Tips Membikin Kartu Kredit, Cepat dan Pasti Disetujui

membikin kartu kredit

Saat mendiskusikan kartu kredit, salah satu pertanyaan yang paling banyak timbul merupakan bagaimana sistem membikin kartu kredit?

Ya, padahal kartu ini telah menjadi cara pembayaran yang lazim tapi riilnya masih banyak yang bertanya-tanya bagaimana sistem dan persyaratan untuk membikin kartu kredit.

Apakah kau termasuk salah satunya?

Seandainya iya, berikut hal yang wajib dipandang dikala kau berharap membikin kartu kredit.

Daftar Isi [Tutup]

Tujuan Membikin Kartu Kredit

Perlu dipahami bahwa kartu kredit adakalanya juga diibaratkan sebagai pisau bermata dua.

Maksudnya merupakan kartu ini dapat membawa akibat positif dan negatif secara beriringan.

Umpamanya merupakan membikin kartu ini dapat menjadi solusi dikala kau berharap memberi sesuatu yang bersifat mendadak tapi tak punya uang tunai yang dapat dipakai ketika itu.

Tapi, kartu kredit juga dapat membawa petaka bagi mereka yang bersifat impulsif dikala berbelanja, dan pada alhasil tagihan kartu kredit akan benar-benar tinggi.

Untuk itu, sebelum kau mengajukan aplikasi pembuatan kartu kredit pastikan dulu apa tujuan dari kepemilikan kartu kredit.

Kenali kultur berbelanja diri sendiri, apakah ketidakhadiran kartu ini akan menolong pengelolaan keuangan kau sebab lebih gampang dilacak atau bahkan akan membikin pengeluaran kau kian tak terkendali.

 

Pilihan Bank Penerbit Kartu Kredit

Tahukah kamu?

Indonesia memiliki banyak sekali Bank penerbit kartu kredit, lho!

Tidak hanya itu, setiap Bank juga menawarkan benefit yang beragam dari setiap jenis kartu yang ditawarkan.

Berikut ini adalah beberapa contoh Bank yang menawarkan beragam pilihan kartu kredit:

Bank BCA

Sebagai salah satu Bank terbesar di Indonesia, Bank BCA hadir dengan beragam jenis kartu yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan nasabah.

Beberapa keunggulan yang ditawarkan oleh Bank BCA diantaranya adalah jaringan kerja sama yang luas, suku bunga ringan, promo rutin yang menarik dan lain sebagainya.

Dari belasan pilihan kartu yang tersedia, BCA Mastercard Platinum dinilai menjadi salah satu kartu terbaik dan paling banyak digunakan oleh nasabah.

Keunggulan dari BCA Mastercard Platinum, diantaranya:

  • Jaringan kerja sama di berbagai merchant online dan offline seperti restoran, fashion, online travel dan marketplace, dan lain sebagainya.
  • Diskon 15% untuk Upsize di Starbucks
  • Fasilitas Cicilan BCA dengan bunga ringan
  • Diterima di seluruh jaringan MasterCard

Bank Mandiri

Bank Mandiri juga menawarkan banyak jenis kartu kredit, namun yang menjadikannya unik adalah Bank Mandiri membagi jenis kartu tersebut berdasarkan ketertarikan atau hobi dari para nasabahnya.

Ada 7 jenis kartu kredit yang dimiliki oleh Bank Mandiri yaitu Travel, Otomotif, Golf, Lifestyle, Hypermart, World Elite, dan Corporate.

Di setiap jenis kartu tersebut, Bank Mandiri membaginya lagi ke beberapa nama kartu yang berbeda.

Sebagai contoh, Bank Mandiri menghadirkan kartu Mandiri Signature, Mandiri Precious, Mandiri Traveloka dan Mandiri SKYZ yang tergabung dalam jenis kartu Travel.

 

Tujuan dibedakannya kartu ini berdasarkan ketertarikan nasabah adalah keuntungan dan merchant kerja sama yang disesuaikan dengan kebutuhan nasabah.

Untuk kartu travel, Bank Mandiri bekerja sama dengan berbagai perusahaan pendukung perjalanan seperti restoran di Bandara, Maskapai, Hotel dan lain sebagainya.

Bank BNI

Bank BNI juga menyediakan beragam pilihan jenis kartu yang sudah bekerja sama dengan jaringan dunia seperti Visa dan Mastercard.

Baca Juga :  Jualan Baju Online di Website, Berikut Ini Langkah Lengkapnya

Sama seperti Bank lainnya, Bank BNI juga memiliki kartu kredit yang ditujukan untuk perusahaan atau yang juga biasa dikenal dengan kartu kredit bisnis.

 

 

Syarat Pengajuan Kartu Kredit

Setiap Bank tentunya memiliki persyaratan yang berbeda-beda, namun berikut ini adalah persyaratan umum yang mungkin saja berlaku di semua Bank terkait dengan proses pengajuan kartu kredit, diantaranya:

  • Usia minimal 21 tahun
  • Pendapatan minimal 3 – 5 juta perbulan (tergantung Bank penerbit)
  • Melampirkan fotokopi bukti penghasilan
  • Melampirkan fotokopi KTP dan NPWP
  • Melampirkan fotokopi buku tabungan
  • Mengisi formulir pengajuan dengan benar dan lengkap
  • Menyertakan nomor sanak atau saudara untuk keperluan verifikasi
  • dan lain sebagainya

Tips Agar Disetujui

Meskipun sudah menjadi metode pembayaran yang umum, nyatanya proses pengajuan aplikasi untuk mendapatkan kartu kredit terkadang terbilang sulit untuk sebagian orang.

Untuk memperbesar kemungkinan pengajuan kamu disetujui, silakan ikuti langkah-langkah berikut:

Ajukan Sesuai Kebutuhan dan Kemampuan

Seperti yang telah dibahas semua bahwa tipe dan jenis dari kartu ini sangatlah banyak, untuk itu hal pertama yang kamu harus lakukan adalah memilih jenis kartu apa yang ingin kamu ajukan.

Perlu dipahami setiap kartu pastinya memiliki limit dan persyaratan yang berbeda, dan hal tersebut bisa kamu jadikan patokan sebagai alat pengukur apakah kartu jenis tersebut merupakan kartu yang pas untuk kamu.

Mengapa hal tersebut penting?

Hal ini dikarenakan pihak Bank akan melakukan validasi terhadap data pribadi termasuk angka pendapatan kamu untuk mengukur layak atau tidaknya kamu untuk memiliki kartu tersebut.

Sebagai contoh:

Kamu merupakan seorang karyawan dengan pendapatan Rp. 5 juta, pada proses pengajuan kamu mengajukan kartu dengan limit besar dan dengan persyaratan pendapatan minimal Rp.10 juta.

Jika seperti ini sudah besar sekali kemungkinan aplikasi kamu akan disetujui.

Lengkapi Seluruh Dokumen Yang Dibutuhkan

Langkah selanjutnya adalah memastikan seluruh dokumen yang dibutuhkan telah kamu miliki.

Baca dengan seksama seluruh persyaratan yang ada di formulir pengajuan, seperti dokumen apa saja yang harus dilampirkan dan persyaratan apa saja yang harus dipenuhi.

Meskipun terkesan sederhana, tapi terkadang ada dokumen-dokumen yang membutuhkan waktu sedikit lebih lama untuk dipersiapkan, misalnya slip gaji.

Jadi pastikan untuk menyiapkan segala sesuatunya terlebih dahulu sebelum mengisi formulir.

Pastikan Status BI Checking Aman

Tidak jarang pengajuan aplikasi ditolak karena status BI Checking tidak begitu bagus.

Ya, perlu dipahami bahwa setiap perusahaan penyedia jasa keuangan pasti memiliki sistem  yang terintegrasi antara satu dan lainnya.

Oleh karena itu, pastikan bahwa sebelumnya kamu tidak memiliki catatan performa buruk di Bank, Lembaga Keuangan dan lain sebagainya.

Untuk memastikannya, kamu bisa melakukan pengecekan status SLIK kamu secara online di sini.

Itulah beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum mengajukan kartu kredit.

Perhatikan dan ikuti langkah-langkahnya agar pengajuan kamu disetujui.

Namun, ingatlah untuk selalu menggunakan kartu kredit dengan bijak dan tidak impulsif.

Karena daripada berbelanja berlebihan ada baiknya kamu investasikan dana tersebut

error: