Waspadai Jual beli Antena Taffware Online, Begini Modusnya

Waspadai Jual beli Antena Taffware Online, Begini Modusnya
Antena Taffware Digital yang diduga dijadikan modus penipuan (Rudi Hartono/detiknusantara.net)

BANDUNG — Pemerintah resmi menghentikan siaran TV Analog dan bermigrasi ke siaran TV Digital dari tanggal 2 Desember 2022 di Wilayah Bandung Raya dan sekitar nya,ternyata dengan penghentian siaran analog ke digital tersebut, banyak di manfaatkan oknum-oknum produsen nakal untuk  mencari keuntungan sebanyak mungkin dari  masyarakat yang membutuhkan Informasi dari siaran Televisi melalui sarana media Online Facebook yang di bumbuhi Iklan dengan berbagai macam info Hoax tanpa Set Top Box( STB).

Seperti penuturan Warga Cibiru Wetan Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung berinisial “R”. Menurut R (38) Menyesalkan, tindakan Aksi penipuan Oknum para Produsen salah satu Jual Beli antena TV Taffware yang berlokasi di Kuningan  Jawa Barat yang menyatakan apabila Menggunakan Antena tersebut bisa menangkap siaran TV Digital bagi pengguna TV tabung,tapi jauh dari fakta dan iklan yang di buat Sama Produsen Produk ini.

“Jangankan bisa menyaksikan saran TV Digital ,satupun siaran televisi mggak dapat,”.ujar R dengan Nada kesal pada Detik Nusantara, Minggu(11/12/2022).

Lanjut dia, sebelum pembelian 0roduk Antena Taffware ini ditanya dulu ke penjual Online tersebut atas nama “Idah” ,apakah pakai Antena ini bisa di gunakan untuk TV Tabung dan Menangkap siaran TV Digital,jawab dia bisa Semua , makanya di coba beli di karenakan harga nya cukup terjangkau di banding produk STB yang harganya ratusan ribu.

Waspadai Jual beli Antena Taffware Online, Begini Modusnya

“Ketika barang sampai dirumah pada hari Jumat(9/12/2022) kemudian di test ke TV tabung ternyata tidak ada satupun siaran TV DIgital yang dapat,arti nya ini produk penipuan,” ucap R.

“Saya cuma berharap ke pihak terkait terutama aparat Hukum seperti Kepolisian agar dapat Menindak Produsen Oknum Nakal dan Mengusut Kasus seperti ini karena di duga banyak Masyarakat tertipu Produk ini dan masih Marak Iklan dan Promo-promo Produk seperti ini di Perjual belikan di Media Sosial ,jangan sampai banyak lagi Korban jiwa dari Warga dan Masyarakat menengah ke bawah yang tertipu Alih-alih Produk ANTENA DIGITAL harga terjangkau di karenakan belum bisa membeli produk STB justru di manfaatkan oleh Oknum-oknum Nakal seperti ini ,terutama Pengguna TV Tabung yang ada di Wilayah Bandung Raya dan sekitar nya.

Baca Juga :  Kapolres Bondowoso Turun Jalan Bagi-bagi Masker

Di tempat terpisah Ketua Perkumpulan Lembaga Perlindungan Konsumen(PLPK) Jawa Barat ,Iman Mahfudi Noor,SH.MH, Menyatakan akan Memantau tentang Permasalahan Aduan Konsumen seperti ini,jangan sampai kejadian ini di manfaatkan oleh Oknum tidak bertanggung jawab di tengah Masyarakat lagi membutuhkan Set Top Box(STB) malah di jadikan aksi penipuan oleh Oknum Pedagang Nakal,apa lagi ini kejadian di Wilayah Jawa Barat,nanti kita akan cek semua para pedagang jual beli Online di Mensos khusus nya Wilayah Jawa Barat yang menjual dan Mempromosikan Produk seperti ini,apakah benar Produk yang mereka jual itu bisa di gunakan untuk serba Televisi LED dan tabung yang sekarang di Era digital atau sebalik nya,” ujar Iman dalam Sambungan telpon,Minggu(11/12/2022).

“Apabila hal ini ada Indikasi aksi Penipuan dan sudah banyak aduan Masyarakat,tidak kecil kemungkinan hal tersebut kita akan tindak lanjuti ke Aparat Penegak Hukum untuk menindak lanjuti,tegasnya.

(Rudi Hartono)

error: