Meski Tidak Mudah, 39 Wartawan DIY Lulus UKW

Diminta Jadi Pewarta yang Mencerdaskan Bangsa

39 Wartawan DIY Lulus UKW
Para peserta UKW di DIY berfoto bersama para penguji (Ist)

YOGYAKARTA — Sebanyak 39 wartawan dari berbagai media di DIY mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW) ke-9 yang diselenggarakan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) DIY pada tanggal 4-5 November 2022 di Forriz Hotel Jalan HOS Cokroaminoto.

Seluruh peserta yang terdiri dari wartawan muda, madya dan utama dinyatakan lulus setelah menjalani ujian dua hari.

Ketua PWI DIY, Hudono mengatakan 39 wartawan peserta UKW seluruhnya dinyatakan lulus setelah para penguji dari PWI Pusat memberikan penilaian. Seluruh peserta mengikuti 10 jenis ujian yang seluruhnya meliputi kerja pers.

“Secara keseluruhan ada 39 peserta terdiri dari 23 wartawan muda, 11 madya dan 5 utama. Setelah menjalani seluruh tahapan, seluruh peserta dinyatakan lulus,” terang Hudono, Senin (7/11/2022).

Hudono berharap agar seluruh peserta yang dinyatakan lulus bisa semakin profesional dalam menjalankan kerja pers sehari-hari. Ke depan diharapkan produk-produk jurnalistik yang dihasilkan bisa turut mencerdaskan bangsa seperti tagar yang diusung dalam UKW ke-9 ini.

Meski Tidak Mudah, 39 Wartawan DIY Lulus UKW

“UKW ini tidak mudah, paling tidak ada 10 mata uji yang seluruhnya harus lulus. Ini mengapa kami yakin teman-teman wartawan di DIY akan menjadi pewarta yang baik dan profesional kinerjanya,” sambung Hudono.

Sementara, pengumuman kelulusan disampaikan langsung oleh perwakilan PWI Pusat, Hendro Basuki yang juga menjadi salah satu penguji wartawan muda. Hendro menyampaikan bahwa DIY selalu memiliki cerita menarik karena hampir selalu meluluskan 100 persen para peserta UKW.

“Kali ini kembali lagi terjadi seluruh peserta UKW di DIY lulus. Proses yang dijalani selama dua hari ini tentu tidak mudah, namun seluruh peserta bisa menjalani, menikmati dengan bersungguh-sungguh. Hasilnya pun seluruhnya lulus. Semoga wartawan yang dinyatakan kompeten ini bisa semakin profesional dalam bekerja dan membawa manfaat untuk masyarakat,” pungkasnya.

Baca Juga :  Polres Situbondo Amankan Truk Bermuatan Kayu sonokeling tanpa Dokumen

Penguji UKW di DIY sendiri, selain dari perwakilan PWI Pusat, juga menghadirkan  dari PWI Jateng. (Red)

error: