Jelang Nataru 2023, Polres Situbondo Petakan Titik Rawan Laka Lantas

Jelang Nataru 2023, Polres Situbondo Petakan Titik Rawan Laka Lantas

SITUBONDO — Jajaran Satuan Lalu Lintas Polres Situbondo, mulai memetakan titik-titik rawan kecelakaan lalu lintas (black spot) di sepanjang 110 KM di jalur Pantura Situbondo, Jawa Timur. Terutama di kawasan Pantura, persis di titik hutan Baluran Situbondo yang dikenal sebagai titik rawan laka lantas (kecelakaan lalu lintas).

Selain itu, petugas lantas Polres Situbondo, juga mulai memetakan titik rawan macet dan banjir di jalur pantura yang notabene terpanjang di Jawa Timur tersebut. Disisi lain, petugas lantas Polres Situbondo, juga memetakan titik yang rawan kemacetan arus lalu lintas (trouble spot).

Karena hampir dipastikan jelang Natal dan tahun baru, arus lalin di jalur Pantura Situbondo makin padat. Sehingga akan terjadinya kemacetan arus lalin. Misalnya, seperti yang terjadi di kawasan Wisata Bahari Pasir Putih, Kecamatan Bungatan, Situbondo.

Menurut Kapolres Situbondo, AKBP Andi Sinjaya, sejumlah titik rawan macet di jalur Pantura Situbondo itu terdiri 5 lokasi. Yakni sepanjang hutan Baluran, Kecamatan Asembagus, kawasan Kota Situbondo dan Kecamatan Panarukan.Pemicu rawan macet di kelima titik tersebut beragam. Mulai jalan yang sempit, pasar tumpah, hingga penyebab lainnya.

“Mengacu pengalaman pada tahun sebelumnya, memang disejumlah titik tersebut dikenal sangat rawan,” ujar Kapolres Situbondo, AKBP Andi Sinjaya.

Kapolres Andi Sinjaya menambahkan, memang ada satu titik yang tidak bisa diprediksi kemacetannya, yaitu kawasan hutan Baluran. Diwilayah timur Kabupaten Situbondo dikenal akan macet kalau ada kejadian, misalnya kecelakaan.

“Karena tidak bisa diprediksi jalur Baluran tersebut justru jadi perhatian khusus. Sebab, jika sampai terjadi kemacetan tidak ada alternatif lain,” ungkap Kapolres Andi.

Kapolres Andi menambahkan, untuk mengantisipasi terjadinya kemacetan di kawasan hutan Baluran Situbondo pihaknya akan mendirikan pos pelayanan. Pos gabungan tersebut berfungsi sebagai pelayanan dan pengamanan tersebut akan siaga selama 24 jam nonstop,” beber Kapolres Andi.

Baca Juga :  Bidhumas Polda Jatim Laksanakan Supervisi Bidang Kehumasan ke Polres Situbondo

Andi menambahkan, selain di kawasan Baluran, polisi juga mendirikan beberapa pos pengamaman dan pos pelayanan. Yakni di Asembagus, kota Situbondo, Pasir Putih, serta Banyuglugur. ‘Untuk pemetaan black spot dan trouble spot bertujuan untuk memberikan aman dan nyaman kepada para pengendara kendaraan bermotor, yang sedang melintas di jalur pantura Situbondo terutama pada momen perayaan Natal dan tahun baru 2023 mendatang,” pungkas Kapolres Andi. (dra)

error: