Viral Mobil Ertiga Terbakar di Tol

JAKARTA – Peristiwa mobil terbakar sering kali terjadi di jalan. Beragam faktor menjadi penyebab mobil terbakar, satu di antaranya korsleting seperti yang diduga menjadi penyebab terbakarnya Suzuki Ertiga di Tol Wiyoto Wiyono, Cipinang Cempedak, Jatinegara pada Senin lalu (29/11/2021).

Pihalk Pemadam Kebakaran Jakarta Timur menjelaskan, kebakaran disebabkan korsleting listrik pada mesin mobil.

Akibat peristiwa ini, sebanyak dua unit mobil pemadam beserta 10 personel dikerahkan. Dalam delapan menit, api berhasil dipadamkan.

Berkaca dari peristiwa ini, terdapat beberapa tanda-tanda mobil yang akan terbakar yang harus diketahui pengendara.

Dilansir dari Zing, nyala api seringkali tercetus di lokasi yang tak bisa terlihat, seperti di bawah kap mesin.

Untuk itu, sebaiknya pengendara memperhatikan beragam perubahan yang terjadi di kendaraan seperti penurunan cepat sisa bahan bakar, peningkatan suhu mesin, sistem knalpot dengan suara aneh atau ledakan, kabin berbau hangus, tercium bau karet atau plastik terbakar atau terlihat asap.

Apabila melihat atau merasakan tanda-tanda tersebut, pengendara sebaiknya berhenti. Pengendara harus bersikap tenang, karena keadaan panik akan menyulitkan penanganan. Jika berkendara di jalan tol, nyalakan lampu hazard dan tepikan mobil ke lajur darurat/bahu jalan. Matikan mesin segera setelah berhenti. Pengendara harus keluar dari mobil dengan cepat tanpa mencoba membawa barang bawaan atau barang besar. Jika ada orang lanjut usia, difabel, atau anak-anak di dalam mobil, bantu mereka keluar dari mobil. Setelah keluar, tutup semua pintu mobil untuk membatasi penyebaran api.

Artikel ini telah tayang di https://otomotif.okezone.com/
dengan judul “Viral Ertiga Terbakar di Tol, Ini Tanda-Tanda jika Terjadi Korsleting Listrik di Mobil : Okezone Otomotif”,
Klik untuk baca

You May Also Like

About the Author: Falcon-13