Petani di Pemalang Dapatkan Bimtek dari Dirjen Kementan

 

PEMALANG¬† –¬†Direktorat tanaman pangan Kementerian Pertanian Republik Indonesia, memperkenalkan Biosaka kepada Para Petani Pemalang , Jum,at ( 14/10/2022 ).

Bertempat di areal persawahan depan kantor Balai desa Saradan, Kecamatan /Kabupaten Pemalang, beberapa kelompok Petani di berikan bimbingan teknik bagaimana cara membuat dan menggunakan teknik Biosaka .

Biosaka merupakan salah satu cara teknologi terbaru dalam perkembangan dunia pertanian organik modern, yang terbentuk sebagai Bioteknologi. Bahan Biosaka terbuat dari rerumputan alami, dimana keberadaan nya melimpah di sekitar kita

Pelaksana tugas ( Plt ) Bupati Pemalang Mansur Hidayat berharap penggunaan Biosaka dapat membuat produk pertanian semakin meningkat. ”¬†Harapan kami dengan penggunaan produk Biosaka dapat membuat produksi pertanian menjadi meningkat,” kata Mansur Hidayat.

” Selain itu dengan teknologi pertanian ramah lingkungan, kita juga telah menjaga ekosistem lingkungan,” tandasnya.

Ditempat yang sama Dirjen Tanaman pangan Suwandi, mengatakan Biosaka mampu memangkas ongkos anggaran produksi pertanian, kalau sudah pakai Biosaka ongkos tanam pasti jauh’ berkurang, dengan penurunan ongkos produksi maka margin keuntungan yang didapat petani bisa jauh lebih banyak

Disamping memperkenalkan teknologi pertanian baru, Direktorat Jendral Kementan , juga mengajak para petani mulai beralih ke teknik pertanian organik.

” Tatanan Kita mesti berubah, kalau terus menggunakan kimia, apakah kita tidak sayang dengan lingkungan kita” imbuh Suwandi.

Masih menurutmya, pertanian organik itu sangat bagus harganya tinggi, petani yang mau beralih ke Pertanian organik akan kita fasilitasi.

Rangkaian acara Bimtek juga sekaligus dilakukan panen raya di areal persawahan desa Saradan Kecamatan Pemalang, selanjutnya acara ditutup dengan pemberian bibit padi untuk proyeksi IP 400 di Kabupaten Pemalang. (Ragil74)

You May Also Like

About the Author: Falcon-13