Memperingati Hari Jadi Banyuwangi, Warga Napak Tilas Ke Petilasan Prabu Tawang Alun

Banyuwangi, detiknusantaraNETPeringatan Hari Jadi Banyuwangi yang ke-250, warga Kecamatan Kabat menggelar Napak Tilas Prabu Tawangalun. Mereka berjalan kaki sejauh 5 km dari Kantor Desa Benelan Lor, Kecamatan Kabat dan berakhir di Situs Petilasan Prabu Tawangalun, Sabtu (11/12/2021).

Napak tilas itu diikuti ratusan warga, selain masyarakat umum peserta juga terdiri dari siswa-siswi SD hingga SLTA di wilayah Kecamatan Kabat. Wakil Bupati Banyuwangi Sugirah melepas peserta napak tilas.

Kepala Desa Benelan Lor, Khairul Anam mengatakan acara ini merupakan agenda tahunan yang digelar masyarakat Kecamatan Kabat untuk menelusuri sejarah kejayaan Kerajaan Blambangan yang berpusat di wilayah Kecamatan Kabat.

Sebagaimana diketahui, di wilayah Kecamatan Kabat, dulunya merupakan salah satu pusat Kerajaan Blambangan. Puing-puing bangunan benteng peninggalan Kerajaan Blambangan ditemukan di sejumlah desa di Kecamatan ini. Salah satunya di Desa Macanputih, Desa Gombolirang, Desa Benelan Lor, termasuk desa-desa sekitarnya.

“Di Desa Gombolirang juga terdapat situs petilasan Raja Blambangan yakni Prabu Tawangalun yang masih sering dikunjungi wisatawan ataupun peziarah.

Situs Petilasan Prabu Tawangalun

Napak tilas kali ini kami mengambil tema Ojo Kepaten Obor yang artinya jangan sampai tidak mengenal leluhur. Untuk itu, kami mengajak peserta untuk menelusuri jejak-jejak bekas berdirinya bangunan peninggalan Kerajaan Blambangan di Kecamatan Kabat ini,” ungkap Khairul Anam.
(Ben)

You May Also Like

About the Author: Falcon-13