Demo Para Sopir Truk, Pelabuhan Ketapang-Gilimanuk di Tutup Sementara

Banyuwangi, detiknusantaraNET – Ruas jalan raya Banyuwangi – Situbondo tepatnya di area pelabuhan Ketapang macet total karena adanya demo para sopir truk, Senin (03/01/2022).

Demo ini merupakan lanjutan dari demo sebelumnya yang dilakukan didepan Gedung DPR Banyuwangi mengenai peraturan baru pemerintah tentang kapasitas muatan logistik khususnya truk.

Pemerintah melarang para pelaku bisnis dibidang transportasi logistik memodivikasi truknya melebihi kapasitas yang telah diatur dalam undang-undang sehingga bisa merusak fasilitas umum terutama jalan raya.

“Peraturan baru ini dibuat untuk para supir truk ODOL (Over Dimention Over Loading) memperbaiki bak truk mereka sesuai aturan yang berlaku. Tidak melebihi kapasitas muatan, biar aspal jalan raya tidak mudah rusak dan membahayakan pengguna jalan lain”, Ujar salah satu petugas yang ikut menjaga demo tersebut.

“Kami sebagai sebagai supir hanya mengikuti aturan dari bos, kalau disuruh muat segini ya kita nurut Kalo ada aturan seperti ini kita juga yang repot, Lebih muatan kita bisa ditilang sedangkan bos tidak mau tahu masalah uang tilang Itu murni tanggungan supir”, ujar salah satu supir yang tidak mau disebut identitasnya.

Aksi demo ini dimulai pukul 10:00 Wib. dari depan Polres Banyuwangi menuju Pelabuhan Ketapang. Akibat dari demo ini,  jalan poros menujuk ketapang dari arah Situbondo maupun sebaliknya macet total.

Seluruh kendaraan yang akan melewati pelabuhan ketapang dialihkan lewat jalan lingkar ketapang guna menghindari kemacetan, Selain itu pelabuhan ketapang juga lumpuh total. Semua aktivitas penyebrangan ASDP baik dari ketapang maupun gilimanuk ditutup sementara. (Aldy)

You May Also Like

About the Author: Falcon-13