AKBP Andi Sinjaya Luruskan Pemberitaan, Kapolres Situbondo Dikepung Massa dan Pendemo Blokade Jalan Pantura Adalah Tidak Benar

AKBP Andi Sinjaya Luruskan Pemberitaan, Kapolres Situbondo Dikepung Massa dan Pendemo Blokade Jalan Pantura Adalah Tidak Benar

SITUBONDO, Beredarnya pemberitaan di media MNC TV program Lintas Inews Pagi, yang memberitakan aksi blokade jalan pantura Situbondo Jawa Timur oleh kelompok masyarakat anti korupsi berakhir ricuh, Polisi mendapatkan perlawanan saat akan membubarkan aksi unjuk rasa, didalam video tersebut terdapat caption “UNJUK RASA ANTI KORUPSI RICUH, KAPOLRES SITUBONDO DIKEPUNG MASSA”.

Hal inilah yang mendorong Kapolres Situbondo AKBP Dr. Andi Sinjaya, S.H.,S.I.K.,M.H. meluruskan pemberitaan tersebut dan secara gamblang menceritakan apa yang sebenarnya terjadi dilapangan saat pelaksanaan pengamanan unjuk rasa didepan Kantor Kejaksaan Negeri Situbondo. Pada saat itu, massa menyampaikan apsirasinya dalam situasi kondusif kemudian setelah ditemui oleh pihak Kejaksaan yakni oleh Kajari secara langsung. Timbul ketidakpuasaan dari massa pendemo.

Beberapa massa yang berada di posisi sebelah utara jalan (lokasi unjuk rasa) berusaha merangsek masuk keraah selatan jalan. Atas hal tersebut, Kapolres Situbondo AKBP Dr. Andi Sinjaya, S.H.,S.I.K.,M.H. beserta personel pengamanan berusaha untuk menenangkan massa dengan menghimbau massa yang sempat menutup akses jalan.

Ditengah massa pendemo tersebut, AKBP Dr. Andi Sinjaya, S.H.,S.I.K.,M.H. menghimbau agar massa segera membubarkan diri karena telah menutup akses jalan dan mengganggu kepentingan publik atau kepentingan umum yang membuat ketertiban dan kelancaran arus lalu lintas terganggu.

AKBP Dr. Andi Sinjaya, S.H.,S.I.K.,M.H. juga menemui secara langsung koordinator lapangan (korlap) dan mengingatkan serta menegur bahwasanya kegiatan mereka telah mengganggu ketertiban dan kepetingan umum.

“ Kami menghimbau korlap apabila tidak membubarkan diri dan masih menutup akses jalan maka, pihak Kepolisian akan melakukan langkah-langkah lanjutan. Alahmadulillah, kurang dari 5 menit massa mem bubarkan diri dan mengindahkan imbauan petugas “ kata AKBP Dr. Andi Sinjaya, S.H.,S.I.K.,M.H.

Lebih lanjut, AKBP Dr. Andi Sinjaya, S.H.,S.I.K.,M.H. menegaskan bahwa apa yang telah dilakukan merupakan langkah prokatif dari Kepolisian khususnya Kapolres Situbondo yang terjun langsung menemui kelompok pengunjuk rasa memberikan imbauan agar tidak mengganggu ketertiban umum.

“ langkah proaktif Kepolisian telah dilakukan, Saya selaku Kapolres memasuki area massa pendemo yang berdesakan dan menemui langsung kelompok pendemo untuk memberikan imbauan agar tidak mengganggu ketertiban umum. Dan langkah ini berhasil, massa pendemo tidak menutup akses jalan raya dan arus lalu lintas kembali lancar “ tutur AKBP Dr. Andi Sinjaya, S.H.,S.I.K.,M.H.

Sekali lagi, Kapolres Situbondo AKBP Dr. Andi Sinjaya, S.H.,S.I.K.,M.H. menegaskan bahwa diberitakan ada pengepungan adalah tidak benar, juga disebutkan jalur pantura Situbondo lumpuh total juga tidak benar.

Pengamanan aksi unjuk rasa dilakukan sesuai SOP, juga telah dilakukan rekayasa lalu lintas dengan pengalihan arus lalu lintas sementara waktu. Sehingga aksi demo tersebut berjalan kondusif, tidak ada kericuhan, tidak ada konflik, tidak ada gesekan fisik dengan petugas pengamanan.

“ Pemberitaaan ada pengepungan dan jalur Pantura Situbondo lumpuh total adalah tidak benar. Semua berlangsung aman dan kondusif. Kami juga mengimbau insan pers khususnya di Situbondo untuk membantu Kepolisian dalam menciptakan suasana yang kondusif  “ pungkas AKBP Dr. Andi Sinjaya, S.H.,S.I.K.,M.H. (dra)

 

 

 

error: