Pemanenan Air Hujan Jadi Program Pengabdian Masyarakat Citarum Harum ITB 2022

CIANJUR¬† –¬†Pembangunan pemanfaatan air hujan telah rampung dilaksanakan di Kampung Tarikolot RT 04, RW 03, Desa Cinangsi, Kecamatan Cikalongkulon, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Kegiatan ini merupakan kegiatan pengabdian masyarakat dari ITB yang salah satunya dilaksanakan oleh Dr. Mariana Marselina dan Tim dari Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan.

Tujuan dari kegiatan ini adalah sebagai salah satu wujud upaya konservasi dimana air hujan tidak langsung dibuang namun dimanfaatkan terlebih dahulu untuk mengurangi limpasan. Disamping itu juga sebagai salah satu sarana penyediaan air bersih bagi warga sekitar.

Saat dikonfirmasi awak media pada Sabtu 22/10/2022, Dr. Mariana Marselina, ST, MT., memaparkan pemanfaatan air hujan dengan bangunan ukuran 3x3x2 meter dapat menampung 18 kubik air hujan. Untuk memenuhi air bersih, terdapat sistem penyaringan yang terdiri dari zeolit, karbon aktif, pasir, dan silika di dalam bak penampungan air hujan, sehingga air hujan yang ditampung layak untuk dipakai dan dimanfaatkan oleh warga seperti untuk kebutuhan persediaan air bersih dan untuk wudhu santri di pesantren yang ada di dekat penampungan air hujan tersebut.

Sekitar dua pekan lalu, tim Pemanenan Air Hujan juga telah mengadakan edukasi pada anak usia SD mengenai pentingnya air bersih dan bagaimana air hujan bisa dimanfaatkan sebagai air bersih.

Kepala Dusun 2 Desa Cinangsi, Dede, dan Ketua RT 04, Ece merasa sangat terbantu sekali dan ucapan terima kasih pun terucap dari Dede dan Ece, serta dari seluruh warga kedusunan 2, Desa Cinangsi. (UK)

You May Also Like

About the Author: Falcon-13