Dua Rumah di Desa Kalidesel Wonosobo Jebol Tertimpa Longsor

WONOSOBO — Peristiwa bencana tanah longsor kembali terjadi di wilayah Kabupaten Wonosobo, Jateng pada Sabtu (12/11/2022). Dua rumah di Dusun Kalidesel RT 03 RW 02, Desa Kalidesel, Kecamatan Watumalang, kabuoaten Wonosobo dilaporkan rusak akibat terkena material longsor tebing.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Wonosobo, Bambang Tri mengungkapkan, peristiwa tersebut terjadi sekitar pukul 13.30 WIB. Bermula pada saat wilayah tersebut diguyur hujan deras dengan intensitas tinggi sejak pagi hari.

Untuk diketahui, tanah di wilayah Kecamatan Watumalang kebanyakan labil. Sehingga karena guyuran hujan selama lebih dari 2 jam, diduga tebing tidak kuat menahan beban tanah dan air diatas sehingga terjadi longsor,” katanya, Senin (14/11/2022).

Material longsor tersebut menimpa dua rumah yang ada di bawah tebing. Kedua rumah tersebut diketahui milik Widiono (33) dan Samyanto (50) warga setempat. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, namun kerugian ditaksir mencapai puluhan juta.

“Rumah milik Widiono rusak bagian tengah. Sementara rumah milik Samyanto rusak bagian dapur,” terangnya.

Terkait penanganan longsor, pihaknya telah melakukan asessment. Untuk sementara ini, kedua rumah tersebut masih bisa digunakan. Untuk dinding rumah yang jebol untuk sementara di tutup menggunakan terpal. (sat)

 

You May Also Like

About the Author: Falcon-13