AKBP Andi Sinjaya Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Patuh Semeru 2022

Operasi Patuh Semeru 2022

SITUBONDO, Kapolres Situbondo AKBP Dr. Andi Sinjaya, S.H., S.I.K., M.H. memimpin apel gelar pasukan dalam rangka pelaksanaan Operasi Patuh Semeru 2022 yang mulai digelar tanggal 13 Juni 2022 selama 14 hari. Apel digelar dihalaman apel Polres Situbondo, Senin (13/6/2022).

Apel dimulai pukul 08.00 wib dihadiri jajaran Forkopimda Situbondo diantaranya Dandim 0823 Situbondo Letkol Inf Neggy Kuntagina, S.I.P., Ketua Pengadilan Negeri Situbondo Abu Achmad Sidqi Amsyah, S.H., Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Kholil, S.P., M.P., Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan pada Sekretariat Daerah Ir. Sentot Sugiono, Komandan Subdenpom V/3-5 Kapten CPM Kusna, Kasubbagbin Kejaksaan Negeri Mahfud, S.H, Kasatpol PP Buchori, M.Si, Kasi Lalin Dishub Shopian Arofah, S.H, Ketua Senkom Mizab Azdari, S.PT.I., Ketua Tanfidziyah PCNU DR. KH. Muhyiddin Khatib, M.H.I., Ketua PD Muhammadiyah Drs. Syamsuri, M.Pd., dan Kepala Sekolah tingkat SMA se-Kab. Situbondo.

Dalam apel tersebut, Kapolres Situbondo AKBP Dr. Andi Sinjaya, S.H., S.I.K., M.H. membacakan sambutan Kapolda Jatim yang menekankan bahwa Polisi Lalu Lintas menjawab tantangan terkait permasalahan lalu lintas dan angkutan jalan makin kompleks dan dinamis khususnya dalam bidang keselamatan berlalu lintas dengan meningkatkan SDM Polantas yang “PRESISI” (Prediktif, Responsibilitas dan Transaransi Berkeadilan), yaitu Polantas dengan pendekatan Pemolisian Prediktif (Predictive Policing).

Selain itu, Polres Jajaran Polda Jatim telah melakukan inovasi dengan meningkatkan modernisasi sistem teknologi informasi secara berkelanjutan dan terus mendorong inovasi-inovasi pelayanan publik yang berbasis IT seperti yang telah dilaksanakan, yaitu program E-TLE Statis, E-TLE Mobile, Samsat Drive Tru, E-Turjawali dan INCAR.

Dalam pelaksanaannya Operasi Patuh Semeru 2022 tetap mewaspadai pandemi Covid-19, walaupun  trendnya sudah terus menurun, bahkan Pemerintah sudah memberikan kebijakan untuk memperbolehkan tidak memakai masker di tempat umum, namun demikian harus tetap waspada, dengan terus menerapkan disiplin protokol kesehatan agar penyebaran virus Covid-19 tidak mengalami kenaikan kembali.

Namun demikian ada yang menjadi atensi bagi masyarakat yaitu penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak khususnya sapi, yang saat ini melanda jawa timur, bahkan Jawa Timur menjadi salah satu episentrum penyebaran penyakit tersebut, sehingga perlu diwaspadai dan perlu dilakukan upaya nyata oleh Polri untuk penanggulangan penyebarannya, dengan cara berkomunikasi, koordinasi dan kolaborasi dengan stakeholder terkait dan seluruh elemen masyarakat, apalagi saat ini menjelang Idul Adha yang notabene kebutuhan sapi untuk Qurban akan meningkat.

Baca Juga :  Sinergi SMSI Bondowoso dan Kodim 0822 dalam Menjaga NKRI

Lebih lanjut, Kapolres Situbondo AKBP Dr. Andi Sinjaya, S.H., S.I.K., M.H. mengatakan bahwa apel gelar pasukan ini bertujuan, untuk mengetahui sejauh mana kesiapan personel maupun sarana pendukung lainnya, sehingga kegiatan operasi kepolisian dapat berjalan dengan optimal. Operasi Kepolisian Kewilayahan dengan sandi “Patuh Semeru 2022” dengan tema “Tertib Berlalu Lintas Menyelamatkan Anak Bangsa” yang akan dilaksanakan selama 14 hari mulai tanggal 13 Juni s.d 26 Juni 2022 dengan mengedepankan kegiatan Preemtif dan Preventif secara Humanis dan Persuasif dalam  rangka meningkatkan kepatuhan dan disiplin masyarakat dalam   berlalu lintas dengan tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

Beberapa sasaran dalam Operasi Patuh Semeru 2022 diantaranya

1.      Pengendara yang menggunakan ponsel saat berkendara,

2.      Pengemudi atau pengendara di bawah umur,

3.      Sepeda motor berboncengan lebih dari 1 orang,

4.      Pengendara tidak menggunakan helm SNI,

5.      Pengemudi atau pengendara kendaraan dalam pengaruh atau mengkonsumsi Alkohol,

6.      Pengendara melawan arus,

7.      Melebihi batas kecepatan,

8.  Pengendara yang tidak mematuhi aturan dan ketertiban dalam berlalu lintas serta kelengkapan surat surat kendaraan.

Sementara untuk jumlah personil yang dilibatkan dalam Operasi Patuh Semeru 2022 sebanyak 200 personil gabungan diantaranya Polres Situbondo, Kodim 0823 Situbondo, Subdenpom V/35, Dishub, Satpol PP dan Dinas Kesehatan.

 “ Operasi Patuh Semeru 2022 bertemakan Tertib Berlalu Lintas Menyelamatkan Anak Bangsa akan digelar selama 14 hari mulai tanggal 13 sampai dengan 26 Juni 2022. Diharapkan masyarakat tertib berlalu lintas khususnya orang tua memberikan contoh kepada generasi muda untuk taat aturan lalu lintas untuk keselamatan “ tutup AKBP Dr. Andi Sinjaya, S.H., S.I.K., M.H.

 

error: