Lakukan Langkah Ini jika Ponselmu Terendam Air
Ilustrasi

Lakukan Langkah Ini jika Ponselmu Terendam Air

Diposting pada

Ponselmu Terendam Air?, Saat membawa ponsel harus hati-hati, jangan sampai jatuh dan terendam air. Namun jika ponselmu terjatuh dan terendam air, jangan panik. Berikut ini solusinya.

1. Jangan langsung nyalakan

Ambil ponsel Anda dengan hati-hati dari air. Kemudian jangan langsung menyalakan ponsel. Hal pertama yang harus dilakukan adalah mematikan ponsel Anda. Hal tersebut untuk menghindai korsleting.

2. Keluarkan kartu SIM, kartu memori, dan baterai

Usai mematikan ponsel, keluarkan kartu SIM, kartu memori, dan baterai. Bila Anda mengetahui cara melepas ponsel, akan lebih baik bila Anda melepas komponen lain pada ponsel. Hal tersebut untuk menghindari air yang masuk semakin lama berkubang pada bagian dalam ponsel.

3. Keringkan ponsel

Selesai mengeluarkan beberapa komponen ponsel. Anda harus mengeringkannya. Cobalah untuk menggunakan tisu atau kain kering untuk mengeringkan satu per satu komponen. Tidak hanya itu, Anda juga bisa menaruh ponsel pada bahan yang menyerap air, seperti misalnya beras. Beras mampu menyerap air pada ponsel hingga benar-benar kering.

4. Jangan langsung dinyalakan

Anda perlu untuk mengeringkan ponsel setidaknya dalam waktu 3 hari. Dalam kurun waktu tersebut, Anda tidak dianjurkan untuk langsung menyalakan ponsel. Tunggu hingga ponsel siap untuk digunakan.