Kapolres Nganjuk Gercep Penanganan ODGJ di Nggronggot

ODGJ

NGANJUK – Penjemputan terhadap Orang Dalam Gangguan Kejiwaan (ODGJ) di Desa/Kecamatan Ngronggot, kabupaten Nganjuk, Jawa Timur yang di lakukan Kepolisian Resor (Polres) Nganjuk pada hari Rabu pagi (21/09/2022).

Kapolres Nganjuk, AKBP Boy Jeckson, S.H,. S.I.K., M.H yang didampingi Kanit Binpolmas Polres Lamongan, Aipda Purnomo terjun langsung ke lokasi untuk menjemput Warga ODGJ yang ada di Desa/Kecamatan Ngronggot.

Menurut Kapolres Nganjuk, penjemputan ODGJ ini, merupakan respon gerak cepat Polres Nganjuk dalam melakukan penanganan ODGJ. “Ini adalah hasil dari koordinasi dengan pemerintah setempat.Setelah mendapat laporan adanya ODGJ ini,kami langsung bergerak cepat,” kata AKBP Boy.

ODGJ ini akan dirujuk ke Yayasan Rumah Singgah Berkas Kasih Lamongan milik Aipda Purnomo tambah AKBP Boy.

“Ibu Sumiatun (57) warga ODGJ akan dirawat di Yayasan milik Aipda Purnomo di Kabupaten Lamongan,” tuturnya.

Lebih lanjut, AKBP Boy menyebutkan bahwa tindakannya ini merupakan bagian dari program Khusus Polres Nganjuk”Kebaikan Bergilir”Dengan harapan kepada Pemerintah Desa dan Kelurahan agar intens dalam melakukan komunikasi ke kami jika ada warga ODGJ di wilayahnya,jelasnya.

Kapolres Nganjuk Gercep Penanganan ODGJ di Nggronggot

Dalam kesempatan ini Eks Kasat Narkoba Polrestabes Medan ini juga mengajak kepada seluruhnya untuk bersama-sama membantu masyarakat yang membutuhkan pertolongan.

“Saya mengajak kepada seluruhnya,jika kita mempunyai kemampuan, jika kita memiliki otoritas,jika kita memiliki kelebihan,marilah kita membantu masyarakat kita,” tutur AKBP Boy Jeckson.

Selain itu pengakuan keluarga soal menyoal gangguan kejiwaan yang dialami Ibu Sumiatun ini, sudah mengalami gangguan kejiwaan selama 25 tahun.Ibu Sumiatun juga dikabarkan hidup disebelah kandang kambing dengan tangan gelang rantai.

Jika tidak dirantai takutnya mengambil barang milik orang lain.Dan kadangkala juga sering melempari orang yang sedang lewat dengan barang yang ada di sekitarnya,jelas Suprihatin adik kandung ibu Sumiatun.

Baca Juga :  Respon Keluhan Masyarakat, Polisi Tertibkan Parkir Kendaraan di Jalan A. Yani Situbondo

Dengan adanya kepedulian dari pihak Polres Nganjuk, Pemerintah Kabupaten,dan Aipda Purnomo terhadap kondisi kakak kandungnya, Suprihatin menyampaikan apresiasi dan mengucapakan terima kasih,Ia juga menyampaikan bahwa ternyata masih banyak polisi yang baik dan peduli terhadap masyarakat.

“Terima kasih atas kepedulian dari semuanya.Saya bersaksi masih banyak polisi baik di sekeliling kita.Semoga dengan adanya penanganan dan perawatan terhadap kakak saya,bisa segera sembuh dan dapat beraktivitas seperti masyarakat lainnya, Ujarnya.

Untuk di ketahui, selain mendatangi kediaman Ibu Sumiatun, Kapolres Nganjuk bersama Kasat Lantas Polres Nganjuk, Pengasuh ODGJ Aipda Purnomo,Polsek Ngronggot,dan Pemerintah Desa Ngronggot juga mengunjungi salah satu warga ODGJ lainnya yang kebetulan lokasinya berdekatan dengan rumah Ibu Sumiatun.

Dalam kegiatan ini AKBP Boy Jeckson juga turut serta memotong langsung rambut panjang warga ODGJ serta tim medis juga turut memeriksa kesehatannya dan diberi pakaian baru yang bertuliskan “Boloku Om Polisi”. (Iik)

error: