Prajurit Wijayakusuma Donorkan Darah Peduli Sesama

Prajurit Wijayakusuma mendonorkan darahnya (Didi P/DetikNusantara)

PURWOKERTO – Bertempat di Hotel Luminor Purwokerto, puluhan prajurit Wijayakusuma Korem 071/Wijayakusuma Sokaraja Banyumas, ikuti donor darah peduli terhadap sesama, Kamis (16/6/2022).

Donor darah yang dilaksanakan rutin tiga bulanan ini, digelar Korem 071 bersama Rumkit TK-III 04.06.01 Wijayakusuma Purwokerto dan PMI Banyumas guna untuk memenuhi kebutuhan darah di PMI Banyumas.

Danrem 071/Wijayakusuma Kolonel Inf Yudha Airlangga, S.E., menyampaikan, kegiatan donor darah ini dilaksanakan rutin oleh Korem 071/Wk bekerjasama dengan Rumkit Wijayakusuma Purwokerto dan PMI Banyumas, dalam rangka kita peduli akan keterbatasan darah untuk masyarakat.

“Disaat ini ditengarai mulai muncul virus varian baru covid 19 yakni BA-4 dan BA-5 serta gangguan kesehatan lainnya dilingkungan masyarakat. Karenanya, dengan menilik hal tersebut, kita hitung cepat untuk peka terhadap situasi yang sedang berkembang saat ini khususnya tentang ketersediaan darah. Oleh karenanya, kita bersinergi jemput bola mengumpulkan pendonor untuk rela dan ikhlas mendonorkan darahnya untuk sesama”, terangnya

Dikatakan, dengan menyumbangkan darah berarti telah menyelamatkan nyawa orang lain yang membutuhkannya.

“Setetes darah yang kita sumbangkan akan sangat berarti bagi keselamatan jiwa seseorang,” ungkapnya.

Menurutnya, ditinjau dari segi kesehatan, donor darah juga memiliki beberapa manfaat positif bagi pendonor, diantaranya menjaga kesehatan jantung, meningkatkan produksi sel darah merah, membantu penurunan berat badan, mendapatkan kesehatan psikologis serta bisa membantu mendeteksi penyakit serius yang ada dalam diri kita sejak dini.

Dikatakan pula, dengan dilaksanakan kegiatan ini, diharapkan dapat membantu untuk menambah stok darah di PMI Banyumas yang semakin menipis,” imbuhnya.

Donor darah kali ini berhasil dikumpulkan sebanyak 40 kantong darah, dari para prajurit dan PNS serta warga masyarakat. (Didi Prabowo)

error: