CANDI GEDONG SONGO

Candi Gedong Songo

DETIKNUSANTARA.NETCandi Gedong Songo merupakan sebuah situs candi Hindu yang terletak di Kawasan lereng Gunung Ungaran, Desa Candi, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang.

Situs candi yang dibangun pada masa Wangsa Syailendra sekitar abad 9 ini, menjadi salah satu spot daya tarik para wisatawan yang berkunjung ke Kawasan wisata dataran tinggi Bandungan yang sudah terkenal di Indonesia.

Dilihat dari namanya, nama candi ini diadopsi dari Bahasa Jawa. Gedong artinya Bangunan, sedangkan Songo artinya Sembilan. Dinamakan demikian, karena memang bangunan candinya ada sembilan.

Sebenarnya, saat pertama kali ditemukan oleh Sir Thomas Stamford Raffles pada tahun 1804, jumlahnya hanya ada 7 bangunan candi. Sehingga, kala itu dinamakan Candi Gedong Pitu.

Namun, pada rentang tahun 1908-1911, seorang arkeolog Belanda bernama Van Stein Callenfels, menemukan 2 candi lagi. Sehingga jumlah bangunan Candi menjadi 9, dan dinamakan Candi Gedong Songo hingga sekarang.

Referensi: Kompas dan berbagai sumber lain.

Selain Gedong Songo, Sir Thomas Stamford Raffles juga mengungkap berbagai informasi menarik tentang Pulau Jawa dari berbagai sektor. Beliau menulisnya dalam Buku History Of Java yang pertama kali terbit tahun 1817.

Ragil74 ( sumber JJ & DIY ).

You May Also Like

About the Author: Falcon-13