Puluhan Milyar Diduga Mubadzir, Puluhan Bus Sekolah Terancam Jadi Besi Rongsokan

Bus Sekolah

BANDUNG – Puluhan armada Bus Sekolah Kota Bandung terancam jadi Besi tua (rongsokan), diduga sudah dua tahun dibiarkan terbengkalai di Onggoh terparkir di lingkungan Dishub Kota Bandung.

Berdasarkan Pantauan Detik Nusantara di lapangan, puluhan Bus Sekolah terlihat terpakir dengan onderdil di biarkan berkarat. Bahkan yang lebih parah lagi banyak yang rusak seperti tempat duduk kursi penumpang, cat bodi sudah banyak terkelupas dan hilang, serta baut-baut bagian penting kendaraan seperti bagian velk ban. Pemandangan itu nampak jelas terlihat , di Lingkungan Dinas Perhubungan Jalan Darwati Gede Bage Kota Bandung.

Menurut Keterangan yang di dapat Detik Nusantara dari Warga Sekitar Berinisial “D” menyebutkan, puluha Bus Sekolah itu di duga sudah sangat lama terparkir tanpa di gunakan lagi.

“Mungkin lebih kurang sudah dua tahun Lebih terlihat terparkir di Lingkungan Dinas Perhubungan Kota Bandung sebelum Trans Metro Bandung (TMB),” kata “D”saat di konfirmasi, Kamis (8/9/2022).

Puluhan Milyar Diduga Mubadzir, Puluhan Bus Sekolah Terancam Jadi Besi Rongsokan

Sementara itu di tempat terpisah, menurut Pengamat Transportasi Angkutan Darat, Dadang Suherlan, sangat menyayangkan armada Bus yang seharusnya masih layak jalan dibiarkan begitu saja di Lingkungan Dinas Perhubungan Kota Bandung.

Pasalnya, kenderaan itu masih bagus dan masih layak jalan serta masih dapat mambantu untuk membawa pelajar saat pergi dan pulang sekolah saat jam tertentu. “Daripada di biarkan terbengkalai seperti itu di Lingkungan Dishub Kota Bandung,sebab Anggaran yang di keluarkan bukanlah sedikit untuk Armada Angkutan Massal tersebut,” tutur Dadang.

“Saya kira mubazir anggaran puluhan milyar untuk Pengadaan Mobil Bus Sekolah ini apa bila di biarkan Begitu saja tanpa ada Manfaatnya buat Masyarkat terutama membatu orang tua Siswa-Siswi di Wilayah Bandung Raya,” kata Dadang.

Baca Juga :  Hebat! Mahasiswa UNAIR Temukan Inovasi Deodorant Spray Alami Ekstrak Bintang Laut

Semantara ituKepala UPT Angkutan Dishub Kota Bandung, Bagus menyatakan selama Pembelajaran Tahun 2022 Bus Sekolah Gratis hanya beroperasi empat unit, itupun  terbagi beberapa Koridor di ruas Jalan Kota Bandung.

“Tadi Bus Sekolah Gratis selama Pembelajaran Tahun 2022 hanya beroperasi empat unit. Kalau untuk pelajarnya sudah ada yang naik tadi juga yang terakhir rit kedua sudah jalan di sejumlah ruas kota Bandung”, ucap Agus. (Rudi)

error: