The Sunrise of Java, Pantai Wisata Gumuk Kantong Banyuwangi

The Sunrise of Java, Pantai Wisata Gumuk Kantong Banyuwangi
Pantai Wisata Gumuk Kantong

Banyuwangi, detiknusantaraNET – Dalam satu dekade terakhir di dunia pariwisata domestik, nama Banyuwangi tentu tak bisa di pandang sebelah mata. Melalui tangan dingin mantan Bupati Abdullah Azwar Anas, satu per satu destinasi wisata tumbuh dan berkembang di daerah berjuluk “The Sunrise of Java”, Minggu (5/12/21).

Tak terkecuali pantai wisata gumuk kantong, Pantai Gumuk Kantong merupakan sebuah obyek wisata  yang terletak di Desa Sumbersewu, Kecamatan Muncar, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Destinasi wisata tersebut menawarkan pemandangan dengan latar belakang selat bali dan semenanjung sembulungan, pengunjung juga dapat menikmati sajian kuliner seperti ikan bakar serta jajanan khas Banyuwangi di bawah pohon cemara nan asri.

Kepada awak media, Eko, perwakilan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Gumuk Kantong Berkreasi mengatakan, pihaknya akan terus berupaya untuk mengembangkan pantai wisata Gumuk Kantong.Khususnya pengadaan fasilitas umum seperti kelayakan jalan,toilet dan sarana ibadah.

“Selama ini, untuk merawat dan mengembangkan Pantai Wisata Gumuk Kantong kita lakukan secara swadaya dengan melibatkan masyarakat sekitar,” Katanya.

Hal senada juga turut di ungkapkan oleh Kepala Desa Sumbersewu, Arisman mengungkapkan tempat wisata pantai Gumuk kantong sudah menjadi jujukan pelancong sejak tahun 80-an namun sempat terbengkalai dalam beberapa tahun terakhir karena tidak ada pengelola.

“Sekitar tahun 80-an, Pantai Gumuk Kantong menjadi primadona jujukan para pelancong Banyuwangi, khususnya mereka yang berdomisili di sekitar wilayah Muncar pasti familiar dengan pantai ini,” terangnya.

The Sunrise of Java, Pantai Wisata Gumuk Kantong Banyuwangi
Destinasi Wisata Pantai Ggumuk Kantong

Arisman berharap dengan hadirnya Pokdarwis Gumuk Kantong Berkreasi mampu mengembalikan ‘era kejayaan’ pantai yang berada di sebelah timur bunker peninggalan jepang di masa perang kemerdekaan saat itu.

“Peran Pemerintahan Daerah melalui instansi-instansi terkait tentunya sangat kami nantikan, kami (Pemdes¬† Sumbersewu) tentunya tak akan mampu berjalan sendiri untuk mengembangkan destinasi wisata ini,seperti yang terlihat saat ini kami berharap Pemda mampu memfasilitasi perbaikan akses jalan, toilet umum serta sarana ibadah bagi pengunjung, mengingat dengan di bukanya kembali destinasi wisata pantai gumuk kantong ini mampu mengangkat geliat UMKM yang tentunya sejalan dengan visi misi Bupati Ipuk Fiestiandani Azwar Anas,” Pungkasnya.

(Zal/Bud)

error: