Ini Beberapa Cara Membuka Kunci Mobil yang Tertinggal di Dalam

Ini Beberapa Cara Membuka Kunci Mobil yang Tertinggal di Dalam
Ilustrasi

Bagaimana cara membuka kunci mobil yang tertinggal di dalam? Hal tersebut seringkali terjadi ketika seseorang sedang terburu-buru.

Mungkin, kamu pernah tanpa sadar keluar dari mobil dengan meninggalkan kuncinya di dalam. Alhasil, pintu yang sudah terkunci tak dapat terbuka kecuali dengan kunci cadangan.

Bagaimana jika kamu sedang tak membawa kunci cadangan dan jarak rumah cukup jauh dari lokasi mobil saat itu?

Tak perlu risau, karena kamu dapat melakukan beberapa cara jika kunci ketinggalan di dalam kendaraan. Berikut 10 cara membuka kunci mobil yang tertinggal di dalam. Berikut sejumlah caranya :

1. Gantungan baju
Cara pertama yang bisa dilakukan untuk membuka kunci yang ketinggalan di bagian dalam kendaraan adalah menggunakan gantungan baju atau kawat. Pertama, kamu hanya cukup menyiapkan gantungan baju atau semacam pengait.

Kemudian, masukkan ujung gantungan baju yang berbentuk kail tersebut melalui pembatas antara pintu mobil dan kaca jendela mobil.

Jika sudah, kamu dapat meraih tuas pintu mobil dengan pengait yang telah dibuat. Gerakkan tuas pintu mobil dengan cara menarik atau mendorongnya dengan gantungan baju atau kawat. Dengan begitu, pintu mobil akan bisa dibuka kembali.

2. Bola tenis
Cara mengatasi kunci tertinggal di mobil juga bisa dengan bola tenis. Meski dianggap praktis, cara ini sedikit mahal karena membutuhkan obeng, bola tenis, dan lilin.

Kamu dapat memanaskan obeng menggunakan lilin yang menyala. Setelah obeng sudah panas, tusuk bola tenis menggunakan obeng tersebut.

Kemudian, arahkan bagian bola yang telah dilubangi ke lubang kunci. Kamu dapat menekan bola dengan kuat hingga bola kempes.

Hal tersebut bertujuan agar udara yang ada di dalam bola tenis menekan bagian dalam lubang kunci.

3. Penggaris 
Cara berikutnya adalah menggunakan penggaris. Kamu dapat menggunakan penggaris besi yang lebih kuat untuk menekan bagian panel kunci sebagai cara membuka pintu mobil yang terkunci.

Kamu dapat menyisipkan penggaris melalui karet pada kaca mobil. Saat berhasil memasukkannya, doronglah hingga sampai ke bagian panel kunci.

Rasakan titik panel kunci dan dorong tuas kunci pada pintu mobil untuk menggerakkannya. Cara ini membutuhkan ketelitian dan kesabaran karena tak terlalu mudah.

Ini Beberapa Cara Membuka Kunci Mobil yang Tertinggal di Dalam

4. Tapi sepatu
Cara lainnya untuk mengatasi pintu mobil tidak bisa dibuka karena terkunci adalah menggunakan tali sepatu. Pertama, ikatlah tali sepatu hingga membentuk lingkaran.

Kemudian, masukkan ke dalam mobil secara perlahan melalui celah jendela dan arahkan ke kunci di dalam. Cara ini memang membutuhkan waktu sampai mendapatkannya.

5. Obeng
Obeng bisa menjadi solusi mengambil kunci mobil yang ketinggalan di dalam. Kamu dapat membuka ruang di dalam kunci pintu mobil, kemudian memasukkan alat pencungkil. Lalu, dorong pencungkil mobil tersebut agar kunci dapat tertarik dari dalam.

Manfaatkan asuransi mobil syariah untuk dapatkan jaminan ganti rugi dengan tetap mengedepankan pengelolaan keuangan sesuai ketentuan syariat.
6. Ahli kunci
Jika kamu sudah mencoba berbagai cara dan tetap tak bisa membukanya sendiri, kamu dapat menggunakan jasa ahli membuka kunci.

Pasalnya, mereka lebih berpengalaman dan ahli untuk membuka kunci dengan tepat dan cepat. Tentunya cara ini lebih aman, namun kamu perlu mengeluarkan biaya untuk membayar jasa sang ahli.

7. Penyedia bantuan mobil
Selain memanggil ahli, kamu juga bisa menghubungi penyedia bantuan mobil untuk mengatasi hal ini. Nantinya, mereka akan mengirimkan seseorang untuk membantu kamu agar bisa membuka mobil kembali.

8. Inflatable wedge
Apakah kamu pernah mendengar alat yang satu ini? Inflatable wedge merupakan alat yang berguna untuk membuka pintu menggunakan udara.

Udara tersebut berfungsi agar mobil tak rusak saat mencoba membuka pintu yang telah terkunci. Dengan alat ini kamu hanya memerlukan waktu selama satu menit untuk mengatasi kunci mobil yang tertinggal di dalam mobil.

9. Masuk lewat bagasi
Jika bagasi mobil mudah terbuka dan kuncimu ketinggalan, kamu dapat dengan cepat membuka bagasi dan mengambil kunci yang ada di dalam.

Kebanyakan mobil memiliki tali darurat yang dapat berguna untuk mengakses interior mobil dari bagasi. Biasanya tali ini terdapat di langit-langit bagasi atau di dekat pintu bagasi.

Tariklah tali ini untuk membuka bangku belakang model jok mobil. Kemudian, kamu dapat masuk melalui sela kursi yang terbuka dan mengambil kunci yang tertinggal di dalam.

10. Gunakan kunci cadangan
Cara mudah mengatasi kunci mobil ketinggal di dalam adalah memiliki kunci cadangan. Umumnya, dealer mobil atau toko aksesori yang menyediakan kunci magnetik.

Kunci magnetik itu berguna untuk menyimpan kunci cadangan, sehingga dapat memudahkan kamu untuk membuka pintu mobil yang terkunci.

Apakah mobil terkunci secara otomatis jika kunci tertinggal di dalam mobil?
Kebanyakan mobil kelas atas atau premium memang memiliki sistem yang secara otomatis mengunci pintu.

Jika mobil yang memiliki sistem penguncian manual tentu tak akan mengalami masalah ini, namun banyak mobil saat ini yang memiliki pengamanan elektris.

Selain itu, central lock mobil yang mengunci sendiri memang seringkali terjadi pada mobil.

Ketika kunci mobil sering tertinggal di dalam karena central lock yang mengunci sendiri, kamu harus memastikan beberapa hal sebelum meninggalkan mobil, seperti tidak membuka kaca mobil dan menyalakan AC.

error: