Tertimpa Pohon Tumbang, Sejumlah Rumah di Sleman Rusak Parah

Tertimpa Pohon Tumbang, Sejumlah Rumah di Sleman Rusak Parah
Bangunan rumah rusak tertimpa pohon tumbang (Robertus S/detiknusantara)

SLEMAN – Hujan deras disertai angin kencang yang terjadi di beberapa kapanewon wilayah Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Selasa sore (11/10/2022 mengakibatkan sejumlah pepohonan besar roboh menimpa rumah dan berbagai bangunan. Selain itu, derasnya hujan juga mengakibatkan sejumlah talud sungai jebol.

Dari hasil pendataan yang dilakukan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sleman, hujan disertai angin kencang Selasa sore tadi terjadi di beberapa wilayah kapanewon. Diantaranya, di wilayah Kapanewon Sleman, Minggir, Mlatidan di Kapanewon Godean

Bencana alam berupa hujan deras disertai angin kencang yang terjadi di wilayah Kapanewon Sleman menyebabkan puluhan pohon besar tumbang menimpa rumah, dan di wilayah padukuhan Tanjung kalurahan Pandowoharjo terdapat sejumlah pohon besar tumbang menimpa rumah hingga rusak parah serta ada sejumlah talud yang longsor.

“Akibat angin kencang itu pula, sejumlah asbes dan genteng atap rumah banyak yang kabur beterbangan,” kata Kepala BPBD Sleman, Makwan. .

Sedang hujan deras yang terjadi di wilayah Kapanewon Minggir, juga mengakibatkan sejumlah pohon tumbang menimpa rumah dan bangungan serta adanya dinding rumah yang ambrol terbawa longsor.

Selain itu di padukuhan Klepu Kalurahan Sendangmulyo Kapanewon Minggir terdapat sebuah gudang roboh menimpa dua sepeda motor hingga rusak berat tertimpa puing-puing yang roboh.

Tertimpa Pohon Tumbang, Sejumlah Rumah di Sleman Rusak Parah

Kemudian, di Padukuhan Sanan kalurahan Sendangarum, Kapanewon Minggir terdapat talud longsor sepanjang 12 meter dengan ketinggian 3 meter dan longsoran tanah tersebut menutup akses jalan.

Sementara bencana alam yang disebabkan oleh hujan deras di wilayah kapanewon Mlati dan Godean menyebabkan sejumlah pohon tumbang menyandar kabel listrik yang kondisinya membahayakan pengguna jalan serta sejumlah pohon yang tumbang melintang di jalan.

Atas kejadian tersebut, warga sekitar bersama sejumlah komunitas relawan terus melakukan kerja bakti mengevakuasi pepohonan yang tumbang melintang di jalan dan menimpa rumah.

Baca Juga :  Polres Situbondo Himbau Pengendara Tertib Lalu lintas dan Bagikan Masker dalam Operasi Keselamatan Semeru 2022

“Hingga Selasa petang, evakuasi terdapat pepohonan yang tumbang menimpa rumah dan bangunan tersebut belum selesai, dan akan dilanjutkan Rabu besuk,” kata Makwan.

Tidak ada korban jiwa dalam bencana alam tersebut. Sedang kerugian materialnya belum diketahui pasti, karena masih dalam pendataan. (RS)

error: