Kapolres Situbondo Pimpin Latihan Fisik Kompi Dalmas

SITUBONDO, Kepolisian Resort Situbondo menggelar pelatihan kemampuan Kompi Dalmas dalam rangka meningkatkan ketrampilan dalam pengendalian massa dan profesionalitas personil saat bertugas serta mengantisipasi terjadinya kerawanan Kamtibmas,

Latihan dalmas dipimpin langsung Kapolres Situbondo AKBP Dr. Andi Sinjaya, S.H., S.I.K., M.H. bersama Kasat Samapta AKP Sugeng Winarno, Kasat Resnarkoba AKP Sugiarto, SH dan Kasi Hukum AKP H. Hasanuddin, S.H. di halaman Apel Mapolres Situbondo, Kamis (2/6/2022)

Kegiatan latihan diawali latihan fisik dilanjutkan dengan latihan gerakan-gerakan atau formasi Dalmas meliputi penguasaan Formasi Dalmas Awal yaitu Formasi Bersyaf dan Banjar tiga tingkat pleton dan tingkat kompi, penguasan bernegoisasi, penguasaan pegang tali Dalmas dan teknik mendesak serta mendorong massa pengunjuk rasa.

Menurut Kapolres Situbondo AKBP Dr. Andi Sinjaya, S.H., S.I.K., M.H., dengan melaksanakan latihan fisik dapat meningkatkan kebugaran personel Dalmas yang akan berdampak langsung pada semangat kerja maupun pola pikir serta pola tindak dalam melaksanakan tugas-tugas Kepolisian untuk melindungi, mengayomi dan melayani masyarakat.

“ fisik yang prima diperlukan apabila menghadapi demonstrasi yang menerjunkan massa dengan jumlah besar. Mengantisipasi terjadinya terjadinya tindak anarkis. Dengan banyak latihan personil akan mudah menghalau massa “ tutur AKBP Dr. Andi Sinjaya, S.H., S.I.K., M.H.

Lebih lanjut, Kapolres Situbondo AKBP Dr. Andi Sinjaya, S.H., S.I.K., M.H., menjelaskan bahwa kegiatan tersebut dimaksudkan untuk mengasah kemampuan dan keterampilan personil Dalmas dalam melakukan pengamanan pengendalian massa ketika terjadi unjuk rasa.

” dengan adanya pelatihan ini seluruh personel diharapkan paham dan mengetahui tahapan dalam pengendalian masa serta mampu menerapkannya dilapangan serta menyamakan persepsi terkait tahapan dan cara bertindak sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) “ tandas AKBP Dr. Andi Sinjaya, S.H., S.I.K., M.H. (dra)

error: