Kapolres Situbondo Imbau Nelayan Utamakan Keselamatan Saat Ikuti Petik Laut di TPI Pondok Mimbo

Kapolres Situbondo

SITUBONDO, Kapolres Situbondo AKBP Dr. Andi Sinjaya, S.H, S.I.K, M.H. menghadiri Larung Sesaji dalam rangka petik laut Pondok Mimbo tahun 2022 di desa Sumberanyar Kec. Banyuputuh kabupaten Situbondo.

Larung sesaji atau pelepasan Bitek secara simbolis  oleh Bupati Situbondo Drs. H. Karna Suswandi M.M yang diarak dari Balai Desa Sumberanyar menuju TPI Pondok Mimbo, Rabu (27/7/2022)

Hadir dalam acara tersebut, Komandan Puslatmar 5 Baluran  Lekol Marinir Agus Wayudi, Kadis DPMD H. Ludfi Joko Prihatin SH, M.Hum, Forkopimka Banyuputih, Kapolsek Banyuputih, Kapolsek Kqpongan, Kapolsek Arjasa, Kapolsek Asembagus dan Kapolsek Jangkar serta Perangkat Desa dan perwakilan Tokoh Nelayan Pondok Mimbo.

Bupati Situbondo Drs. H. Karna Suswandi M.M dalam sambutannya menyampaikan apresiasi terhadap upaya warga yang telah bergotong royong secara mandiri menyiapkan acara Petik Laut yang merupakan acara rutin budaya tahunan dari masyarakat nelayan Pondok Mimbo.

“ Ini patut diparesiasi bentuk gotong royong masyarakat nelayan Pondok Mimbo menyiapkan secara mandiri acara Petik Laut sebagai bentuk rasa syukur atas rizky dan nikmat yang diberikan Allah SWT sekaligus memohon keberkahan dan lindungan dalam mencari Nafkah dilaut ditahun selanjutnya “ ucap Drs. H. Karna Suswandi M.M

Sementara itu, Kapolres Situbondo AKBP Dr. Andi Sinjaya, S.H, S.I.K, M.H. menyampaikan pesan kepada panitia penyelenggaran Petik laut dan seluruh masyarakat yang hadir untuk tetap menerapkan Protokol kesehatan pencegahan Covid -19.

Selain itu, para nelayan juga diingatkan dalam prosesi larung sesaji ke tengah laut agar mengutamakan faktor keselamatan terutama perahu yang akan ikut larung sesaji jangan sampai melebihi kapasitas angkut.

“ semoga kegiatan ini dapat berjalan aman dan lancar serta apa yang dihajatkan dapat tercapai. Kami ingatkan agar tetap mematuhi protocol kesehatan pencegahan Covid-19 dan utamakan keselamatan “ ucap AKBP Dr. Andi Sinjaya, S.H, S.I.K, M.H.

Baca Juga :  Kapolres Situbondo Jadikan Program Syiar Kamtibmas Sebagai Cooling System Jelang Pilkades Serentak di 17 Desa

Petik Laut diawali pengguntingan pita oleh Bupati Situbondo Drs. H. Karna Suswandi M.M  didampingi Kades Sumberanyar dan Forkopimka Banyuputih. Kemudian bitek sesaji dilepaskan ketengah laut dengan perahu “Jawara” dengan diiringi 30 perahu. (dra)

error: