AKBP Andi Sinjaya : Polres Situbondo Humanis Dalam Pengamanan Aksi Demo Namun Tetap Tegas Apabila Menggangu Ketertiban Umum

AKBP Andi Sinjaya : Polres Situbondo Humanis Dalam Pengamanan Aksi Demo Namun Tetap Tegas Apabila Menggangu Ketertiban Umum

SITUBONDO, Kapolres Situbondo AKBP Dr. Andi Sinjaya, S.H., S.I.K., M.H. memimpin apel dalam rangka kesiapan pengamanan penyampaian pendapat di muka umum oleh Aliansi Serikat Buruh Independen Indonesia (ASBII) di dua lokasi yakni Kantor Pemkab Situbondo dan Kantor DPRD Situbondo, Sabtu (14/5/2022)

Apel kesiapan yang digelar di halaman apel Mapolres Situbondo diikuti 305 personel gabungan dari Polres Situbondo, Kodim 0823 Situbondo, Subdenpom V/35 Situbondo, Dishub, Satpol PP dan Dinas Kesehatan.

Kapolres Situbondo AKBP Dr. Andi Sinjaya, S.H., S.I.K., M.H., menekankan bahwa pengamanan aksi unjuk rasa atau penyampaian pendapat dimuka umum merupakan salah satu pelayanan Polri terhadap masyarakat yang dilaksanakan secara humanis namun tetap tegas agar tidak mengganggu kepentingan masyarakat lainnya serta ketertiban umum.

Lebih lanjut, AKBP Dr. Andi Sinjaya, S.H., S.I.K., M.H. menegaskan bahwa menyampaikan aspirasi atau kebebasan berpendapat dimuka umum memang dilindungi oleh undang-undang tapi tidak boleh menggangu kepetingan umum. Untuk itu, seluruh personel pengamanan agar melaksanakan tugas sesuai SOP, Humanis, kedepankan komunikasi namun harus tegas apabila kegiatan unras sudah mengganggu ketertiban umum salah satunya sampai menutup akses jalan raya.

“ Yang kita amankan dalam aksi unjuk rasa atau penyamapian aspiras adalah fasilitas negara, umum, para peserta aksi unjuk rasa yang hadir maupun masyarakat lainnya yang beraktifitas. Laksanakan tugas sesuai SOP, humanis namun harus tegas apabila aksi tersebut sudah mengganggu ketertiban umum “ tegas AKBP Dr. Andi Sinjaya, S.H., S.I.K., M.H.

Selain itu, Kapolres Situbondo AKBP Dr. Andi Sinjaya, S.H., S.I.K., M.H. berharap seluruh anggota pengamanan proaktif terhadap perkembangan situasi, disiplin, personel yang menempati pos masing-masing tidak ada yang bergerak sendiri. Semua personel dibawah kendali masing-masing Perwira Pengendali dan mengutamakan tindakan persuasif.

“ semua anggoat harus proaktif terhadap perkembangan situasi, disiplin, jangan ada yang bergerak sendiri dan utamakan tindakan persuasif. Niatkan pelaksanaan tugas untuk ibadah tujuannya untuk kepentingan masyarakat dan ketertiban umum “ pungkas AKBP Dr. Andi Sinjaya, S.H., S.I.K., M.H.

Usai memberikan arahan, Kapolres Situbondo AKBP Dr. Andi Sinjaya, S.H., S.I.K., M.H. melakukan pengecekan personel dan memastikan tidak ada yang membawa senjata api dalam pengamanan. (dra)

 

error: