Penemuan Prasasti Bersejarah Jaman Kerajaan di Banyuwangi

Banyuwangi, detiknusantaraNET – Geger Desa Tegalwudi, kecamatan Songgon, Banyuwangi, Dengan di temukan prasasti Peninggalan Berejarah ini banyak dugaan di tempat inilah dulunya Para Punggawa tinggal dan menetap di sini, Senin (20/12/2021).

Menurut keterangan Pak Kades setempat, dimasa jaya Kala itu Kerajaan Blambangan Dua di bawah kepemimpinan (SEKAR ARUM) yang mempunyai Dua (2) Panglima hebat yang di juluki (SEGELAR SEPAPAH) Keduanya Punya Tugas Penting di dalam Kerajaan adapun ‘SEGELAR’ yang biasa kita kenal Dengan sebutan: Gajah Putih

Dan yang SEPAPAH adalah ‘SINGO NALA’ Mereka adalah Panglima Sakti kerajaan Blambangan di masa itu”, ujar Pak kades.

“Di gali dari sesepuh Warga Tegalwudi, serta ilmuwan yang ada di sana, peninggalan tersebut di yakini Adalah Sosok Gajah Putih Dari Salah Satu Panglima Sakti, dan pak Kades juga meyakini sejarah tersebut.

Ilmuwan beserta warga setempat saat berada di lokasi penemuan prasasti

Menurut legenda, kedua Panglima hebat itu akan di tuggaskan Ke MAJAPAHIT oleh Sri ratu (SEKAR ARUM) guna membantu MAJAPAHIT untuk menyatukan NUSANTARA”, dan raja Majapahitpun Menjanjikan Kemakmuran Untuk Kerajaan Blambangan, karena iming-iming tersebut di berangkatkanlah Kedua Panglima itu.

“Di Majapahit Panglima Singo Nala mempunyai julukan (empu nala) Serta sangat menjadi Peran Penting, Beliau dikenal juga sebagai ‘Panglima laut’ Karna semasa Perjalananya Untuk menuju ke Majapahit tidak melewati darat.

Dan yang menjadi mesteri Hingga kini Siapakah Julukan gajah Putih di kerajaan Majapahit yang kini banyak meninggalkan Benda bersejarah.
(Har&Ronal)

You May Also Like

About the Author: Falcon-13