4 Ide Bisnis Menjelang Lebaran, Ada yang Potensi Cuan Hingga 25 Ribu!

Ide bisnis menjelang lebaran

Tak terasa, bulan Ramadan tahun 2023 ini berjalan begitu cepat dan kini sudah mendekati 10 hari terakhir. Maka itu tandanya, sebentar lagi lebaran atau Idul Fitri momen kemenangan umat Islam siap dimulai.

Ada yang mulai mempersiapkan, mulai dari fisik, fashion, ilmu, dan masih banyak lagi lainnya. Ada juga yang masih memikirkan ide bisnis atau jualan untuk memperoleh cuan tambahan sebelum lebaran nantinya.

Ada begitu banyak ide bisnis maupun ide jualan yang sebenarnya mudah untuk dilakukan dan bisa dimulai dengan modal yang dikatakan cukup minim.

Lantas, apa saja ide bisnis menjelang lebaran yang bisa dijadikan sebagai cuan tambahan? Berikut ini beberapa rekomendasi mudah dan gampang untuk dilakukan.

1. Paket Lebaran / Hampers

Hampers lebaran

Hampers Lebaran menjadi salah satu paket atau keranjang berisi berbagai produk atau barang yang disusun secara menarik dan biasanya nanti akan diberikan sebagai kado, hadiah atau kenang-kenangan menjelang Hari Raya Lebaran.

Hampers Lebaran sendiri biasanya berisikan makanan, minuman, kue-kue, baju, aksesoris, atau bahkan produk-produk lain yang memang relevan dengan tema Lebaran atau bisa digunakan selama perayaan Lebaran berlangsung.

Modal: 1 paketnya berkisar antara Rp 50.000,- sampai Rp 250.000,-

Keuntungan: 1 paketnya mampu memberi untung minimal Rp 15.000,-

Isian paket lebaran: Sirup, kue, roti, kartu ucapan, cokelat, dan lainnya.

Potensi untung: Sangat untung. Namun, harus tetap diberikan inovasi dengan hampers lebaran yang menarik dan ciamik sebagai pembeda alias unique selling point.

2. Baju Lebaran

Baju lebaran

Baju lebaran menjadi salah satu tradisi yang paling umum bagi masyarakat Indonesia untuk mempersiapkan baju atau pakaian sebaik mungkin nantinya saat lebaran tiba. Baik itu anak-anak, remaja, dewasa, hingga lansia menginginkan baju lebaran baru.

Baca Juga :  Kemensos Kembali Cairkan 3 Bansos untuk KPM di Cianjur

Baju lebaran bukan hanya atasan saja, melainkan juga bisa bawahan, kopiah, kerudung alias jilbab, sandal, sepatu, dan masih banyak lagi aksesoris lebaran lainnya yang sangat dicari dan diminati.

Modal: 1 pakaian berkisar antara Rp 50.000,- sampai Rp 200.000,-

Keuntungan: 1 paketnya mampu memberi untung minimal Rp 10.000,-

Aneka baju lebaran yang dapat dijual: Baju, celana, sepatu, sandal, jilbab, mukena, kopiah, jam tangan, dan lainnya.

Potensi untung: Sangat untung. Karena orang-orang ingin tampil terbaik dan beda, maka jangan jual produk fashion yang mirip atau pasaran. Cari yang unik.

Baca juga: 7 Macam Parcel Lebaran Unik, Yang Paling Banyak Diburu Konsumen

3. Oleh-oleh Khas Daerah

Oleh-oleh khas daerah

Ide bisnis menjelang lebaran selain fashion, salah satu yang unik dan masih minim kompetitor ialah oleh-oleh khas daerah. Padahal, untuk persiapan mudik nanti, setidaknya perlu membawa oleh-oleh alias buah tangan yang dapat dibagikan kepada orang tua, saudara, tetangga, dan banyak lagi untuk menjalin tali silaturahmi.

Tidak perlu ribet untuk mencari oleh-oleh khas daerah. Jika memang tidak bisa membuat sendiri, bisa menjadi reseller dengan mengambil stok dari toko maupun gudang untuk dijualkan kembali. Sehingga, nanti skema yang dapat digunakan ialah reseller maupun dropshipper.

Modal: 1 oleh-oleh berkisar antara Rp 15.000,- sampai Rp 75.000,-

Keuntungan: 1 oleh-oleh mampu memberi untung minimal Rp 5.000,-

Aneka oleh-oleh khas daerah yang dapat dijual: Oleh-oleh khas Banyumas seperti Getuk Goreng Sokaraja, oleh-oleh khas Semarang seperti lumpia, oleh-oleh khas Yogyakarta seperti gudeg, dan masih banyak lainnya disesuaikan dengan keunikan dan citra masing-masing daerah.

Potensi untung: Untung. Tetapi, sangat cocok dibawa sebagai buah tangan, daripada nantinya tidak membawa apa-apa. Apalagi, jika tersedia dalam frozen food maupun kemasan yang memudahkan untuk dibawa.

Baca Juga :  Bansos PKH Tahap 4 Cair Desember, Simak Caranya disini :

4. Produk untuk Grooming

Grooming

Ide bisnis menjelang lebaran yang terakhir yang juga bisa dikatakan minim kompetitor atau saingan ialah menjual paket ataupun produk kebutuhan kecantikan ataupun grooming. Banyak orang yang berlomba-lomba ingin tampil semaksimal mungkin di hari raya Lebaran nanti.

Jangan memilih produk kecantikan yang sudah banyak pesaing atau pemain. Beberapa produk yang dapat dicoba seperti sisir, parfum, minyak rambut, aksesoris, gelang, kalung, kaos kaki, dan masih banyak lainnya yang memang banyak dibutuhkan untuk lebaran nanti.

Modal: 1 produk grooming berkisar antara Rp 5.000,- sampai Rp 150.000,-

Keuntungan: 1 produk grooming mampu memberi untung minimal Rp 5.000,-

Aneka produk grooming yang dapat dijual: Parfum, sisir, minyak rambut, handuk, skin care, body care, lip balm, lipstick, face wash, dan masih banyak lagi lainnya.

Potensi untung: Sangat untung. Apalagi beberapa produk style untuk membantu mempermudah grooming, seperti body care, skin care, parfum, dan banyak lagi lainnya pasti akan sangat laku keras di pasaran.

Baca juga: 5 Tahap Melaksanakan Bisnis Kue Kering Jelang Lebaran, Pasti Cuan!

Akhir Kata

Sudah tahu apa saja ide bisnis menjelang lebaran yang bisa memaksimalkan potensi cuan dan bisa dijadikan sebagai uang tambahan untuk mudik nantinya?

Jangan sia-siakan momen ini, karena beberapa perusahaan maupun pekerja juga telah memperoleh Tunjangan Hari Raya (THR). Sehingga, banyak dari mereka yang mencoba membelanjakan uang tersebut untuk bisa bersama-sama bahagia dengan orang tua dan orang tersayang.

Tetap optimis dengan ide bisnis atau ide jualan yang ada. Karena nantinya, bisa diteruskan juga sebagai salah satu passive income yang lumayan dan menarik.

You May Also Like

About the Author: Falcon-13