Aksi Demo Berjalan Tertib, AKBP Andi Sinjaya Apresiasi Aliansi Serikat Buruh Independen Indonesia (Asbii) Situbondo

SITUBONDO, Ratusan masyarakat yang menamakan Aliansi Serikat Buruh Independen Indonesia (ASBII) menyampaikan pendapat dimuka umum dalam rangka peringatan Hari Buruh Sedunia (Mayday) di depan Kantor DPRD Kab. Situbondo, Sabtu (14/5/2022)

Koordinatro aksi Fitroh Haryadi, SH, MH, CHCM selaku Manager AKU dan Sekjen ASBII bersama perwakilan ASBII diterima oleh Ketua Komisi 4 DPRD Kab. Situbondo H. Sahlawi,  Kapolres Situbondo AKBP Dr. Andi Sinjaya, S.H., S.I.K., M.H., Asisten (1) Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Kholil, S.P., M.P. dan Kepala Disnakestrans Kab. Situbondo, Didik Sulistiyono, S.H., M.Si.

Ada 3 point penting yang disampaikan kepada perwakilan DPRD dan Pemerintah Kab. Situbondo diantaranya, yang peratama menolak UU Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja, kemudian yang kedua menolak atau setidak-tidaknya tidak melakukan perbuatan hukum penggabungan, peleburan, pengambilalihan, atau pemisahan di PTPN Group dengan cara Divestasi yang merugikan pekerja, masyarakat dan merupakan pengalihan aset BUMN dengan cara melawan hukum. Selanjutnya yang ketiga meminta kepada Pemda dan DPRD sebagai kewenangannya untuk menjaga keberlangsungan lapangan pekerjaan yang ada, baik di daerah dan pusat, dalam lingkungan PTPN Group, terkait dengan Restrukturisasi dan Divestasi bisnis PTPN Group, (sudah ada 3 pabrik gula di BKO di Kabupaten Situbondo dan 6 pabrik gula di Jawa Timur).

“ Kami harapkan Nota Aspirasi ASBII – PTPN XI ini bisa disampaikan ke pusat, dan untuk Disnaker agar melakukan pengawasan terkait pengupahan perusahaan bisa sesuai dengan UMK “ ucap Fitroh Haryadi

Aspirasi dari ASBII ditanggapi oleh Asisten (1) Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Kholil, S.P., M.P menyampaikan pesan Bupati Situbondo bahwa akan menemui Mentri BUMN agar tidak lagi melakukan restrukturisasi PG di Kab. Situbondo. Kemudian akan mencari solusi terkait restrukturisasi agar tidak merugi. Serta akan menindak lanjuti aspirasi yang disampaikan oleh ASBII.

Baca Juga :  Kendarai Traktor, Petani Geruduk Kantor Bupati Pemalang

Kemudian, Ketua Komisi 4 DPRD Kab. Situbondo H. Sahlawi menyampaikan bahwa akan merencanakan pertemuan khusus Komisi 4 DPRD dengan ASBII dan selanjutnya akan menyampaikan aspirasi tersebut ke pusat pada saat kegiatan di Jakarta.

Sementara itu, Kapolres Situbondo AKBP Dr. Andi Sinjaya, S.H., S.I.K., M.H. menyampaikan apresiasi kepada ASBII atas pelaksanaan penyampaian aspirasi yang dilakukan dengan tertib dan damai serta turut menjaga kondusifitas selama kegiatan berlangsung.

“ tugas Kami adalah menjaga keamanan dan memastikan berjalan tertib, sebagai bagian dari Forkopimda peran Kami juga untuk membela kepentingan rakyat, termasuk kaum buruh. Nanti akan Kami bantu komunikasikan bersama Bupati, apa yang menjadi aspirasi ASBII tersampaikan kepada Menteri BUMN. Semoga mendapat jalan yang terbaik “ kata AKBP Dr. Andi Sinjaya, S.H., S.I.K., M.H.

Usai menyampaikan aspirasnya, massa ASBII meninggalkan kantor DPRD Situbondo dengan tertib. (dra)

error: