wartawan yang tergabung dalam Pewarta Purworejo Yudhi pun berpesan agar menyajikan berita yang menyejukkan. Menurutnya good news is good news sehingga jangan alergi dengan informasi yang bernilai positif.

“Monggo teman-teman wartawan agar memberitakan tentang Purworejo. Kalau ada yang masih kurang dilengkapi,” pesannya. Acara tebar benih ikan kemudian dilakukan di Sungai Dlangu yang berada di Desa Kaliwatubumi, oleh Kadin Kominfostasandi, Kadin LHP, Ketua Pewarta Jarot, kades serta para pewarta.

Kades Sujatmiko pun menyambut gembira kegiatan tebaf benih ikan yang dilakuan di desanya, mengingat Sungai Dlangu sering dijadikan area memancing tidak hanya bagi warga sekitar tapi juga dari desa lainnya. Itulah sebabnya dirinya berencana mengadakan lomba mancing pada bulan Agustus mendatang.

Baca Juga :  Jaksa Agung Akan Rotasi Sejumlah Jabatan Kepala Kejaksaan Tinggi

“Ini merupakan wujud nyata dari temen- temen pers, ada kepedulian ke bawah. Bibit ikan dan beras telah kami terima, dan sekali lagi kami sampaikan terimakasih,” katanya.

Kadin LHP pun juga menyambut baik salah satu rangkaian kegiatan Hari Pers Nasional berupa tebar benih ikan. Menurutnya ikan di alam bebas semakin lama semakin surut (berkurang). “Inisiasi dari temen-temen pers ini bisa menjadi salah satu upaya kita untuk menjaga kelestarian alam kita. Ikan-ikan ini pun bisa dipanen dan bisa meningkatkan perekonomian di masyarakat,” harapnya.

Terkait kegiatan HPN yang diadakan Pewarta Purworejo ketua panitia Yudia Setiandini melaporkan, ada lima agenda yang dilakukan. Pertama baksos yang diadakan pada hari Jumat (3/2/2023) berupa tebar benih dua ribu ikan di Desa Kaliwatubumi Butuh, pembagian beras di sekitar Balai Wartawan Purworejo serta pembagian sembako di Panti Asuhan Yatim dan Duafa Muhammadiyah Kaligesing serta warga di Kecamatan Loano.

Berikutnya pada Sabtu (4/2) berupa pertandingan persahabatan antara Pewarta dengan Bank Jateng, Bank BNI, PDAM Tirta Perwitasari Purworejo, Polres dan Dinkominfostasandi Purworejo.

Kegiatan ketiga berupa turnamen tenis meja untuk umum di lapangan indoor Desa Golok Kecamatan Banyuurip pada Minggu (5/2/2023). Juga anjangsana dan ziarah ke makam rekan-rekan yang telah mendahului pada Selasa (7/2/2023). Puncaknya berupa resepsi HPN tahun 2023 yang dilaksanakan Kamis (9/2/2023) di Pendopo Hotel Ganesha. Yudia berharap kegiatan peringatan HPN 2023 yang diadakan oleh Pewarta Purworejo dapat dirasakan manfaatnya tidak hanya bagi wartawan saja tetapi juga oleh masyarakat di wilayah Kabupaten Purworejo. (Alx)

error: