Pagelaran Wayang Kulit ‘Gatotkaca Mbangun Pringgondani’, Semarakkan Merti Desa dan HUT RI ke-77 Desa Bandungrejo Purworejo

Pagelaran Wayang Kulit 'Gatotkaca Mbangun Pringgondani', Semarakkan Merti Desa dan HUT RI ke-77 Desa Bandungrejo Purworejo

 

PURWOREJO – Memperingati HUT RI ke – 77 tahun 2022 sekaligus acara Merti Desa, segenap warga Desa Bandungrejo, Kecamatan Bayan, Purworejo menggelar kesenian wayang kulit, Minggu (21/8/2022) malam dengan dalang Ki Sunarpo Guno Prayitno dari Dudu Kulon, Kecamatan Grabag, Purworejo

Antusiasme ribuan warga nampak tumpah ruah menyaksikan pagelaran wayang kulit semalam suntuk yang mengambil lakon “Gatotkaca Mbangun Pringgondani”.

Hadir dalam acara tersebut, antara lain Plt Camat Bayan Suparyono, S.Sos, Forkomcincam, Kapolsek Bayan yang diwakili IPDA Warsono, Danramil Bayan yang diwakili Serma Eka Putra, serta dihadiri pula sejumlah kepala desa tetangga, diantaranya Kades Bandung kidul Suryono Hadi, Kades Jrakah Supar, Kades Pucang Agung Sugito dan Kades Besole Yeti Nuryani, SP.

Pagelaran wayang kulit tersebut, tak ayal mendapatkan animo yang tinggi dari warga setempat yang mengaku haus pertunjukan dan hiburan selama kurang lebih dua tahun lebih lantaran pandemi Covid-19.

“Alhamdulillah pada malam hari ini kami semua warga Bendungrejo bersama dengan perangkat desa, Forkimpincam Bayan serta para kades tetangga dapat berkumpul dalam tali silaturahmi kebersamaan memperingati HUT RI ke-77 sekaligus acara merti desa. Ini luar biasa karena hampir dua tahun lebih di desa kami sepi kegiatan,” ungkap Nasikin (51), warga RT 02 RW 05 Desa Bandungrejo.

Menurut dia, diadakannya merti desa dengan menggelar pertunjukan wayang kulit merupakan penanda bahwa warga setempat masih mempertahankan nguri uri budaya adat istiadat Jawa.

Konon, kata dia, banyak sejarah terkait leluhur Desa Bandungrejo dengan nama Mbah Bandungreso ya v merupakan Cikal bakal pendiri Desa Bandungrejo.

Kegiatan merti desa sendiri diadakan setiap bulan suro agar masyarakat setempat lancar dan sukses selalu di berikan rizky yang melimpah

Baca Juga :  Polresta Banyuwangi Fasilitasi Isbat Nikah Masal

Di tempat terpisah, Kades Bandungrejo Maman saat di temui awak media tidak lupa menyampaikan ucapkan terima kasih banyak kepada masyarakat atas terselenggaranya Merti Desa yang mana pada tahun ini sangat meriah.

“Dengan diadakannya kegiatan seperti ini bisa mempererat tali silaturahmi dan mendapatkan keberkahan dari sang Pencipta. Maka dari itu kita selalu menjunjung tinggi peninggalan sejarah leluhur nenek moyang kita,” ucapnya. (Alx)

error: