ITB Fakultas Teknik Lingkungan Adakan WPCC 2022 di Desa Cinangsi Cianjur

 

CIANJUR  – Ajang Water Project Paper Competition (WPPC) 2022  diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Sumber Daya Air, Jurusan Teknik dan Pengelolaan Sumber Daya Air, Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan , Institut Teknologi Bandung. yang bertempat di kampung Tarikolot, Desa Cinangsi, Kecamatan Cikalongkulon, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat Kamis (22/10/2022).

Dr. Marsel Mariana Marselina, S.T.,M.T, mengatakan tim ini berhasil dengan mengusung inovasi berjudul ”Penampungan air hujan secara lokal dan penyediaan air untuk di gunakan dalam memenuhi kebutuhan air bersih Pemanfaatan Air Hujan dengan Menggunakan Sistem PAHTROLI (Pemanenan Air Hujan, Elektrolisis, dan Biopori) Berbasis Pembangunan Berkelanjutan Pada Skala Rumah Tangga”

Ia menambahkan fokus permasalahan yang dipilih dengan ide yang kami miliki adalah ketersediaan air bersih (Water Availability). Secara garis besar kami memberikan inovasi sebuah sistem yang diberi nama Sistem PAHTORLI yang terdiri dari 3 metode diantaranya metode pemanenan air hujan (PAH) atau rainwater harvesting, metode elektrolisis, dan biopori

“Hal yang menjadi fokus utama dalam inovasi kami adalah optimalisasi pemanfaatan air hujan. Pertama yaitu dengan sistem Pemanenan Air Hujan (PAH) kami memanfaatkan air hujan sebagai solusi atas permasalahan kebutuhan air bersih rumah tangga yang tidak dapat dipenuhi oleh masyarakat, Tidak berhenti sampai disitu, selanjutnya hasil PAH air minum melalui metode elektrolisis yang nantinya akan menghasilkan air para santri yang akan berwudhu,”paparnya

Terpisah, Kadus 2 Desa Cinangsi Dede Kriswanda didampingi Ketua RT 04 Ece  mengabarkan bahwa program ini berjalan dengan lancar dan mengucapkan terimakasih kepada ITB Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan.  (UK)

You May Also Like

About the Author: Falcon-13