Puluhan Grup Kesenian Tradisional di Purworejo Terima Bantuan Alat

Puluhan Grup Kesenian Tradisional di Purworejo Terima Bantuan Alat
Bupati Purworejo RH Agus Bastian SE, MM serahkan bantuan alat kesenian tradisional

PURWOREJO – Pemerintah Kabupaten Purworejo melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan menyerahkan bantuan hibah 13 item alat kesenian untuk 95 grup kesenian tradisional. Penyerahan dilakukan oleh Bupati Purworejo RH Agus Bastian SE, MM, didamping Wakil Bupati Hj Yuli Hastuti SH serta Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Wasit Diono SSos, di Pendopo Kabupaten Purworejo, Jumat (23/12/2022).

Bantuan secara simbolis diterima oleh grup kesenian Dolalak Putri Lestari Widodo Desa Jenarlor Kecamatan Purwodadi, Grup Rebana Musholah Al-Quddusu Desa Candingasinan Kecamatan Banyuurip, serta Kuda Lumping Turonggo Mudho Budoyo Desa Kemanukan Kecamatan Bagelen. Selain hibah alat kesenian, Bupati juga menyerahkan piala dan uang pembinaan sebesar Rp 7 juta kepada Penyaji Terbaik I Parade Budaya Perbatasan Tahun 2022.

Dalam sambutannya Wabup menyampaikan, pemberian bantuan hibah alat kesenian merupakan bentuk perhatian Pemerintah Kabupaten Purworejo terhadap eksistensi dan peran seniman serta budayawan Purworejo. Bantuan diharapkan dapat menambah semangat para seniman untuk terus berkarya dan melestarikan kesenian daerahnya.

Dikatakan bahwa dengan masuknya arus globalisasi ke Indonesia, kesenian tradisional menghadapi tantangan nilai baru yang melahirkan perangkat-perangkat praktis.

Kesenian tradisi yang selama ini menjadi ekspresi masyarakat pendukung untuk menciptakan keserasian antara manusia dan lingkungannya, harus menyesuaikan diri dengan kebutuhan pasar sejalan dengan tuntutan globalisasi.

Puluhan Grup Kesenian Tradisional di Purworejo Terima Bantuan Alat

“Kita harus memanfaatkan teknologi untuk memperkuat seni budaya tradisional, serta melakukan adaptasi, modifikasi, dan regenerasi. Modernisasi tidak boleh meruntuhkan seni budaya tradisi, namun justru harus lebih memperkuat,” tandasnya.
Wabup berpesan kepada penerima bantuan alat kesenian ini agar benar-benar dapat memanfaatkan dengan sebaik-baiknya.

Selain itu juga sebagai motivasi kepada organisasi kesenian di Kabupaten Purworejo, untuk meningkatkan kualitas grupnya dan melestarikan kesenian tradisional dalam mewujudkan pembangunan di bidang kebudayaan.

Baca Juga :  Istrinya Diduga Selingkuh dengan Polisi, Ini Curhatan Sang Suami

Sementara Wasit Diono menambahkan, penyerahan bantuan alat kesenian juga dilakukan secara bersamaan di Gedung WR Soepratman, langsung kepada yang berkepentingan.

“Bantuan ini sifatnya hibah untuk menunjang kemajuan kesenian di Purworejo,” imbuhnya.

Wasit Diono berharap, bantuan yang sudah diterima dapat di mannfaatkan dengan sebaik-baiknya dan dirawat, karena akan dilakukan monitoring pemanfaatannya.(*/ Alx)

error: