Jualan Baju Online di Website, Berikut Ini Langkah Lengkapnya

jualan baju online di website

Pusing memikirkan biaya sewa butik Anda yang terus meroket tiap-tiap tahun? Seandainya jawabannya iya, inilah saatnya Anda mulai jualan baju online di website.

Kenapa demikian itu? Kecuali biaya kelola website itu lebih murah dibanding biaya sewa butik, bisnis baju online juga lebih gampang menjangkau banyak pelanggan. Meski demikian itu, perlu metode yang jitu agar bisnis butik online Anda meraup profit maksimal.

Nah, di artikel ini, kami akan membagikan metode dan tips jualan baju online yang jitu. Penasaran? Yuk simak artikelnya sampai selesai.

Daftar isi tutup

Kenapa Butik Anda Harus Segera Online?

Menjalankan bisnis butik online memang lebih menjanjikan, terutama di tengah kemajuan internet saat ini. Nah, apa saja sih manfaat punya website untuk jualan baju online?

1. Potensi Pelanggan yang Lebih Besar

Sebuah website dapat diakses kapan saja dan dimana saja. Artinya, calon pembeli butik Anda bisa jauh lebih banyak dari yang saat ini Anda perhitungkan. Sebab, tak terbatas dengan jam buka toko atau kesulitan datang ke lokasi.

Bukan itu saja, data menunjukkan bahwa ada lebih dari 1,92 miliar orang yang lebih suka belanja produk secara online. Dengan begitu, kalau bisnis Anda masih dijalankan secara offline, Anda tentu akan kehilangan potensi calon pelanggan yang cukup besar tersebut.

2. Bisa Meningkatkan Penjualan Produk

Potensi penjualan banyak tapi kalau ngga ada yang beli ya untuk apa?

Hal itu mungkin sempat terlintas di pikiran Anda, bukan? Kenyataannya, penjualan dari bisnis butik online tidak pernah surut. Bahkan, data dari Statista menunjukkan kalau potensi penjualannya bisa mencapai USD1003,5 miliar di tahun 2025 nanti!

Jualan Baju Online di Website, Berikut Ini Langkah Lengkapnya

Kenapa bisa begitu? Ada berbagai alasan, salah satunya adalah kemudahan pengunjung melakukan window shopping atau melihat-lihat produk sebelum membeli.

Bayangkan, cukup dari rumah atau sambil bepergian, konsumen bebas memilih produk baju sesuai keinginan pakai komputer atau ponsel mereka. Tanpa repot dan tidak perlu capek berkeliling.

Kemudahan itu, terbukti membuat 70% dari mereka membeli produk yang dilihat. Bahkan, paling cepat satu jam setelah window shopping itu selalu ada transaksi pembelian.

Hal itu mungkin tidak akan terjadi di butik offline. Artinya, dengan membuat website, Anda akan lebih mudah meningkatkan penjualan.  Sebab kemungkinan pelanggan Anda pergi ketika ragu-ragu memilih produk bisa diminimalisir.

3. Lebih Banyak Koleksi Baju yang Bisa Dijual

Jualan Baju Online di Website, Berikut Ini Langkah Lengkapnya

Dengan membuat website bisnis baju online, Anda bisa menampilkan beragam koleksi baju tanpa khawatir tentang penyimpanannya di toko Anda.

Contohnya, jika konsumen Anda dari berbagai negara, Anda bisa tetap menjual koleksi baju musim panas bersama dengan koleksi baju musim dingin. Tak perlu bergantian. Anda pun bisa menampilkan aksesori tambahan sesuai yang Anda inginkan.

Di suatu waktu, Anda bisa menampilkan berbagai koleksi baju tertentu di halaman promo website Anda.

Hal itu tentu tak bisa dengan mudah Anda lakukan di butik offline, bukan?

Pertama, jika koleksi terlalu banyak, Anda tentu perlu toko yang lebih luas dan itu perlu biaya sewa yang lebih mahal. Kedua, penataan berbagai produk untuk promo bisa dilakukan dengan cepat dan mudah. Tinggal memilih dari koleksi yang dimiliki dan pajang di etalase toko online.

4. Menghemat Biaya Operasional

Website bisnis online bisa membantu Anda menghemat biaya operasional. Meskipun banyaknya produk di website membutuhkan resource lebih tinggi. Namun, biaya sewa hostingnya masih jauh lebih murah dibanding menyewa toko.

Menurut data Badan Pusat Statistik, rata-rata biaya sewa toko di Indonesia mencapai Rp6 Juta per bulan. Sedangkan, biaya pembuatan website dan maintenancenya hanya Rp150.000 per bulan. Lebih hemat, bukan?

Cara Jualan Baju Online di Website

Setelah tahu manfaat dari bisnis baju online, tentu Anda sudah tidak ragu lagi mengonlinekan butik Anda, bukan? Tak perlu berlama-lama, yuk simak cara-caranya:

1. Membeli Domain dan Hosting

Untuk membangun sebuah website bisnis butik online, Anda membutuhkan hosting dan domain. Hosting sebagai tempat penyimpanan file Anda dan domain sebagai identitas butik online tersebut.

2. Memilih Platform Sesuai Kebutuhan

Setelah membeli hosting dan domain, langkah selanjutnya adalah memilih platform untuk website bisnis baju online Anda. Beberapa pilihan yang direkomendasikan adalah WooCommerceMagento dan Prestashop.

Bagi pemula yang ingin membuat website sendiri, WooCommerce bisa jadi pilihan.

Platform ini menawarkan kemudahan penggunaan bahkan mulai dari awal instalasi. Anda akan dibantu dengan Setup Wizard yang mudah dipahami untuk menentukan nama toko hingga detail bisnis lainnya.

3. Memilih Tema Sesuai Brand Bisnis

Setelah website Anda aktif, saatnya memilih tema yang sesuai dengan bisnis Anda. Jika menggunakan WooCommerce, banyak pilihan tema gratis di direktori WordPress yang bisa Anda pilih.

Sesuai bisnis Anda, ketikkan “fashion” di kolom pencarian. Beberapa tema untuk website butik akan muncul.

Jualan Baju Online di Website, Berikut Ini Langkah Lengkapnya

Sebaiknya, pilihlah tema yang ringan saja agar website lebih mudah diakses online. Beberapa tema yang bisa Anda coba untuk bisnis baju online adalah Flatsome dan Shopkeeper.

Nah, kalau tema gratis yang disediakan masih belum sesuai dengan kebutuhan dan brand bisnis Anda, ada pilihan untuk menggunakan tema premium. Beberapa website seperti ThemeForest dan TemplateMonster menyediakan tema untuk WooCommerce yang bisa dibeli sesuai anggaran bisnis Anda.

4. Menambahkan Plugin untuk Fungsi Tambahan

Website yang menggunakan platform WooCommerce sudah dibekali fitur untuk membangun toko online yang baik. Namun, jika Anda memerlukan fungsi tambahan untuk website tersebut, Anda bisa menginstal plugin dulu.

Plugin apa saja yang harus ada di website bisnis baju online Anda? Inilah beberapa rekomendasinya:

  1. OptinMonster – berguna untuk mengumpulkan data pengunjung atau leads
  2. Click to Chat -untuk memudahkan pelanggan menghubungi Anda lewat WhatsApp
  3. Customer Reviews for WooCommerce – agar pelanggan bisa memposting review baju Anda
  4. Yoast SEO – untuk membantu optimasi SEO agar ranking website butik online Anda lebih baik
Baca Juga :  Sebanyak 244.982 KPM di Cianjur Mendapatkan BLT BBM

Meskipun tidak ada batasan plugin yang bisa ditambahkan, tapi gunakan yang paling diperlukan saja. Sebab, terlalu banyak plugin akan memberatkan website bisnis butik online Anda.

5. Website Bisnis Baju Online Siap Digunakan

Dengan cara di atas, sebenarnya website bisnis butik Anda sudah siap online. Namun, tentu saja ada beberapa hal yang masih perlu dilakukan.

Pertama, Anda perlu menambahkan produk sesuai koleksi produk yang dimiliki. Kalau menggunakan WooCommerce, Anda bisa menambahkan produk secara manual di dashboard WooCommerce atau melakukan import dari daftar produk Anda.

Kedua, Anda perlu mengelola sistem pembayaran di website tersebut. Ada beberapa sistem pembayaran yang bisa Anda coba. Pilih yang paling memudahkan pelanggan Anda.

Ketiga, lakukanlah strategi promosi agar semakin banyak orang tahu website jualan baju online Anda. Misalnya dengan konten media sosial atau berbagai bentuk promo menarik.

Jika ingin tahu bagaimana langkah membuat website bisnis butik online, Anda bisa mengikuti panduan lengkapnya di artikel ⟶ Tutorial WooCommerce Lengkap untuk Membuat Toko Online

Ingin Membuat Website Bisnis Butik Online Lebih Cepat?

Menggunakan WooCommerce untuk membuat website butik tidaklah sulit. Namun, kalau Anda menginginkan website bisa langsung jadi, menggunakan jasa pembuatan website bisa jadi pilihan terbaik.

Ada banyak jasa pembuatan website yang bisa Anda pilih. Pilihlah jasa pembuatan website yang menawarkan layanan khusus untuk website butik online.

Tips Jualan Baju Online Agar Bisa Cepat Dapat Cuan!

Website Anda sudah jadi dan Anda sudah tidak sabar ingin segera jualan baju online? Eits, tunggu dulu. Ada banyak tips bisnis baju online yang perlu Anda tahu:

1. Amankan Website Butik Online Anda

Ketika pelanggan berbelanja di website bisnis butik online Anda, tentu ada tahapan pembelian yang akan dilakukan. Langkah tersebut akan meminta mereka memberikan data seperti nama, alamat rumah, alamat email, hingga nomor rekening.

Karena informasi tersebut cukup sensitif, Anda perlu mengamankan website Anda untuk mencegah aksi peretasan. Salah satu caranya, memasang SSL yang akan mengenkripsi data tersebut sehingga hacker tak bisa membacanya.

Di website WordPress, ada pilihan menggunakan SSL gratis maupun berbayar. Cara memasangnya pun mudah, dengan bantuan plugin khusus.

Kalau Anda menggunakan jasa pembuatan website butik online anda cari jasa pembuata website yang terpercaya, Anda tak perlu memasang SSL sendiri. Sebab, sudah otomatis menjadi bagian dari website bisnis butik online Anda untuk menjaga keamanannya.

2. Lengkapi dengan Blog

Sebuah blog bisa membantu upaya pemasaran sebuah bisnis dengan content marketing. Strategi ini penting untuk membuat website bisa muncul di halaman utama Google sehingga lebih mudah ditemukan konsumen.

Oleh karena itu penting untuk melengkapi website butik Anda dengan blog.

Ketika membuat toko online menggunakan WordPress, fitur blog sudah menjadi bagian default. Namun, Anda perlu melakukan pengaturan tambahan agar halaman blog mudah diakses dari menunya.

Kalau menggunakan jasa pembuatan website, halaman blog bisa langsung digunakan dan diisi konten yang SEO friendly. Anda tak perlu memikirkan desain tampilan dan kemudahan akses menunya lagi.

3. Buat Tampilan Website Mobile Friendly

Membuat tampilan website mobile friendly itu penting. Sebab, 67% pelanggan toko online banyak yang melakukan window shopping dari smartphone mereka dan 77% diantaranya akhirnya membeli produk.

Bagaimana melakukannya? Jika menggunakan WordPress, Anda bisa memilih tema toko online yang mobile friendly. Jadi desain yang digunakan akan responsif sesuai dengan layar pengguna yang mengaksesnya.

Selain itu, jangan lupa untuk memilih jenis font dan menata gambar agar sesuai untuk tampilan di handphone, ya.

” alt=”” aria-hidden=”true” />

4. Tampilkan Deskripsi Produk Secara Detil

Pengembalian produk bisa saja terjadi kalau pelanggan merasa kecewa karena produk yang dibeli tidak sesuai deskripsi di website. Oleh karena itu, penting untuk menampilkan deskripsi produk yang detil.

Beberapa tema untuk WooCommerce memiliki desain untuk deskripsi produk masing-masing. Jadi pastikan tema yang dipilih sesuai kebutuhan bisnis butik online Anda.

Selain itu, Anda perlu tahu cara menulis deskripsi produk yang baik. Pertama, informasikan manfaat produk dengan jelas. Kedua, gunakanlah kosakata yang natural tapi variatif. Ketiga, gunakan format tebal atau gunakan list untuk memudahkan pembaca menemukan informasi dengan mudah.

5. Sediakan Variasi Opsi Pembayaran

Bagaimana kalau konsumen ingin membeli produk tapi opsi pembayaran Anda terbatas? Bisa saja pembeliannya batal, kan?

Untuk menghindari hal itu, sediakan opsi pembayaran yang bervariasi, seperti lewat transfer, kartu kredit, opsi debet dan digital wallet.

Di WooCommerce, Anda akan mendapatkan banyak opsi pembayaran. Bila perlu, lakukan pengaturan pada opsi pembayaran tersebut sesuai dengan kebiasaan target konsumen Anda.

Makin banyak opsi pembayaran yang familiar bagi pelanggan Anda, makin mudah pelanggan Anda melakukan transaksi pembelian di website bisnis baju online Anda.

6. Membuat Laman About Us

Sebelum melakukan transaksi, tak jarang pelanggan ini tahu tentang bisnis Anda. Nah, untuk memudahkan mereka, Anda bisa menambahkan laman About Us di website butik online Anda.

Laman About Us bisa berisi informasi umum bisnis Anda, alamat, dan akun media sosial yang dimiliki.

Bahkan, kalau menggunakan jasa pembuatan website, laman About Us Anda akan dilengkapi dengan desain menarik tentang layanan dan berbagai pencapaian bisnis.

7. Membuat Promo Menarik

Nah, kalau website Anda sudah kece, saatnya menarik lebih banyak pelanggan dengan berbagai promo menarik. Misalnya, promo diskon untuk pembelian model baju tertentu.

Anda bisa memajang informasi promo tersebut di bagian depan website butik online Anda. Contohnya seperti ini:

Bentuk promosi yang Anda tawarkan tak harus berupa promo diskon produk tapi juga promo gratis ongkos kirim. Hal ini juga bisa menarik konsumen membeli produknya, lho.

Di lain waktu, Anda bisa juga menggelar promo flash sale. Cara tersebut terutama efektif untuk waktu tertentu seperti saat Harbolnas atau menjelang libur keagamaan.

Apapun bentuk promosi yang Anda tawarkan, sesuaikan dengan buyer persona produk Anda sehingga lebih tepat sasaran.

8. Bekerjasama dengan Influencer

Promosi bisnis melalui Key Opinion Leader (KOL) atau influencers kini jadi cara yang efektif. Sebab, influencers ibarat sebuah referensi bagi ribuan bahkan jutaan followers mereka.

Eits, tapi jangan asal pilih influencers yang followersnya banyak. Ada banyak tipe influencer dengan target pasar yang berbeda-beda. Pilih influencer yang paling merepresentasikan butik online Anda.

Untuk mempromosikan butik online, Anda perlu mencari influencer yang secara spesifik membahas fashion. Dengan begitu, produk Anda akan dipromosikan ke audiens yang tepat.

Sudah Siap Membuat Website Untuk Bisnis Baju Online Anda?

Membangun bisnis butik online perlu Anda lakukan sekarang juga. Alasannya, saat ini makin banyak orang yang lebih memilih belanja online. Selain itu, biaya operasional website butik online pun lebih murah dibanding biaya sewa butik offline.

Di artikel ini kami sudah membagikan cara jualan baju online melalui website butik Anda

error: