Bayi Baru Lahir Ditemukan di Rumah Warga Salatiga

SALATIGA

SALATIGA – Sesosok bayi berjenis kelamin laki-laki ditemukan warga di Prampelan RT 4 RW VI, Kelurahan Blontongan, Kacamatan Sidorejo, Kota Salatiga, Jawa Tengah. Penemuan bayi montok berkulit bersih itu, sontak menggegerkan warga setempat, Selasa (9/8/2022).

Saat kali pertama ditemukan, kondisi bayi sehat, dengan tali pusar masih menempel. Bayi mungil itu juga terlihat tidak rewel itu. Warga setempat pun langsung melaporkan ke Polsek Sidorejo, Polres Salatiga.

Hingga Rabu (10/8) bayi diamankan di RSUD Salatiga, setelah sebelumnya Polsek Sidorejo melakukan koordinasi dengan tim medis puskesmas setempat untuk memeriksa kesehatan tubuh bayi tersebut.

Kapolres Salatiga AKBP Indra Mardiana melalui Kapolsek Sidorejo Iptu Tri Widaryanto membenarkan perihal penemuan bayi di kawasan wilayah hukum kerjanya.

“Iya benar, hari Selasa sekitar jam 22.00 WIB tanggal 9 Agustus itu kami mendapatkan laporan dari warga masyarakat warga Prampelan, RT 4 RW 6, Kelurahan Blotongan itu telepon ke kami. Bahwa Pak Polisi ada anak bayi yang ditinggal di depan rumah orang,” kata dia

Dia menjelaskan, bahwa saat itu pintu rumah warga yang ditemukan bayi dalam keadaan tertutup. Kemudian karena pemilik rumah mendengar suara tangis bayi dan seluruh anggota keluarga kemudian keluar.

Saat dicek keluar rumah, ternyata tepat di teras rumahnya Komari terdapat bungkusan kain baju.

“Bayi saat diletakan di teras tidak dalam kotak tapi ditaruh di kursi saja. Kemudian kepolisian langsung bersama-sama dengan tim Reskrim kita datangi TKP,” sebutnya

Sesuai prosedur, anggota Polsek Sidorejo mengamankan tempat kejadian penemuan bayi. Kemudian mengintrogasi saksi-saksi melihat pertama kali termasuk yang menemukan. Petugas kemudian memastikan, tidak ada tanda-tanda luka atau goresan.

“Kemudian setelah kita cek kondisinya kelaminnya serta tidak ada tanda-tanda luka goresan. Diperkirakan bagi baru dilahirkan diperkirakan sudah 3-4 hari, karena kondisi mata belum terbuka tapi sudah mengering. Selanjutnya, bayi dibawa ke RSUD Salatiga untuk menjalankan pemeriksaan cek kondisi,” imbuhnya.

Baca Juga :  Respon dari Keresahan Masyarakat, Polres Situbondo Amankan Puluhan Sepeda Motor Balap Liar

Saat di RSUD Salatiga, pemeriksaan kembali dilakukan. Diantaranya mengukur panjang badan, berat, lingkar panjang lengan dan lingkar lengan.

“Diketahui, panjang bayi 48 cm, berat badan sekitar 3,3 kg, lingkar kepala sekitar 33,5 cm, untuk lingkar dada 35 cm, lingkar lengan12 cm. Setelah semja data diperoleh kami melaporkan ke pimpinan,” pungkas mantan Kasat Rekrim Salatiga itu. (dnj)

 

error: