Ribuan Kerang Mendarat di Pantai Asemdoyong

Ribuan Kerang Mendarat di Pantai Asemdoyong

 

PEMALANG — Masyarakat pesisir Pantai Muara Indah, Desa Asemdoyong, Kecamatan Taman, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah, berbondong – bondong pergi ke pantai berebut panen kerang bokor atau kerang engsol, ada juga sering di sebut dengan nama kerang darat,.Sbtu ( 24/12/2022 ) kemarin.

Ribuan kerang engsol yang terhempas
ombak besar dan membalikan lumpur dari permukaan bawah laut menjadikan kerang yang berada di dasar laut ikut terbawa ombak ke tepian pantai.

Fenomena alam ini terjadi setahun sekali pas musim ombak dan angin barat. Kejadian ini menjadi berkah tersendiri bagi para nelayan pesisir. Ketika perahunya tidak bisa berlayar karena perubahan iklim atau ombak besar.

Maka alternatif mencari kerang di tepi pantai pun menjadi pilihan bagi mereka, hal ini menjadi tambahan ekonomi atau sekedar lauk keluarga.

Ribuan Kerang Mendarat di Pantai Asemdoyong

Masyarakat pesisir yang berprofesi sebagai nelayan tersebut, akan memasak kerang itu,
sebagai lauk pauk, dan ada juga yang menjual nya , baik dengan tetangga atau orang lain.

Menurut Muaiif ( 45 ) seorang warga setempat, menuturkan, “Kejadian ribuan kerang terhempas, sering terjadi, tiap musim ombak, sudah tidak asing bagi orang pesisir,” kata Mualif.

Terpisah , Anto (35 ) seorang warga Asemdoyong dekat TPI mengatakan,  kerang mendarat di pantai itu sering terjadi, setiap musim baratan atau rendeng, musim baratan itu,dimana nelayan, tidak bisa melaut di karenakan ombak dan angin yang kencang, jadi untuk kerang yang dari dasar laut, pada muncul karena kena ombak

Saking banyaknya kerang yang terhempas ke tepi pantai,warga sampai ada yang dapat dua bahkan tiga karung lebih. Mereka bahu membahu dan berkelompok,bergotong royong dengan keluarga dan tetangganya,
Semoga hal ini mejadi berkah tersendiri buat mereka.

Baca Juga :  Sepekan Lebih BBM Naik, Harga Cabai dan Telur di Cianjur Malah Turun

Ragil74.

error: