Lonjakan Pengunjung, Polres Situbondo Intensifkan Pengamanan Wisata Taman Nasional Baluran “Africa Van Java”

Africa Van Java

SITUBONDO, Memasuki akhir libur panjang pasca Lebaran Idul Fitri 1443 H Tahun 2022 obyek wisata di wilayah Kabupaten Situbondo mengalami lonjakan jumlah wisatawan, tak terkecuali di lokasi objek wisata Taman Nasional Baluran “Africa Van Java” yang berada di Kecamatan Banyuputih.

Menyikapi hal itu, Polres Situbondo melalui Satgas Operasi Keselamatan Semeru 2022 melakukan langkah antisipasi dengan menerjunkan personel untuk patroli dan pengamanan dilokasi wisata.

Kasi Humas Iptu Achmad Sutrisno, SH mengatakan Polres Situbondo telah meprediksi adanya lonjakan pengunjung tempat wisata baik pengunjung yang sedang berlibur ataupun pemudik yang memanfaatkan waktu istirahat dengan mampir di tempat wisata yang ada di jalur Pantura Situbondo.

Selain fokus memantau arus lalu lintas, Polres Situbondo juga mewaspadai munculnya potensi aksi kriminalitas yang dapat mengganggu kenyamanan wisatawan. Pengamanan di obyek wisata Taman Nasional Baluran diperketat oleh petugas gabungan Operasi Ketupat Semeru 2022.

“ Sudah diprediksi lokasi obyek wisata Taman Nasional Baluran mupun wisata lainnya di sepanjang jalur Pantura Situbondo akan mengalami peningkatan kunjungan wisatawan mulai H+1 Lebaran hingga akhir pekan ini,” kata Iptu Achmad Sutrisno

Lebih lanjut, Iptu Achmad Sutrisno, SH menjelaskan bahwa personil pengamanan juga terus mengingatkan para pengunjung untuk mematuhi protocol kesehatan, mulai pintu masuk pembelian tiket wisata Baluran dipasang QR Code Peduli Lindungi dan juga mengingatkan untuk memakai masker selama berwisata.

“ Kita tidak bosan mengingatkan untuk mematuhi protocol kesehatan mulai pintau masuk, loket pembelian tiket masuk dan dilokasi wisata para petugas melakukan sosialisasi dan juga membagikan  masker kepada pengunjung “ pungkas Iptu Achmad Sutrisno. (humas/dra)

You May Also Like

About the Author: Falcon-13