52 Tim Ikuti Lomba Balon Udara Tradisional Wonosobo

 

WONOSOBO – Dalam rangka memperingati Hari Jadi Kabupaten Wonosobo ke 197 bertempat di Taman Edukasi Wonoland Andongsili Mojotengah. Tidak kurang dari 52 tim mengikuti Lomba Balon Udara Tradisional yang digelar Pemda Wonosobo, Minggu (14/8/2022)

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Wonosobo Agus Wibowo menyampaikan kegiatan tersebut untuk memeriahkan peringatan hari jadi Kabupaten Wonosobo. Selain itu sebagai ajang menyalurkan hobi menerbangkan balon udara tradisional yang aman dan menguntungkan karena balon tidak hilang, dan jika beruntung bisa memperoleh hadiah.

Sejak jaman dahulu kala balon udara tradisional sudah menjadi tradisi di Wonosobo. Masyarakat saat-saat tertentu akan menerbangkan balon tradisional sebagai bentuk rasa syukur. Biasanya masyarakat menerbangkan seperti pada Hari Raya Idul Fitri dan saat ada peringatan desa lainnya.
.
“Karena saat ini di atas kota Wonosobo dan sekitarnya menjadi lalu lintas pesawat terbang. Hal ini membahayakan balon itu diterbangkan secara bebas. Untuk itu Pemda melalui Dinas Pariwisata membuat kegiatan ini untuk menyalurkan tradisi tersebut,” ujar Agus Wibowo.

Dandim 0707/Wonosobo Letkol Inf Rahmat saat menyerahkan hadiah menyampaikan selamat kepada para pemenang semoga dengan mengikuti lomba ini bisa menciptakan balon lagi dimasa yang akan datang lebih indah lagi. Kepada para peserta yang saat ini belum menang jangan kecil hati, sebab perlombaan balon udara tradisional akan lebih sering lagi diselenggarakan.

“Lomba balon ini merupakan ajang silaturahmi bagi penggemar, pembuat dan masyarakat pecinta balon. Disini kita semua bisa belajar bagaimana bisa membuat balon yang indah dan mudah diterbangkan. Dan juga lomba balon ini sudah menjadi icon Wonosobo. Untuk itu Kodim 0707/Wonosobo sangat mendukung terselenggaranya event ini,” pungkasnya.

You May Also Like

About the Author: Falcon-13