Dilaunching, Perpanjangan Rute Bus Trans Jateng di Kendal

Dilaunching, Perpanjangan Rute Bus Trans Jateng di Kendal
Wabup Kendal Windu Suko Basuki beri keterangan pers

KENDAL – Pemkab Kendal melaunching Perpanjangan Rute Bus Trans Jateng atau Bus Rapid Transit (BRT) di wilayah Kabupaten Kendal, di halte Ruang Terbuka Hijau (RTH) Kecamatan Weleri, Kabupaten Kendal, Senin (22/8/2022).

Acara dihadiri oleh Wakil Bupati Kendal, H. Windu Suko Basuki, S.H., Kepala Bidang Angkutan Jalan Dishub Provinsi Jawa Tengah, Heri Bertus, Forkopimda Kendal, Kepala Dinas Perhubungan Kendal, Mohammad Eko beserta para Kepala OPD Kendal terkait, Kasatlantas Kendal, AKP. Rizky Widyo Pratomo, Pimpinan BUMD dan BUMN, serta para siswa dan SMA Negeri 1 Weleri.

Dalam laporannya, Kepala Dishub Kendal, Muhammad Eko menyampaikan, sejak diresmikan pada tanggal 28 Oktober 2019 Bus Trans Jateng Koridor Semarang – Terminal Bahurekso Kendal mendapat apresiasi yang baik masyarakat Kendal, sehingga pada tahun ini diperpanjang rutenya hingga RTH Weleri.

“Dalam mendukung rute sampai ke RTH Weleri, telah disediakan 5 halte, yaitu 2 halte di Puskesmas Rowosari II, yang saat dalam proses pembangunan bersumber dari APBD Kabupaten Kendal, dan 2 halte di Pegadaian Weleri, bersumber 1 dari CSR Bank Jateng dan 1 dari CSR Gabungan Perusda Kendal. Kemudian 1 halte di RTH Weleri dari CSR BNI Cabang Kendal,” terang Muhammad Eko.

Dilaunching, Perpanjangan Rute Bus Trans Jateng di Kendal

Kepala Dishub Kendal juga menerangkan, jumlah BRT Trans Jateng Semarang-Kendal yang beroperasi ada 14 unit bus yang akan melayani rute dari Terminal Bahurekso Kendal menuju Terminal Mangkang, dan ada 6 unit bus untuk melayani penumpang dari Terminal Bahurekso menuju RTH Weleri.

Sementara itu, Wakil Bupati Kendal, H. Windu Suko Basuki saat menyampaikan sambutan Bupati Kendal, H. Dico M. Ganinduto, B.Sc mengatakan sangat merasa bangga sejak diresmikan pada Bus Trans Jateng Koridor Semarang – Terminal Bahurekso Kendal mendapat apresiasi yang baik masyarakat Kendal, sehingga pada hari ini Pemerintah Kabupaten Kendal dapat menambah rute Bus Trans Jateng di wilayah Kabupaten Kendal.

“Manfaat dari perpanjangan rute ini untuk menggerakan roda perekonomian dan kelancaran lalu lintas di Kecamatan Weleri dan sekitarnya. Selain perpanjangan rute ini, Bus Trans Jateng selama ini melayani sampai Kawasan Industri Kendal pada pagi dan sore hari,” ujar Wabup

Ia juga mengatakan, bahwa minat masyarakat terhadap moda transportasi umum yang aman dan nyaman serta berbiaya yang murah sangat diinginkan. Hal itu akan menjadi salah satu trigger terhadap daya beli masyarakat atas penghematan biaya transportasi yang dikeluarkan.

Baca Juga :  Kementerian ATR/BPN dan DPR RI dorong Kades di Banyuwangi Maksimalkan Program PTSL

Maka, nantinya akan mampu mengurangi kemacetan dan tingkat kecelakaan di jalan akibat penggunaan kendaraan pribadi, serta akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, dan dapat juga berimbas pada peningkatan pendapatan daerah.

Menurut Wakil Bupati Kendal, untuk biaya naik BRT Trans Jateng ini sangat terjangkau atau dibilang murah, yaitu Rp2.000 untuk pelajar dan pekerja atau buruh, dan hanya Rp4.000 untuk masyarakat umum.

“Komitmen kita bersama adalah mendorong masyarakat untuk menggunakan angkutan umum, agar dapat mengurangi kemacetan dan tingkat kecelakaan di jalan akibat penggunaan kendaraan pribadi,” tambah Wakil Bupati Kendal.

Wabup juga mengajak masyarakat Kendal, untuk naik bus umum demi keselamatan bersama, dan BRT pasti ontime, bus-nya bersih dan berintegritas.

“Terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan semua pihak, yang sudah menghadirkan Bus Trans Jateng di Kabupaten Kendal dan mendukung penambahan rutenya. Mudah-mudahan ini dapat memenuhi kebutuhan transportasi masyarakat Kendal, dalam mengurangi kemacetan dan penggunaan kendaraan pribadi di jalan,” tutup Wabup Kendal mengakhiri sambutan Bupati Kendal.

Kepala Bidang Angkutan Jalan Dishub Provinsi Jawa Tengah, Heri Bertus sangat mengapresiasi apa yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Kendal dengan menambah rute Bus Trans Jateng ini.

Pihaknya juga sangat mendukung dengan terobosan penambahan rute, sebagai lanjutan program Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah terkait pengembangan angkutan masal dengan biaya terjangkau di wilayah Kabupaten Kendal karena telah mendapatkan respon positif dari masyarakat, sehingga saat ini diperpanjang rutenya hingga ke RTH Weleri.

Dalam acara itu, Wakil Bupati Kendal melepas keberangkatan Bus Trans Jateng dari halte Terminal Bahurekso menuju ke halte RTH Weleri, sekaligus ikut masuk ke dalam Bus untuk mencoba rute baru. Selanjutnya setelah sampai di RTH Weleri, Wabup Kendal meresmikan halte yang ditandai dengan pemotongan pita.

Sementara itu dari Satlantas Polres Kendal dalam launching tersebut, juga ikut serta memberikan pengamanan dengan melakukan pengawalan mulai jalannya Bus Trans Jateng dari Terminal Bahurekso hingga ke lokasi peresmian di RTH Weleri.   (Pedro)

error: