Strategi Pelestarian Budaya Batik Di Indonesia

Strategi Pelestarian Budaya Batik Di Indonesia

SEMARANG, Indonesia merupakan salah satu negara yang mempunyai kebudayaan yang sangat beraneka ragam baik jumlahnya maupun keanekaragamannya. Karena keanekaragaman tersebutlah Indonesia menjadi daya tarik bangsa lain dari belahan dunia untuk mengetahuinya bahkan tidak sedikit mereka juga mempelajarinya karena selain beraneka ragam budaya Indonesia dikenal sangat unik.

Budaya juga merupakan identitas bangsa yang harus dihormati dan dijaga serta perlu dilestarikan agar kebudayaan kita tidak hilang dan bisa menjadi warisan anak cucu kita kelak. Hal ini tentu menjadi tanggung jawab para generasi muda dan juga perlu dukungan dari berbagai pihak, karena ketahanan budaya merupakan salah satu identitas suatu negara.

Kebanggaan bangsa Indonesia akan budaya yang beraneka ragam sekaligus mengundang tantangan bagi seluruh rakyat untuk mempertahankan budaya lokal tidak hilang ataupun dicuri oleh bangsa lain. Sudah banyak kasus bahwa budaya kita banyak dicuri karena ketidakpedulian para generasi penerus dan ini merupakan pelajaran berharga karena kebudayaan bangsa Indonesia adalah harta yang mempunyai nilai yang cukup tinggi di mata masyarakat dunia.

Dengan melestarikan budaya lokal kita bisa menjaga budaya bangsa dari pengaruh budaya asing, dan menjaga agar budaya kita tidak diakui oleh negara lain.

Seiring berkembangnya zaman, menimbulkan perubahan pola hidup masyarakat yang lebih modern. Akibatnya, masyarakat lebih memilih kebudayaan baru yang mungkin dinilai lebih praktis dibandingkan dengan budaya lokal. Begitu banyak faktor yang menyebabkan budaya lokal dilupakan dimasa sekarang ini , misalnya masuknya budaya asing. Masuknya budaya asing adalah hal yang wajar dikarenakan suatu negara tentu akan membutuhkan input-input berupa budaya asing dengan syarat budaya itu sejalan dengan budaya kita ini .

Melihat kenyataan bahwa para generasi muda bangsa Indonesia saat ini lebih memilih kebudayaan asing yang mereka anggap lebih menarik ataupun lebih unik dan praktis , kebudayaan lokal banyak yang luntur akibat generasi penerus yang akan mewarisinya. Menumbuhkan kesadaran akan pentingnya budaya yang mana kebudayaan Indonesia adalah budaya budaya lokal adalah kewajiban lapisan masyarakat, peran setiap mereka yang terus berusaha untuk mewarisi kekuatan budaya lokal akan menjadi kekuatan budaya itu untuk tetap ada.

Kebudayaan adalah sebuah warisan dari para pendiri bangsa ini. Perkembangannya tidak semudah membalikan telapak tangan, akan tetapi melalui sebuah proses yang panjang dan rumit. Berkembang dari dalam diri masyarakat, juga dari bangsa asing yang dahulu datang ke nusantara. Dari itu terlahirlah suatu budaya bangsa Indonesia yang modern seperti yang ada saat ini. Sebagai generasi muda yang nanti kelak akan menjadi penerus sudah seharusnya kita ikut melestarikan budaya Agung yang kita miliki ini. Jangan sampai warisan yang berharga ini hilang. Kita seharusnya belajar tentang kebudayaan bangsa ini, karena budaya ini telah menjadi jati diri bangsa Indonesia. Bangsa Indonesia telah dikenal dunia internasional karena kebudayaan yang dimiliki. Orang-orang asing yang sedang mempelajari kebudayaan di Indonesia, Karena keanekaragaman yang ada. Jika dijumlahkan mulai dari Sabang sampai Merauke terdapat beribu-ribu kebudayaan yang berbeda. Mulai dari adat istiadat, rumah adat , pakaian adat dan masih banyak yang lainnya

Indonesia adalah negara yang mempunyai beribu kebudayaan, karena Indonesia bukanlah negara yang memiliki hanya satu daerah sehingga kebudayaan bangsa Indonesia adalah kebudayaan lokal. Setiap daerah akan mempunyai kebudayaan yang berbeda, perbedaan itulah yang menjadi jati diri bangsa sehingga ketika kebudayaan itu berubah atau hilang maka jati diri yang dimilikinya akan memudar.

Baca Juga :  Memaknai Zakat sebagai Kewajiban

Banyak hal dapat dilakukan sebagai apresiasi dari rasa cinta pada budaya, khususnya kebudayaan daerah. Kota Pekalongan merupakan kota di daerah Utara yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Batang di sisi Timur, kemudian Laut Jawa di sisi Utara, serta Kabupaten Pekalongan di sisi Selatan dan di sisi Barat. Kota Pekalongan memiliki julukan yang cukup nyentrik yaitu kota batik Pekalongan, sehingga membuat kota tersebut masuk ke dalam jaringan kota kreatif oleh UNESCO dalam kategori Crafts and Folk Art pada akhir tahun 2014 serta mempunyai City branding yaitu World’s City Of Batik.

Batik Pekalongan adalah kesenian batik yang sudah terkenal tidak hanya di Indonesia melainkan sampai ke mancanegara, dan jika ada satu julukan yaitu Kampung batik Indonesia adalah kota Pekalongan. Batik Pekalongan merupakan batik pesisir yang paling kaya akan warna. Batik Pekalongan menggambarkan ciri kehidupan masyarakat pesisir yang mudah beradaptasi dengan pengaruh budaya luar dan budaya batik pedalaman. Sejarah batik Pekalongan Tentu saja tidak terlepas dari adanya pengaruh baik dari daerah lain maupun luar. Pengaruh tersebut memperkaya keanekaragaman batik Pekalongan sendiri, misalnya pengaruh dari Keraton Mataram, wilayah Kota Pekalongan merupakan wilayah dari kerajaan Mataram maka perjalanan sejarah batik Pekalongan tidak lepas dari pengaruh kerajaan Mataram dengan adanya batik Keraton dengan motif parang .

Dinas Pendidikan Kota Pekalongan menggelar pelatihan batik bagi 510 siswa SD di Pekalongan untuk mencetak generasi muda agar nantinya menjadi pengusaha batik sekaligus sebagai upaya mendorong generasi muda dalam melestarikan batik. Museum pekalongan, Jawa Tengah, Rabu ( 13/10/2021 ). Upaya tersebut termasuk dalam culture experience yang merupakan pelestarian budaya yang dilakukan dengan cara terjun langsung ke dalam sebuah pengalaman kultural.

Selain Culture Experience ada upaya yang bernama Culture Knowledge yaitu pelestarian budaya yang dilakukan dengan cara membuat suatu pusat informasi mengenai kebudayaan yang dapat di fungsionalisasi ke dalam banyak bentuk. Tujuannya adalah untuk edukasi ataupun untuk kepentingan pengembangan kebudayaan itu sendiri dan potensi kepariwisataan daerah. Demikian para generasi muda dapat mengetahui tentang kebudayaannya sendiri.

Selain dilestarikan dalam dua bentuk diatas, kita juga dapat melestarikan kebudayaan dengan cara mengenal budaya itu sendiri. Dengan hal ini setidaknya kita dapat mengantisipasi pencurian kebudayaan yang dilakukan oleh negara-negara lain.

Penyakit masyarakat ini adalah mereka terkadang tidak bangga terhadap produk atau kebudayaannya sendiri melainkan lebih bangga terhadap budaya impor yang sebenarnya tidak sesuai dengan budaya kita. Selain itu peran pemerintah dalam melestarikan budaya bangsa juga sangatlah penting Adapun pemerintah memiliki peran yang cukup strategis dalam upaya pelestarian kebudayaan daerah di tanah air. Pemerintah harus mengimplementasikan kebijakan-kebijakan yang mengarah pada upaya pelestarian kebudayaan nasional.

Salah satu kebijakan pemerintah yang pantas didukung adalah penampilan kebudayaan-kebudayaan daerah di setiap event-event Akbar nasional. Semua itu harus dilakukan sebagai upaya pengenalan kepada generasi muda bahwa budaya yang ditampilkan itu adalah warisan dari leluhurnya bukan berasal dari negara tetangga demikian juga upaya-upaya melalui jalur formal pendidikan. Masyarakat harus memahami dan mengetahui berbagai kebudayaan yang kita miliki.

Penulis : Sony Apriandi & Tim 9

error: