Ratusan Warung di Pantai Suwuk Kebumen Rusak Tersapu Gelombang Tinggi

KEBUMEN –¬†Warga masyarakat yang berencana akan rekreasi ke objek wisata Pantai Suwuk, Kecamatan Puring, Kabupaten Kebumen diimbau untuk waspada menyusul terjadinya gelombang tinggi.

Dijelaskan Kapolres Kebumen AKBP Burhanuddin melalui Kasubsi Penmas Aiptu S Catur Nugraha, gelombang tinggi terjadi sekitar pukul 08.56 WIB dan menyebabkan ratusan warung yang ada dibibir pantai hancur tersapu air laut, Selasa (30/8).

“Polsek Puring bersama Fokopimcam Puring sudah meninjau lokasi. Informasi yang kami peroleh tidak ada korban jiwa, namun warung yang ada di bibir pantai rusak tersapu gelombang pasang,” jelas Aiptu Catur.

Menurut keterangan saksi, gelombang tinggi terjadi begitu cepat. Saat kejadian sejumlah warung buka seperti biasa tanpa merasa ada firasat buruk.

Setelah ombak datang dan menghancurkan warung, para pemilik warung dan warga yang saat itu di pinggir pantai berhamburan menyelamatkan diri.

Selanjutnya setelah ombak agak landai, para pemilik warung bergegas menyelamatkan barang dagangan yang masih bisa diamankan.

Polsek Puring bersama Fokopimcam Puring bergerak cepat meninjau lokasi sesaat setelah kejadian dan mengimbau warga agar menjauh dari bibir pantai.

“Kita patroli mengimbau warga agar tidak terlalu dekat dengan laut. Karena bisa saja ada ombak tinggi susulan,” kata Kapolsek Puring Iptu Suwarto.

Dikutip dari laman BMKG Cilacap, perairan laut selatan Kebumen berpotensi terjadi gelombang tinggi antara 4 sampai 6 meter pada hari ini, dari pukul 07.00 WIB sampai dengan Pukul 19.00 WIB.

Akibat peristiwa tersebut, kerugiaan yang ditaksir mencapai Rp 200 juta lebih. (trs)

You May Also Like

About the Author: Falcon-13